Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Amankah bersepeda menggunakan masker?

 12 Jul 2020 Kesehatan | New Normal



Pakai Masker Saat Bersepeda


Pandemi Covid-19 membawa banyak sekali perubahan dalam kehidupan banyak orang. Ketakutan akan penularan virus, membuat banyak kebijakan-kebijakan baru diterapkan untuk menekan angka penularan. Saat ini pemerintah menerapkan masa transisi dari masa PSBB menuju masa new normal. Di Tengah transisi masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ke masa new normal, bersepeda kini menjadi tren di kalangan masyarakat. Bersepeda menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang untuk berolahraga serta sebagai alternatif alat transportasi.


Menjadikan sepeda sebagai alat transportasi dipilih sebagian orang untuk menghindari penularan virus Covid-19 melalui transportasi umum. Namun disamping tren bersepeda, penggunaan masker saat pergi keluar rumah kini juga telah menjadi hal wajib yang harus senantiasa Anda lakukan. Anda disarankan untuk selalu menggunakan masker kemanapun Anda pergi. Bahkan kini telah diberlakukan denda bagi siapapun yang tidak menggunakan masker saat pergi ke luar rumah. Pada dasarnya, penggunaan masker bertindak sebagai penghalang penyebaran virus dalam dua cara yaitu, bagi mereka yang terinfeksi, masker dapat mencegah penularan penyakit ke orang lain, sementara bagi orang yang sehat, masker dapat melindungi mereka dari risiko tertular virus.

 

Dengan adanya kedua tren baru di masa new normal ini, banyak orang yang mulai mempertanyakan keamanan bersepeda menggunakan masker. Karena seperti yang telah diketahui, saat bersepeda tentu Anda membutuhkan asupan oksigen yang cukup ke dalam tubuh sedangkan dengan menggunakan masker dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk. Namun disisi lain, Anda juga ingin bersepeda tanpa harus khawatir dengan resiko penularan virus Covid-19. Penggunaan masker memang dapat melindungi diri Anda, tetapi juga dapat menimbulkan masalah apabila Anda menggunakan dengan cara yang tidak tepat saat melakukan olahraga. Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak beberapa ulasan mengenai keamanan penggunaan masker saat bersepeda.


Baca Juga : Tips Naik Kendaraan Umum Di Masa New Normal

 

Bersepeda menggunakan Masker


Penggunaan masker sendiri sebenarnya tidak disarankan saat Anda melakukan olahraga berat. Hal ini dikarenakan saat Anda menggunakan masker, jumlah oksigen yang akan masuk ke dalam sistem pernapasan Anda menjadi berkurang. Jumlahnya rendah oksigen yang masuk ke tubuh dapat membahayakan Anda, oleh karena itu hindari olahraga berat menggunakan masker. Namun di masa new normal saat ini masyarakat sangat di sarankan untuk memakai masker bahkan saat hendak berolahraga.


Dalam hal ini, penggunaan masker saat bersepeda ternyata masih tergolong aman. Bahkan Anda sangat disarankan untuk tetap menggunakan masker kapanpun dan dimanapun termasuk saat Anda berolahraga dan bersepeda di masa new normal untuk mencegah penularan virus Covid-19. Hal yang harus Anda perhatikan adalah durasi Anda dalam bersepeda. Jangan sampai Anda bersepeda hingga terlalu lama dan terlalu lelah. Selain dapat mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke tubuh Anda dan dapat membahayakan Anda, penggunaan masker yang terlalu lama dapat membuat masker yang Anda gunakan mudah kotor dan basah. Masker yang kotor dan penuh keringat karena bersepeda dapat menjadi tempat penumpukan virus dan bakteri yang dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

 

Cara Memakai Masker yang Benar

 

Saat anda akan bersepeda pastikan anda memakai masker dengan benar dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.


Baca Juga : Sering Salah, Ketahui Cara Menggunakan Masker yang Benar


1. Gunakan masker dengan ukuran yang pas


Gunakanlah masker anda dengan benar, pastikan untuk menutup seluruh area hidung serta mulut anda. Gunakanlah masker dengan ukuran yang pas dengan anda, jangan gunakan masker yang longgar karena dapat bergeser saat terkena angin. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan masker yang terlalu tebal dan terlalu ketat, hal ini untuk menghindari anda kesulitan dalam bernafas. Hindari juga menyentuh area hidung, mulut serta mata saat anda bersepeda.


2. Cuci tangan anda sebelum menggunakan masker


Mencuci tangan merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan virus yang wajib anda lakukan. Pastikan juga anda mencuci tangan dengan bersih sebelum anda menggunakan masker.


Pemilihan bahan masker untuk digunakan saat bersepeda

cara menggunakan masker yang benar


Pemilihan bahan dasar masker yang anda gunakan saat bersepeda juga penting untuk anda perhatikan. Masker dengan serat mikro seperti masker kain dan masker sekali pakai atau yang biasa dikenal dengan masker bedah merupakan masker yang disarankan untuk anda gunakan saat bersepeda. Walaupun, menggunakan masker berbahan dasar kain dan berserat mikro mungkin bukanlah yang paling efektif untuk menghindari penularan virus Covid-19 saat bersepeda, namun dengan menggunakan masker ini udara akan lebih mudah masuk dan memungkinkan anda untuk mendapatkan oksigen dengan jumlah yang lebih baik. Kurangnya jumlah oksigen yang masuk ke tubuh anda karena kesalahan dalam memilih bahan masker, dapat berbahaya bagi anda.


Surgical mask atau masker bedah kini sudah banyak tersedia dengan jumlah yang cukup di beberapa toko, apotik serta apotek online. Anda kini bisa mendapatkannya dengan jauh lebih mudah dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Buff juga bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa anda gunakan saat bersepeda.

 

Baca Juga : Cara Menggunakan Masker Kain Yang Benar untuk Cegah Covid-19


3. Gantilah masker anda

Disarankan bagi anda membawa lebih dari satu buah masker untuk mengganti masker yang telah anda gunakan untuk bersepeda. Pastikan ganti masker anda secara berkala, hal ini untuk mengantisipasi jika masker yang anda gunakan kotor atau basah terkena keringat saat anda bersepeda. Sebab masker yang kotor justru dapat menjadi sumber bakteri dan virus.


4. Perlengkapan bersepeda


Untuk menunjang pencegahan anda terhadap penularan virus saat bersepeda dimasa new normal, anda perlu mempertimbangkan untuk menyiapkan perlengkapan lain saat anda hendak bersepeda.
Perlengkapan tersebut diantaranya seperti kacamata atau face shield. Mata diketahui menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi sarana penularan virus selain mulut dan hidung. Oleh karena itu melindungi mata saat anda sedang bersepeda menjadi hal yang harus anda perhatikan. Karena saat anda bersepeda debu serta kotoran akan cenderung lebih mudah masuk melalui udara.

 

 

Anda juga disarankan untuk menggunakan sarung tangan dan baju lengan panjang. Penggunaan sarung tangan saat bersepeda dapat membantu anda mengurangi resiko penularan saat anda memegang gagang sepeda. Namun menggunakan sarung tangan bukan berarti anda tidak perlu mencuci tangan. Anda harus tetap mencuci tangan anda menggunakan sabun cuci tangan atau membersihkannya menggunakan hand sanitizer sesering mungkin untuk menjaga kebersihan diri anda. Selain itu jika anda pergi bersepeda di siang hari, pakaian dengan lengan panjang juga dapat melindungi anda dari paparan langsung sinar matahari dan menghindari sunburn. Jika perlu gunakan juga sunblock atau sunscreen dengan SPF sebagai proteksi tambahan pada kulit anda.

 


Kenakan juga helm saat anda akan mengendarai sepeda ke jalan raya. Ini adalah bagian dari menjaga keselamatan anda selama berkendara di jalan raya.

 

Penggunaan masker dengan cara yang benar, serta pemilihan masker yang tepat saat akan bersepeda di masa new normal merupakan salah satu hal yang dapat anda terapkan supaya anda dapat bersepeda dengan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dan menjaga jarak dengan orang lain dimanapun anda berada.

 


Sumber:

Cylcling Magazine. Diakses pada Juni 2020. Should You Wear While Cycling. https://cyclingmagazine.ca/sections/news/should-you-wear-a-mask-while-cycling/

Velonew. Diakses pada Juni 2020. Explainer Shoild I Wear Mask While Riding. https://www.velonews.com/news/explainer-should-i-wear-a-mask-while-riding/

Cycling News. Diakses pada Juni 2020. Should You Wear a Mask  While During Covid-19?https://www.cyclingnews.com/features/should-you-wear-a-mask-while-cycling-during-covid-19/

 

 

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   New Normal