Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Sering Delivery Makanan? 4 Aturan New Normal Ini Harus Anda Lakukan!

Sejak peraturan pembatasan sosial diberlakukan, memesan makanan melalui online delivery (contactless delivery) menjadi salah satu hal yang semakin sering dilakukan oleh masyarakat. Walaupun tidak bisa keluar rumah, masyarakat masih bisa menikmati makanan delivery dari restoran atau tempat makan cepat saji yang menyediakan layanan pesan antar. Selain melalui layanan pesan antar yang disediakan oleh restoran, Anda juga dapat memesan makanan melalui fitur pada aplikasi ojek online yang telah tersedia.

Meskipun saat ini kebijakan new normal telah ditetapkan dan peraturan pembatasan sosial mulai dilonggarkan, layanan pesan antar masih digemari dan menjadi pilihan masyarakat. Banyak masyarakat yang lebih memilih memesan makanan dari rumah dengan menggunakan layanan delivery makanan dibandingkan harus datang langsung atau makan di tempat.

Baca Juga : Aktivitas di Tempat Umum Yang Bisa Tingkatkan Risiko Covid-19

Hal ini dilakukan tentunya untuk menurunkan risiko penyebaran virus Covid-19. Walaupun memesan makanan melalui layanan pesan antar tentu tidak sepenuhnya menjamin Anda bebas dari risiko penularan virus Covid-19. Sebab, virus Covid-19 bisa menular melalui Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk itu, Anda dan keluarga harus tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar saat memesan makanan. Hal ini wajib Anda lakukan untuk memastikan kesehatan makanan yang dipesan dan keselamatan diri Anda.

Protokol Kesehatan Saat Delivery Makanan Saat New Normal

Delivery Makanan saat new normal

Protokol kesehatan saat melakukan delivery makanan, menjadi hal wajib yang harus Anda terapkan di masa new normal. Berikut ini Farmaku telah merangkum 4 protokol kesehatan untuk diterapkan saat Anda memesan makanan melalui layanan delivery:

Baca Juga : Ini dia 10 Perlengkapan Wajib Dipersiapkan Industri Makanan dan Minuman di Era New Normal

1. Minimalisirkan kontak langsung

Saat Anda order makanan online, usahakan untuk meminimalisir kontak langsung dengan pengantar atau driver ojek online. Saat melakukan pembayaran, usahakan juga untuk melakukan transaksi secara cashless untuk meminimalisir kontak langsung dengan pengantar makanan atau driver ojek online.

2. Sanitasi kemasan makanan sebelum melakukan kontak

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard baru-baru ini, menemukan bahwa Covid-19 dapat bertahan hingga 24 jam di atas karton dan dua hingga tiga hari di atas plastik. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan plastik pembungkus makanan yang Anda terima dari petugas antar maupun driver ojek online sebelum Anda mengonsumi makanan yang dipesan.

Hal tersebut dilakukan supaya Anda tidak perlu menunggu hingga 24 jam untuk mengonsumsi makanan yang telah Anda pesan. Walau, sejauh ini belum ada bukti mengenai makanan atau kemasan yang dikaitkan dengan transmisi Covid-19, Anda harus tetap waspada terhadap kemungkinan penularan virus Covid-19.

3. Buang bungkus makanan


Setelah Anda melakukan sanitasi pada plastik makanan, segeralah membuangnya. Selain itu, usahakan juga untuk segera membuka makanan dan memindahkan ke wadah bersih yang Anda miliki di rumah. Hindari makan langsung dari wadah yang Anda dapatkan dari restoran saat Anda memesan makanan dari luar. Bila perlu Anda bisa menghangatkan kembali makanan yang dikirim oleh petugas delivery karena hal ini diketahui dapat membunuh kuman maupun patogen yang terdapat pada makanan. 

Meski memanaskan makanan sendiri belum memiliki bukti kuat bisa membunuh virus Covid-19, yang mungkin saja menempel di makanan. Namun cara ini dapat menjadi salah satu langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pada makanan dan diri Anda.

4. Segera cuci tangan Anda


Mencuci tangan dengan sabun cuci tangan atau membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer merupakan hal yang saat ini tidak bisa dipisahkan dari keseharian Anda. Untuk menghindari risiko penularan virus yang bisa saja Anda dapatkan dalam cara apa pun, termasuk saat memesan makanan, maka cuci tangan Anda setidaknya selama 20 detik dengan sabun dapat meminimalisir penyebaran virus.

Selain itu, sebaiknya tidak memegang area wajah, terutama mata, hidung dan mulut setelah menerima makanan yang Anda pesan sebelum Anda mencuci tangan dengan sabun. Cuci kembali tangan Anda setelah selesai mengonsumsi makanan, bila perlu gunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada tangan.

Zona Delivery Makanan

Kesehatan makanan

Saat Anda hendak memesan makanan melalui layanan pesan antar, Anda harus memperhatikan lokasi dan zona tempat Anda beli makanan. Hal ini sama dengan Anda menjaga jarak dengan orang lain di luar rumah. Usahakan untuk menjaga jarak dengan pengantar makanan maupun driver ojek online sejauh enam kaki. Jarak ini dapat menjadi langkah pencegahan untuk meminimalisir kemungkinan kontak langsung dan risiko penularan virus Covids-19.

Kesehatan Makanan yang dipesan melalui layanan Delivery

protokol kesehatan saat delivery makanan

Walaupun Anda tidak bisa memastikan kesehatan makanan yang Anda pesan melalui layanan delivery, namun cara di atas bisa menjadi salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Di era new normal sudah banyak restoran yang mulai beroperasi dan mengizinkan pelanggan mereka untuk makan di tempat.


Namun, perlu Anda ingat bahwa, risiko penularan virus saat Anda makan langsung di tempat tentu akan lebih tinggi dibandingkan saat Anda memesan dan makan di rumah. Untuk itu, memesan makanan melalui layanan delivery dapat menjadi salah satu pilihan bijak yang dapat dilakukan.

Berbagai kontak yang Anda lakukan saat Anda makan di luar seperti melakukan pembayaran tunai, memakai peralatan makan serta tempat duduk bergantian dengan pelanggan lain dapat berisiko meningkatkan penularan virus Covid-19.

Baca Juga : Protokol New Normal Industri Makanan dan Minuman dari World Travel & Tourism Council

Aturan Ojek Online Saat Delivery Makanan

Tempat Makan

Semakin mudahnya memesan makanan melalui ojek online, membuat banyak masyarakat yang menggunakan layanan pesan antar saat memesan makanan secara online. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan ojek online karena ojek online yang beroperasi saat ini telah menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keamanan pesanan Anda.

Protokol pencegahan yang diterapkan oleh ojek online di antaranya, yaitu penyemprotan desinfektan pada kendaraan dan helm secara berkala, penggunaan masker, pengecekkan suhu tubuh dirver serta menjaga jarak dengan kasir di tempat membeli makanan.

Meskipun kelonggaran pembatasan sosial saat ini sudah mulai dilonggarkan dan Anda bisa kembali makan di restoran atau tempat makan, memesan makanan melalui layanan delivery nampaknya harus tetap Anda pertimbangkan. Daftar makanan delivery juga sangat banyak mengingat sekarang banyak mengingat banyak merchant mendaftarkan produk yang di jual di aplikasi online. Sebab penyebaran virus Covid-19 di tempat umum akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Anda memesan makanan dan tetap berada di rumah.


Meski Anda tetap di rumah dan menghindari kontak sosial bukan berarti Anda tidak dapat menikmati makanan lezat dari restoran favorit Anda. Gunakan layanan pesan antar untuk menjaga kesehatan Anda, namun tetap bisa makan enak di rumah.

Nsc. Diakses Pada Juli 2020. Food Delivery and Carryout Safety During the COVID-19 Pandemic. https://www.nsc.org/safety-first-blog/food-delivery-and-carryout-safety-during-the-covid-19-pandemic
Boston. Diakses Pada Juli 2020. How safe is takeout and delivery food during the pandemic? https://www.boston.com/news/food/2020/05/28/is-takeout-delivery-food-safe-coronavirus
Today. Diakses pada Juli 2020. Food delivery safety during the coronavirus pandemic: What you need to know. https://www.today.com/food/it-safe-order-food-delivery-coronavirus-takeout-safety-t176183
Patch. Diakses pada Juli 2020. How to safely order food delivery during the COVID-19 pandemic. https://patch.com/georgia/atlanta/classifieds/other/149307/how-to-safely-order-food-delivery-during-the-covid-19-pandemic
Delicious. Diakses pada Juli 2020. Is it safe to order food delivery? Here are the precautions you should be taking. https://www.delicious.com.au/eat-out/article/safely-order-food-delivery-during-coronavirus-pandemic/094z70yt

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19