Empty Cart

Total:
Rp. 0 

7 Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

 12 Dec 2018



7 Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh


Flu dan gejala batuk serta pilek merupakan salah satu penyakit yang paling sering muncul di musim hujan. Kondisi ini dapat dicegah hanya dengan konsumsi vitamin C.

 

Vitamin C terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi gejala flu serta batuk pilek.

 

Memperbanyak konsumsi vitamin C akan membantu kita terhindar dari penyakit selama musim hujan.

 

 

Apa Fungsi Vitamin C?

Vitamin C adalah vitamin penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Namun, vitamin C memiliki banyak efek positif untuk tubuh kita dan telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang mengesankan.

 

Vitamin C larut dalam air dan ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran, termasuk jeruk, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kale dan bayam.

 

Asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria.

 

Beberapa fungsi vitamin C yang telah terbukti secara ilmiah antara lain:

  • Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis
  • Vitamin C membantu dalam pengobatan tekanan darah tinggi
  • Vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung
  • Vitamin C menurunkan kadar asam urat darah dan mencegah serangan asam urat pada sendi atau gout
  • Vitamin C mencegah gangguan kekurangan zat besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi oleh usus
  • Vitamin C menguatkan daya tahan tubuh dan membuat sel darah putih bekerja lebih baik
  • Vitamin C melindungi ingatan Anda

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C yang cukup selama musim hujan dapat mencegah dan meredakan gejala flu serta batuk dan pilek.

 

 

 

Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

  1. Pepaya

    Satu mangkuk kecil (145 gram) pepaya memberikan 87 mg vitamin C, atau 97% dari kebutuhan harian vitamin C seorang pria. Vitamin C juga membantu menjaga daya tahan memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada otak Anda.


  2. Jambu Biji atau Guava

    Buah tropis berwarna merah muda ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Sebuah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140% dari kebutuhan vitamin C harian. Buah ini sangat kaya antioksidan lycopene. Sebuah penelitian selama enam minggu yang melibatkan 45 orang muda, menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji yang dikupas per hari, atau sekitar 7 buah guava, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total dalam darah.


  3. Anggur Hitam

    Satu setengah cangkir (56 gram) anggur hitam (Ribes nigrum) mengandung 101 mg vitamin C, atau 112% dari kebutuhan harian. Anggur hitam merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C terbanyak.

    Antioksidan flavonoid yang dikenal sebagai anthocyanin memberi mereka warna gelap. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan seperti vitamin C dan anthocyanin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker dan penyakit neurodegeneratif.


  4. Buah Kiwi

    Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi yang kaya vitamin C dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.


  5. Lemon

    Sekitar abad ke-18, lemon menjadi salah satu buah yang diberikan kepada para pelaut yang berbulan-bulan melaut untuk mencegah penyakit kudis. Lemon dapat mencegah kudis karena kandungan vitamin C di dalamnya. Satu lemon mentah, termasuk kulitnya, menyediakan 83 mg vitamin C, atau 92% dari kebutuhan vitamin C harian.

    Vitamin C dalam jus lemon juga berfungsi sebagai antioksidan. Ketika buah atau sayuran dipotong, enzim polifenol oksidase terpapar oksigen. Hal ini memicu oksidasi dan mengubah makanan menjadi berwarna coklat. Menerapkan jus lemon ke permukaan makanan yang terbuka berfungsi sebagai penghalang untuk mencegah proses oksidasi, sehingga warna sayur dan buah tetap terlihat segar.


  6. Stroberi

    Satu cangkir potongan stroberi (152 gram) menyediakan 89 mg vitamin C, atau 99% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain sebagai buah yang mengandung vitamin C, stroberi juga mengandung campuran beragam seperti mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan bermanfaat lainnya.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidan yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes.


  7. Jeruk

    Siapa yang tidak kenal dengan buah jeruk. Bila ada yang bertanya, buah apa yang mengandung vitamin C? Maka buah jeruk yang biasanya terlintas di benak kita pertama kali.

    Satu jeruk berukuran sedang menyediakan 70 mg vitamin C atau sekitar 78% dari kebutuhan vitamin harian. Buah jeruk lainnya juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C kita. Sebagai contoh, setengah grapefruit mengandung 44 mg, jeruk mandarin mengandung 24 mg, dan satu jeruk nipis mengandung 13 mg vitamin C.

 

 

Referensi

  1. 20 Foods That Are High in Vitamin C
  2. 7 Impressive Ways Vitamin C Benefits Your Body
  3. Truven Health Analytics. DynaMed Plus [Internet]. Ipswich (MA): EBSCO Information Services. 1995 - . Record No. 233206, Ascorbic Acid; [updated 2016 Jan 19, cited place cited date here]; [about 19 screens]. Available from





Bagikan artikel ini :