Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh

 20 May 2020 Kesehatan | COVID-19



sistem imun


Maraknya pasien yang dinyatakan positif virus corona atau COVID-19 secara tidak langsung mengingatkan kita untuk kembali menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, kita dihimbau untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan infeksi virus.

 
Sistem imunitas dapat dipahami secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem ini akan melindungi tubuh dari serangan bakteri, kuman, dan virus yang dapat menyebabkan datangnya suatu penyakit.

 

Sama halnya dengan bayi dan balita, orang dewasa dan lansia juga tetap memerlukan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah sakit. Terlebih, pada kelompok lansia sistem imun yang kuat sangatlah dibutuhkan. Pasalnya, fungsi organ dan imunitas tubuh mereka memang berkurang sehingga mudah tertular dan terserang penyakit. Jenis penyakit yang seringkali berkaitan dengan rendahnya daya tahan tubuh, yaitu influenza dan pneumonia. Sementara, belakangan ini, buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko yang lebih besar untuk terinfeksi virus corona penyebab COVID-19.

 

Sayangnya, tidak sedikit orang yang secara sadar atau masih tidak sadar masih melakukan kebiasaan tertentu yang ternyata dapat menurunkan kekebalan tubuh. Simak penjelasan berikut ini yuk FarmaFriends!

 

Kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh

Dikutip dari Healthcare Associates of Texas, terdapat sejumlah kebiasaan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, antara lain:

 

1. Kurang tidur

Di masa karantina seperti ini, tidak sedikit orang yang justru sering begadang. Padahal menjaga kualitas tidur dapat membantu tubuh untuk beristirahat dan bersiap untuk memerangi infeksi. Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu fungsi sel dan protein yang melawan infeksi dan penyakit, dan juga dapat meningkatkan produksi penanda inflamasi yang berkontribusi terhadap flu dan pilek biasa. Lebih lanjut, orang yang menderita kurang tidur memiliki potensi risiko kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung lebih besar.

 

2. Overtraining

Berolahraga secara teratur bagus untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meski begitu, olahraga yang dilakukan terlalu keras dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti insomnia, penurunan kinerja atletik, pola menstruasi yang tidak teratur hingga menimbulkan depresi. Apabila rutinitas olahraga Anda menyebabkan kelelahan yang berlebihan, cobalah untuk mengurangi intensitas latihan Anda.

 

3. Mengalami stres

Kesibukan sehari- hari tanpa kita sadari ternyata bisa membuat seseorang mengalami stres berkepanjangan. Berat beban pekerjaan atau masalah kehidupan memang tidak dapat dihindari. Meski sulit, namun Anda tetap perlu cerdik mengelola stres ya Farmafriends terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga memungkinkan Anda lebih rentan terhadap penyakit.

 

Stres juga dapat meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh, memperlambat penyembuhan luka, sehingga mendorong peradangan yang dapat menyebabkan kanker. Nah, cara untuk meminimalisir stres, cobalah untuk berolahraga selama 30 menit sehari, atau melakukan meditasi dengan berlatih pernapasan dalam.

 

4. Mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering atau secara berlebihan bisa memberikan efek negatif pada sistem kekebalan tubuh. Orang yang minum alkohol dalam jumlah berlebihan cenderung memiliki risiko penyakit menular, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dari penyakit. Mengapa demikian?

 

Hal itu disebabkan karena asupan alkohol yang berat dapat mempengaruhi organ-organ yang mengatur imunitas seperti hati yang berperan menghasilkan protein antibakteri yang menangkal penyakit bakteri. Untuk wanita, pastikan untuk tidak minum alkohol lebih dari satu gelas per hari, sedangkan pria tidak boleh lebih dari dua gelas per hari.

 

5. Duduk terlalu lama

Duduk untuk untuk waktu yang lama telah dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, kanker, dan kematian dini. Menjalani karantina di rumah nampaknya membuat kita semakin banyak menghabiskan waktu untuk duduk di depan komputer, menonton tv, atau sekedar bersantai-santai di sofa untuk waktu yang tidak sebentar. Jika Anda duduk dalam waktu lama, istirahatlah setiap 30 menit untuk berdiri, meregangkan badan, dan berjalan-jalan untuk meningkatkan kekebalan Anda.

 

6. Pola makan yang buruk

Membeli makanan instan (mie) atau frozen food sebagai stok makanan sebetulnya sah-sah saja. Tapi sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu sering. Mie instan dan frozen food cenderung tinggi kandungan garam atau gula serta rendah nutrisi. Seringnya mengasup makanan yang mengandung gula cukup tinggi dapat menekan imunitas. Selain itu, kadar gula yang tinggi juga terbukti dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit. Hal ini berlaku juga untuk makanan tinggi lemak.

 

Pastikan untuk perbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

7. Perasaan kesepian

Sejauh ini pemerintah Indonesia masih menetapkan aturan agar warga masyarakat tetap melakukan physical distancing sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19. Akibatnya, waktu dan kesempatan untuk bersosialisasi dengan keluarga, rekan kerja teman hingga kerabat menjadi sangat terbatas. Meski di era yang serba digital ini komunikasi tetap dapat dilakukan secara virtual, namun tidak menutup kemungkinan seseorang akan merasakan kesepian.

 

Orang yang menderita kesepian, terutama jika mereka juga hidup sendiri, cenderung memiliki sel-sel kekebalan yang melemah yang tidak memiliki kemampuan untuk melawan virus secara efektif, sehingga mereka menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus.

 

Selain rutin berolahraga dan perbanyak makan sayur dan buah, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan diatas juga ya. Pastikan juga stok suplemen imun Anda selalu terpenuhi ya FarmaFriends! (PR)

 

 

 

Sumber: 

 

TheHealthy. Diakses pada Mei 2020. 9 Innocent Habits That Might Be Ruining Your Immune System.https://www.thehealthy.com/immune-system/immune-system-function/

 

Healthcareassociates. Diakses pada Mei 2020. 6 Unsuspecting Ways You’re Weakening Your Immune System. https://healthcareassociates.com/6-unsuspecting-ways-youre-weakening-your-immune-system/

 

EverydayHealth. Diakses pada Mei 2020. Helping Your Immune System. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ten-simple-natural-ways-to-boost-immune-system/





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   COVID-19