Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Asupan Gula Saat Berbuka Puasa

 25 Apr 2019



asupan gula saat berbuka puasa


Saat tiba bulan puasa, berbuka puasa adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman 12 jam lamanya dapat menyebabkan tubuh berisiko mengalami dehidrasi. Oleh karena itu saat berbuka puasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi menu yang tepat agar energi tubuh yang hilang dapat terisi kembali.

 

Masyarakat di Indonesia terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman manis sebagai menu favorit berbuka puasa seperti kolak, teh manis, es buah, kurma, martabak, dan santapan manis lainnya.

 

 

 

 

Aturan Asupan Gula Yang Tepat

Mengkonsumsi asupan manis saat berbuka puasa memang banyak dianjurkan, karena saat berpuasa, tubuh kehilangan asupan gula dan biasanya tubuh akan mengambil cadangan gula yang terdapat di hati dan otot sebagai cadangan sumber energi. Nah, untuk mengisi kembali cadangan gula yang telah terpakai, konsumsi makanan dan minuman manis jadi salah satu solusinya.

 

Meskipun dianjurkan, mengkonsumsi asupan manis saat berbuka juga tetap ada batasnya. Menurut penjelasan dokter spesialis penyakit dalam FKUI-RSCM, Dr.Ari Fahrial Syam, asupan gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat gula darah melonjak sehingga membuat orang cepat mengantuk, lemas, dan menimbun lemak yang akan membahayakan kesehatan sekaligus berisiko menimbulkan beberapa penyakit seperti kerusakan gigi, diabetes, dan obesitas.

 

Asupan gula saat berpuasa idealnya sama dengan ketika tidak berpuasa, yaitu 50 gram atau setara dengan 5 sendok teh gula per hari.

 

Akan lebih baik jika Anda lebih banyak mengkonsumsi asupan gula pada saat berbuka puasa. Apabila saat sahur Anda dapat mengkonsumsi gula sebanyak 1 - 2 sendok gula, maka saat berbuka 2 - 3 sendok teh gula cukup untuk memenuhi gula yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

 

 

 

 

3 Menu Berbuka Puasa Dengan Pemanis Alami

Selain jumlah asupan gula yang masuk, sumber gula tersebut juga perlu diperhatikan lho FarmaFriends. Simak beberapa asupan gula sehat yang dapat kamu jadikan referensi menu berbuka di bawah ini:

 

 

  • Kurma

    kurma untuk buka puasaSumber Gambar: www.pexels.com

    Seperti yang dianjurkan oleh British Nutrion Foundation, saat berpuasa tubuh juga memerlukan  asupan kalium. Salah satu fungsi kalium adalah menyeimbangkan kadar cairan elektrolit di dalam tubuh. Manfaat Kandungan kalium dapat ditemukan pada buah kurma. Bukan hanya itu buah kurma juga menyediakan mineral lainnya seperti mangan dan tembaga yang berguna sebagai sumber serat, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit akibat perubahan jam makan saat puasa.

     

     

  • Minuman Dari Buah dan Susu

    jus dan susu untuk buka puasaSumber Gambar: www.pexels.com

    Karena tubuh saat berpuasa juga kehilangan banyak asupan air, maka selain air mineral, ada baiknya berbuka puasa dengan minuman yang mengandung pemanis alami seperti jus buah, smoothie dan susu. Minuman-minuman ini mengandung gula dan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan.

     

  • Makanan Manis dari Kacang Dan Umbi-Umbian

    takjil buka puasaSumber Gambar: www.pexels.com

    Makanan manis atau takjil lainnya seperti bubur kacang hijau, dan kolak menjadi makanan laris yang banyak dijajakan saat berbuka puasa. Makanan yang terbuat dari kacang-kacangan kaya akan mineral seperti kalsium, mangan, potasium, folat, dan zinc, serta memiliki kandungan lemak yang sedikit. Kadar asam amino di dalamnya pun tinggi sehingga mampu menambah sumber protein setelah berpuasa.

     

    Umbi-umbian seperti ubi dan singkong yang menjadi bahan dasar kolak, mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan mata. Ubi juga bisa digunakan sebagai pengganti asupan karbohidrat bagi penderita diabetes. 

     

    Tidak hanya itu, bahan lainnya yang ada pada bubur kacang hijau dan kolak adalah gula merah dan santan yang dapat dijadikan sebagai pemanis alami dan melindungi tubuh dari serangan penyakit dan virus.

 

Sumber: 

  1. https://www.alodokter.com/hindari-menu-dan-pola-buka-puasa-yang-membuat-berat-badan-melonjak, Jan 2019
  2. http://www.halodoc.com/jumlah-asupan-manis-yang-dibutuhkan-tubuh-saat-puasa, Mei 2018
  3. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/seasons/ramadan.html, Mei 2016
  4. https://www.hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/makanan-manis-paling-sehat-untuk-takjil-buka-puasa, Mei 2018
  5. https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1427915/makanan-manis-apa-yang-sehat-untuk-buka-puasa , Agust 2010





Bagikan artikel ini :