Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Tips Mencegah Mual Setelah Olahraga

mual

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Bahkan, olahraga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental dan juga emosional Anda.

Namun, terkadang terdapat beberapa hal yang membuat seseorang menjadi enggan atau malas berolahraga. Salah satu penyebabnya adalah karena beberapa efek samping yang tidak mengenakan karena tidak melakukan teknik yang benar saat berolahraga. Oleh karena itu, saat hendak berolahraga sebaiknya Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mencegah efek negatif yang tidak diinginkan.

Salah satu hal tidak nyaman yang mungkin sering ditemui selepas berolahraga adalah timbulnya rasa mual dan perasaan ingin muntah. Rasa mual setelah berolahraga dapat dipicu oleh beberapa hal. Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab pada umumnya dalam beberapa kasus rasa mual yang muncul karena berolahraga  tidak berbahaya dan dapat dihindari.

Baca Juga : 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

Penyebab Mual Setelah Olahraga

penyebab mual

Rasa mual yang Anda rasakan merupakan salah satu hal yang umum terjadi. Walaupun rasa mual yang Anda alami mungkin tidak akan terlalu menyiksa, perasaan ini mungkin dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin memicu rasa mual setelah Anda berolahraga

Makan terlalu banyak  

Makan dalam waktu yang dekat dengan aktivitas olahraga dapat membuat Anda merasa mual. Hal ini disebabkan karena saat berolahraga, tubuh Anda akan mendistribusikan darah lebih banyak ke otot untuk mengangkut oksigen dan nutrisi. Keadaan inu menyebabkan tubuh hanya akan menyisakan sedikit darah untuk diedarkan ke perut dan usus, hal inilah yang seringkali memicu respons mual atau muntah selepas Anda berolahraga.

Olahraga yang terlalu berat

Salah satu penyebab umum untuk merasa mual setelah berolahraga adalah mencoba memaksakan diri terlalu keras saat tubuh Anda belum siap atau membuat tubuh melebihi daya tahannya. Selain menyebabkan rasa mual, hal ini juga dapat menyebabkan beberapa masalah lainya seperti cedera dan otot dan sendi yang tegang.

Kelebihan tenaga dapat terjadi saat mengangkat benda berat, melakukan latihan aerobik atau berjalan di tangga, jika tubuh tidak terbiasa dengan aktivitas tersebut, terutama setelah sakit atau operasi. Olahraga intens atau melambung seperti lari atau Zumba dapat dengan mudah menyebabkan mual.

Berolahraga di tempat panas

Berolahraga di tempat yang terlalu panas dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang Anda alami tersebut pada akhirnya dapat memicu rasa mual pada diri Anda. Berolahraga dalam cuaca yang sangat panas juga dapat menyebabkan merasa kelelahan akibat panas. Selain mual, sengatan panas dapat menyebabkan pernapasan cepat dan dangkal, detak jantung meningkat, kebingungan, bicara tidak jelas, dan sakit kepala.

Memulai dan mengakhiri olahraga secara tiba-tiba

Memulai atau berhenti olahraga terlalu cepat dapat menyebabkan Anda merasa mual. Sebab, sama seperti otot dan persendian Anda, organ tubuh termasuk organ pencernaan juga dapat terasa terguncang dengan memulai atau mengakhiri aktivitas fisik secara tiba-tiba. jadi selalu mulai dengan kecepatan yang lebih lambat.

Terlalu banyak atau terlalu sedikit minum

Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak cairan, ini mungkin dapat menimbulkan dehidrasi yang pada akhirnya membuat Anda Merasa mual. Namun, Tidak hanya dehidrasi yang dapat menyebabkan Anda merasa mual. Faktanya terlalu banyak minum saat berolahraga juga dapat menyebabkan Anda merasa mual lho!. . Minum terlalu banyak air juga akan mengisi perut dan menyebabkan rasa kembung.

Baca Juga : 4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahraga

Tips Mencegah Mual Setelah Berolahraga

cara mengatasi mual

Rasa mual yang mungkin Anda alami selepas berolahraga tentu sangat tidak nyaman ya farmafriends. Bahkan mungkin perasaan ini justru bisa membuat Anda merasa malas atau enggan berolahraga. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena farmaku telah merangkum beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rasa mual setelah berolahraga.

1)  Perhatikan asupan makanan Anda

cara mengatasi mual setelah olahraga

Berolahraga dengan perut kosong dapat menyebabkan mual karena gula darah rendah, sedangkan berolahraga dengan perut yang kenyang berarti Anda akan bergerak sebelum makanan Anda benar-benar dicerna. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan kecil satu hingga dua jam sebelum berolahraga. Idealnya makanan ini mengandung kombinasi protein, karbohidrat dan lemak, seperti daging tanpa lemak, sayuran yang diberi minyak dan beberapa buah. Sementara selepas berolahraga, jika Anda ingin makan usahakan untuk makan minimal 2 – 3 jam setelah berolahraga.

Perhatikan juga makanan yang Anda konsumsi. Usahakan untuk mengurangi makanan berlemak tinggi saat hendak melakukan latihan intens, karena lemak akan duduk lebih lama di perut dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna.

2)  Hindari berolahraga di tempat yang terlalu panas

mual

Pertimbangkanlah untuk berolahraga di lingkungan dengan suhu terkendali saat di luar ruangan, hal ini untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi. Jika berolahraga di luar ruang dan dalam keadaan yang cukup panas, usahakan juga untuk membawa persediaan air yang cukup untuk menghindari diri Anda dari dehidrasi

3)  Lakukan pemanasan dan pendinginan

mual

Pemanasan dan pendinginan merupakan dua aktivitas terpenting yang harus dilakukan seseorang sebelum dan sesudah berolahraga. Pemanasan dapat membantu Anda mengurangi dan menghindari resiko cedera. Anda juga perlu menghindari start atau stop tiba-tiba saat berolahraga, sebab itu juga dapat menyebabkan Anda merasa pusing.

Pendinginan yang tepat dapat membantu mencegah mual setelah berolahraga. Ketika Anda berhenti berolahraga secara tiba-tiba, jantung Anda terus memompa darah ke ekstremitas kerja Anda, meninggalkan lebih sedikit untuk otak Anda. Dengan berhenti berolahraga secara bertahap, Anda akan mengatur detak jantung dan mengarahkan aliran darah secara lebih merata ke seluruh tubuh sehingga Anda merasa lebih baik setelah berolahraga. Oleh karenanya usahakan untuk tidak melewatkan pemanasan dan juga pendinginan saat Anda berolahraga.

4)  Jangan berolahraga terlalu keras

Rasa mual juga dapat dipicu oleh olahraga yang terlalu keras atau terlalu cepat. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk melatih kemampuan Anda dengan meningkatkan intensitas Anda secara bertahap supaya tubuh anda dapat beradaptasi dengan olahraga yang anda lakukan. Sebab berolahraga terlalu keras saat tubuh Anda tidak dalam kondisi baik dapat menyebabkan kelelahan, yang menyebabkan mual, pusing, dan bahkan pingsan.

5)  Minumlah Air dalam jumlah yang cukup

cara mengatasi mual setelah berolahraga

Minumlah air agar tetap terhidrasi selama Anda berolahraga. Saat berolahraga, Anda akan  kehilangan air melalui keringat. Oleh sebab itu memastikan tubuh Anda tidak kehilangan cairan merupakan cara yang tepat untuk menghindari dehidrasi. Sebab dehidrasi sering kali bermanifestasi sebagai mual. Pastikan juga Anda tidak minum terlalu banyak air, sebab terlalu banyak minum air setelah berolahraga  juga dapat menyebabkan rasa mual.

Baca Juga : Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal

Walaupun pada umumnya rasa mual yang Anda alami tidak terlalu menyiksa, hal ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan bahkan membuat Anda malas berolahraga. Oleh karenanya menemukan cara yang tepat untuk mencegah rasa mual setelah berolahraga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan supaya dapat berolahraga dengan lebih nyaman. (DH)

Healthline. Diakses pada oktober 2020. Nause After Exercise. https://www.healthline.com/health/parenting/nausea-after-exercise#takeaway
Openfit. Diakses pada oktober 2020. Avoid Throwing Up After Exercise. https://www.openfit.com/avoid-throwing-up-after-exercise
aaptiv. Diakses pada oktober 2020. Nause After Work. https://aaptiv.com/magazine/nausea-after-workout
Indian express. Diakses pada oktober 2020. How Avoid Nause Post Workout. https://indianexpress.com/article/lifestyle/fitness/how-avoid-nausea-post-workout-6205910/
Live strong. Diakses pada oktober 2020. Soft Belly Fat vs Hard Belly Fat. https://www.livestrong.com/article/338079-soft-belly-fat-vs-hard-belly-fat/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan