Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Tips Aman Beli Obat di Apotek Online di Masa New Normal

Dalam menghadapi masa new normal” terdapat berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi supaya dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Selain perlengkapan pribadi untuk menunjang kesehatan di masa new normal seperti, masker, hand sanitizer dan mungkin face shield, kebutuhan akan obat-obatan dan vitamin juga menjadi hal penting yang harus tetap Anda perhatikan. Sebagian dari Anda mungkin memiliki obat-obatan yang harus dikonsumsi secara rutin, sehingga mengharuskan Anda pergi ke apotek untuk membelinya.


Mungkin beberapa dari Anda masih takut untuk membeli obat dan vitamin secara langsung ke apotek. Namun apabila Anda memang terpaksa harus pergi ke apotek, pastikan Anda tetap mematuhi protokol kesehatan selama new normal dan usahakan untuk pergi ke apotek terdekat dari tempat tinggal Anda.

Baca juga: Panduan Belanja Aman Sesuai Aturan’ The New Normal’


Selain membeli obat dan vitamin secara langsung ke apotek, kini Anda telah dimudahkan dengan munculnya kemajuan teknologi terutama dalam bidang internet yang telah merubah cara kita dalam menjalani hidup, termasuk dalam membeli kebutuhan harian termasuk obat-obatan dan vitamin secara online. Dengan munculnya situs apotek online Anda dapat membeli kebutuhan obat-obatan serta vitamin tanpa harus keluar rumah. Melalui situs apotek online yang terpercaya Anda juga dapat melakukan konsultasi mengenai obat apa yang hendak Anda beli serta melakukan penebusan resep secara online.

Dengan adanya opsi bagi Anda untuk membeli obat secara online, akan memungkinkan bagi Anda untuk dapat membandingkan harga dan membeli obat resep di apotek online. Berikut adalah beberapa keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dengan membeli obat secara online:

1. Beli obat dengan harga hemat 


Banyak Apotek online menawarkan obat-obatan dengan harga diskon, yang memungkinkan bagi Anda untuk membeli seluruh kebutuhan obat tanpa melebihi anggaran yang Anda miliki. Hal ini akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki penghasilan terbatas. Anda hanya perlu menunjukkan salinan resep yang Anda ke toko obat online, dan obat-obatan yang Anda butuhkan akan dikirimkan ke rumah Anda.

Selain mendapatkan potongan harga, beberapa apotek online juga memberikan penawaran free ongkir atau gratis ongkir dalam berbelanja. Jadi Anda juga tidak perlu lagi khawatir dengan biaya ongkos kirim atas obat-obatan dan vitamin yang Anda beli secara online.


2. Pesan dan beli obat dengan lebih nyaman


Keuntungan lain dari membeli obat melalui apotek online adalah Anda dapat memesan semua obat hanya dengan mengunduh aplikasi seluler di smartphone Anda. Terlebih di masa new normal seperti saat ini, Anda mungkin masih ragu atau takut pergi keluar rumah untuk membeli obat-obatan dan vitamin. Kini Anda bisa memperolehnya dengan mudah melalui apotek online. Selain itu, apabila Anda perlu menggunakan obat-obatan yang mungkin sulit ditemukan atau langka di apotek fisik, Anda bisa dengan mudah mencari obat yang Anda butuhkan tanpa harus pergi jauh berpindah-pindah apotek untuk mencarinya. Beberapa apotek online juga memiliki obat-obatan yang lebih lengkap dan bervariasi.

3. Lebih mudah memahami detail produk 


Saat hendak membeli obat-obatan melalui apotek online, Anda juga dapat mencari informasi mengenai obat-obatan tersebut. Anda jadi bisa mengetahui dan mempelajari kandungan pada obat yang hendak Anda konsumsi. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai obat-obatan yang diresepkan oleh dokter , Anda juga bisa mendapatkan jawabannya melalui apotek online. Anda juga dapat berkonsultasi dengan apoteker berlisensi yang terkait dengan apotek online untuk mengetahui lebih lanjut tentang kandungan obat yang akan Anda beli.

Walaupun membeli obat-obatan dan vitamin secara online memiliki banyak keuntungan, Anda diharuskan untuk tetap berhati-hati dalam memilih apotek online yang terpercaya. Beberapa toko obat online mungkin menjual obat-obatan yang tidak aman untuk dikonsumsi atau bahkan ilegal. Untuk memastikan bahwa Anda tidak menyesal dan terkena dampak kurang baik dari membeli obat-obatan secara online Anda perlu memastikan hal-hal berikut ini :

1. Pastikan Apotek tersebut legal


Dengan banyaknya toko obat yang bermunculan di internet, Anda harus berhati-hati dalam memilih apotek online yang terpercaya. Pastikan apotek tempat Anda membeli telah resmi dipayungi oleh badan hukum yang kuat. banyak Begitu pula dengan obat-obatan yang dijual di apotek tersebut, pastikan bahwa semua produk yang dijual telah memiliki BPOM serta legalitas yang jelas dan telah lolos uji standarisasi.


Carilah apotek online terlengkap dan terpercaya supaya anda terhindar dari berbagai dampak buruk dari pembelian obat secara online. Anda bisa mencari apotek online terpercaya dengan mempertimbangkan legalitasnya serta apotek yang telah bekerja sama dengan berbagai brand penyedia obat terbesar di Indonesia.


Baca Juga : Kenali Cara Membedakan Obat Herbal Asli dan Palsu

2. Gunakan Resep dokter

Beberapa obat mungkin tergolong kedalam obat keras, sehingga Anda membutuhkan resep dokter sebelum membeli obat tersebut. Anda disarankan untuk tidak sembarangan membeli obat yang tergolong ke dalam golongan obat keras tanpa menggunakan resep dokter, karena hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Jangan pula melakukan diagnosa sendiri pada rasa sakit yang Anda alami dan membeli obat yang salah. Periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan sakit yang sedang Anda alami dan mendapatkan resep obat yang benar dari dokter.


Apotek online Apotek online terlengkap di Jakarta dibiasanya memiliki fitur yang memudahkan Anda dalam menebus obat dengan resep dokter. Anda juga dapat berkonsultasi melalui situs apotek online mengenai obat yang hendak Anda beli kepada apoteker terpercaya dari apotek online yang Anda kunjungi.


3. Beli obat dan vitamin sesuai kebutuhan Anda


Anda diharapkan dapat bijak saat hendak membeli obat-obatan dan vitamin. Dengan banyaknya potongan harga serta promo gratis ongkir dari apotek online, Anda mungkin saja membeli obat dan vitamin dalam jumlah berlebihan dan melebihi kebutuhan Anda. Disarankan bagi Anda untuk membeli obat-obatan dan vitamin dalam jumlah yang memang Anda butuhkan.

4. Cek Izin Edar Obat


Untuk memastikan obat yang hendak Anda beli aman untuk dikonsumsi, Anda bisa mengecek izin edar pada obat tersebut. Obat-obatan yang telah memiliki izin edar dari BPOM tentunya akan aman untuk Anda konsumsi. Anda bisa melakukan cek izin edar pada obat melalui aplikasi cek BPOM.


5. Cek tanggal kadaluarsa obat


Selain memastikan bahwa tempat Anda membeli obat Anda aman dan obat yang akan Anda beli telah memiliki izin edar, penting juga bagi Anda untuk mengecek tanggal kadaluarsa pada obat. Jangan sampai obat yang Anda beli telah memasuki atau mendekati masa kadaluarsa sebelum Anda bisa mengkonsumsi obat tersebut sampai habis.


Jadi itu adalah ulasan beberapa tips bagi Anda untuk cara membeli obat di apotek dengan lebih aman dan nyaman melalui apotek online di masa new normal. Pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan obat-obatan dan vitamin selama masa new normal. Jangan sampai masa transisi ini membuat Anda mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan Anda. Selamat berbelanja! (DH)

https://www.youtube.com/embed/0R7Xh6hVEhk

 

nhs.uk. Diakses pada Juli 2020. Dangers Of Buying Medicines Online. https://www.nhs.uk/using-the-nhs/nhs-services/pharmacies/dangers-of-buying-medicines-online/


Icicilombard. Diakses pada Juli 2020. Things You Sould Be Knowing About Online Pharmacy. https://www.icicilombard.com/insurance-information/online-insurance-info/article/things-you-should-be-knowing-about-online-pharmacies


pom.Diakses pada Juli 2020. https://cekbpom.pom.go.id/


Food And Drug Administration. Diakses pada Juli 2020. Quick Tips Buying Medicine Over Internet. https://www.fda.gov/drugs/buying-using-medicine-safely/quick-tips-buying-medicines-over-internet

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan