Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Inilah Bahaya Menurunkan Masker dari Dagu hingga Leher Saat Makan

Sejak munculnya pandemi virus Covid-19, masker adalah benda wajib yang harus selalu digunakan kemana pun Anda pergi. Masker menjadi salah satu benda yang dapat membantu mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19. Terlebih setelah organisasi kesehatan dunia atau WHO mempublikasikan kemungkinan virus Covid-19 yang dapat menyebar melalui udara (airborne), tidak lagi ada alasan bagi masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah.


Baca juga : Benarkah Covid-19 Airborne?

menurunkan masker sampai ke leher

Walaupun aturan penggunaan masker telah diterapkan, ternyata masih banyak masyarakat yang salah menggunakan masker. Sama pentingnya dengan mengetahui cara memakai masker dengan benar, setiap orang harus memahami beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat menggunakan masker. Berikut beberapa kesalahan memakai masker yang sering ditemukan:

1. Tidak menutup area hidung

Mungkin Anda juga sering melihat atau bertemu dengan orang-orang yang memakai masker namun tidak menutup area hidung mereka. Masker yang mereka gunakan biasanya hanya menutup area mulut serta dagu. Padahal , hidung merupakan area wajib yang harus tertutup oleh masker supaya virus dan bakteri tidak terhirup secara langsung ke dalam tubu Anda.

2. Hanya menutup dagu

Masker sekali pakai dirancang untuk menutup area atas hidung dan mulut Anda untuk membantu menghentikan penyebaran virus melalui tetesan yang berasal dari Anda dan orang lain. Jika Anda tidak menggunakan masker untuk menutup area hidung dan mulut, penggunaan masker tidak dapat mencegah penularan virus Covid-19 dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk menutup seluruh area mulut dan hidung Anda.

3. Menggunakan masker yang kotor, sobek atau basah

Masker yang Anda gunakan harus terjaga kebersihannya. Usahakan untuk mengganti masker secara berkala, dan jangan membiarkannya dalam keadaan basah atau kotor saat digunakan. Masker yang sobek, kotor atau basah tidak akan efektif melindungi diri Anda dan justru akan berbahaya bagi Anda.


4. Tidak menutup dagu

Saat menggunakan masker, usahakan supaya area dagu Anda tertutup dengan baik. Sebab apabila dagu Anda terbuka, hal ini dapat menyebabkan kuman menyebar ke area mulut Anda. Oleh karena itu, selain menutup hidung dan mulut usahakan untuk menutup area dagu Anda.

5. Masker longgar atau terlalu ketat

Virus dan bakteri dapat berpotensi masuk melalui celah-celah masker yang longgar. Sehingga memilih masker yang pas dengan wajah menjadi hal penting yang harus Anda pertimbangkan.

Baca juga : Sering Salah, Ketahui Cara Menggunakan Masker yang Benar

Bahaya menurunkan masker hingga ke leher

aturan penggunaan masker

Selain beberapa kesalahan di atas, saat ini banyak juga ditemui orang-orang yang menurunkan maskernya hingga ke dagu bahkan leher saat berada di tempat umum. Hal ini biasa terjadi ketika orang perlu melepas masker saat makan, minum, atau mengatur nafas pada saat mereka sedang berolahraga di tempat umum. Namun, ternyata menurunkan masker hingga ke leher dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sebab, ketika Anda menurunkan masker ke area dagu dan leher masker Anda akan berisiko terkontaminasi oleh bakteri dan virus yang ada pada leher yang terekspos. Hal ini dikarenakan saat Anda berada diluar rumah, bagian leher Anda yang terekspos dan tidak tertutup masker berpotensi terpapar virus dan bakteri melalui udara. Jika masker Anda menyentuh area leher, dagu atau jenggot Anda virus dan bakteri yang ada disana dapat berpindah ke masker Anda. Bakteri dan virus yang berpindah ke masker Anda kemudian dapat terhirup saat Anda menggunakan masker tersebut kembali dan dapat meningkatkan risiko penularan virus Covid-19.

Baca Juga : 5 jenis masker cegah penyebaran virus corona

Sehingga penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara melepas masker dengan aman. Sebab penggunaan masker wajah yang tepat dapat membantu membatasi penyebaran virus dari orang yang terinfeksi atau mencegah orang sehat agar tidak terinfeksi. Sementara penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan hal sebaliknya.

Penggunaan Masker yang Benar Saat Makan

penggunaan masker saat makan

Jika Anda hendak makan atau minum di luar rumah yang mengharuskan Anda membuka masker, Anda disarankan untuk tidak membiarkan tergantung di leher Anda. Melepas masker dan meletakkannya di tempat bersih akan lebih baik bagi Anda. Anda dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini agar tetap terlindung dari bahaya penyebaran virus Covid-19 saat hendak melepas masker di tempat umum:

1. Cuci tangan sebelum melepas masker

Usahakan untuk mencuci tangan Anda hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Anda juga bisa membersihkan tangan Anda dengan menggunakan cairan pembersih (hand sanitizer) yang memiliki kandungan alkohol diatas 70%. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati untuk tidak menyentuh mata, hidung atau mulut saat melepas masker Anda.

2. Hindari menyentuh bagian luar masker

Bagian luar masker Anda yang terpapar oleh udara bebas, dapat berpotensi dipenuhi oleh kuman dan bakteri. Ketika Anda menyentuh area tersebut, tangan kuman dan virus yang menempel di masker dapat berpindah ke tangan Anda. Untuk melepas masker, Anda dapat memegang tali yang terkait di telinga Anda, kemudian letakkan di tempat atau wadah yang bersih. Jika Anda tidak sengaja menyentuh area luar masker, usahakan untuk segera mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah.

3. Letakkan masker di tempat atau wadah bersih

Dikutip dari asiaone.com, menurut Dr Ling Moi Lin, direktur Pencegahan Infeksi dan Epidemiologi di Singapore General Hospital, Anda dapat menempatkan masker bekas di selembar kertas tisu bersih di atas meja. Pastikan bagian luar masker menghadap ke bawah, dengan tali ditempatkan jauh dari bagian dalam. Anda juga dapat membawa plastik ziplock yang bisa ditutup kembali untuk menyimpan masker Anda. Namun, cara yang lebih baik adalah tidak menggunakan kembali masker Anda sebelum dibersihkan dengan benar. Sebagai gantinya, satu saran adalah untuk selalu membawa masker cadangan dan bersih dengan Anda dan ganti setelah makan.

4. Usahakan membawa masker ganti

Jika Anda berencana makan di tempat umum, usahakan untuk membawa masker cadangan untuk mengganti masker yang Anda pakai sebelumnya. Hal ini untuk mencegah Anda menggunakan kembali masker yang telah terkontaminasi selama Anda lepaskan dari wajah Anda. Anda juga dapat membawa plastik ziplock untuk meletakkan dan menyimpan masker yang telah Anda gunakan.

Baca juga : Cara Menggunakan Masker Kain Yang Benar untuk Cegah Covid-19

Setelah mengetahui berbagai kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat menggunakan masker. Penting bagi Anda untuk mulai menerapkan cara yang benar dalam menggunakan dan melepas masker di tempat umum, karena dengan mengetahui cara melepas masker yang benar di tempat umum, hal ini akan membantu Anda untuk mencegah penularan virus Covid-19. (DH)

Asia One. Diakses pada Juli 2020. https://www.asiaone.com/lifestyle/pull-your-mask-under-your-chin-while-eating-out-phase-2-heres-why-you-shouldnt
College of Food, Agricultural, and Environmental Sciences. Diakses pada Juli 2020. https://cfaes.osu.edu/news/articles/chow-line-face-masks-and-eating
Farma and Dairy. Diakses pada Juli 2020. https://www.farmanddairy.com/aroundthetable/what-to-do-with-masks-while-eating-or-drinking/613078.html
Hackensack Meridian Health. Diakses pada Juli 2020. https://www.hackensackmeridianhealth.org/HealthU/2020/07/10/5-mask-mistakes-people-make/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19