Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Bagaimana Cara Menghindari Maskne dan Jerawat Saat Gunakan Masker Wajah?

Menggunakan masker menjadi hal yang wajib di masa pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya melindungi dan mencegah penyebaran virus corona. Meski menggunakan masker di depan umum, bagi kebanyakan orang mungkin tidak menimbulkan masalah serius.

Baca Juga: Inilah Rahasia Perawatan Kulit Sehat dan Bebas Jerawat yang Wajib Anda Tahu!

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, masker dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan jerawat, yang dikenal dengan istilah “maskne”. Maskne merupakan kepanjangan dari masker dan acne. Jerawat yang timbul ini disebabkan karena penggunaan masker yang terlalu lama.

Penyebab maskne

tips memakai masker agar terhindar dari jerawat

Menurut Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, seorang dokter kulit bersertifikat di Manhattan, New York menjelaskan akar penyebab di balik maskne dan jerawat.

“Maskne secara medis disebut acne mechanics, yaitu jerawat yang disebabkan oleh panas, gesekan, dan penyumbatan. Dengan memakai masker hal ini bisa menjadi cara menghindari maskne, lingkungan yang hangat dan lembab tercipta dari pernapasan, pembicaraan, tawa, dan lain-lain. Yang kemudian menyebabkan pertumbuhan bakteri alami yang disebut P.acnes.

P.acnes jika tumbuh berlebih dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oklusi dan gesekan dari masker yang dikombinasikan dengan minyak dan keringat kulit dapat menyebabkan iritasi, yang dapat menyebabkan kontak iritan dermatitis atau kulit kering, dan bahkan gatal.”

Cara ampuh mencegah jerawat saat menggunakan masker

 cara menghindari jerawat saat memakai masker

Untuk cara mencegah maskne dan mengobati maskne, Dr Levin memiliki dua poin utama, yaitu:

  1. Memilih masker berbahan tenunan yang rapat dan kain katun yang lembut.
  2. Cuci masker dengan deterjen yang kandungannya gentle dan pastikan dibilas secara menyeluruh.

Jika Anda mengenakan masker yang dapat digunakan kembali, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk mencucinya setelah digunakan. Hal ini mungkin bisa memakan waktu, tetapi cara Anda mencuci masker sangat memengaruhi kulit Anda. Dr. Kanchanapoomi Levin menyarankan mencuci tangan dengan sabun tanpa pewangi atau mesin cuci dengan deterjen tanpa pewangi dan tanpa pelembut kain.

Sedangkan untuk produk perawatan kulit untuk membantu mencegah maskne, Dr. Kanchanapoomi Levin menyarankan penggunaan skincare dengan kandungan benzoyl peroxide, asam glycolic dan asam salisilat. Dia merekomendasikan produk ini karena dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan dan pertumbuhan berlebih dari bakteri.

Dia juga memperingatkan bahwa pembersih yang mengandung benzoyl peroxide, asam glycolic dan asam salisilat bisa menyebabkan iritasi. Jadi Anda harus mencari konsentrasi yang rendah. Misalnya cari konsentrasi benzoyl peroxide minimal 5% atau lebih rendah dan asam salisilat 1% atau lebih rendah.

Jika Anda sudah melewati titik pencegahan dan membutuhkan pilihan pengobatan, carilah retinoid topikal yang terbuat dari vitamin A. Dr. Kanchanapoomi Levin juga merekomendasikan obat bebas resep Adapalene (bahan aktif dalam Differin), meskipun dapat menyebabkan iritasi. Dia menyarankan menggunakan hanya satu titik untuk seluruh wajah Anda, tiga kali seminggu dan meningkatkan penggunaan saat kulit Anda sudah bisa toleransi dengan bahan aktif tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Sabun Cuci Muka yang Ampuh Atasi Kulit Berjerawat

Selain itu, Anda juga tidak perlu menambah frekuensi mencuci muka saat menggunakan masker. Mencuci wajah dua kali sehari sudah cukup, meskipun Dr. Kanchanapoomi Levin mengatakan, “Jerawat dan dermatitis kontak iritan adalah kondisi kulit di mana penghalang kulit terganggu. Melembabkan dan membersihkan dengan pembersih lembut adalah kuncinya.”

Terakhir, jangan gunakan alas bedak berpigmen berat atau riasan tebal saat memakai masker, karena hal ini akan memperburuk jerawat dan meningkatkan oklusi saat berada di bawah masker.

https://www.youtube.com/embed/2slyUPTR0pI

Rekomendasi skincare untuk mengatasi maskne dan Jerawat

rekomendasi produk untuk mengatasi maskne dan jerawat

Untuk mencegah jerawat akibat masker, berikut ini beberapa produk perawatan kulit yang bisa membantu Anda mengatasi maskne:

Acne Patch

rekomendasi acne patch untuk maskne dan jerawat

Acnemed Acne Patch merupakan penutup jerawat yang mengandung bahan Salicylic Acid yang dapat membantu mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Acne patch ini mengandung Tea Tree Leaf Oil sehingga membantu mengurangi bekas jerawat dan Seed Extract sebagai antioksidan. Acnemed Acne Patch ini memiliki formulasi untuk merawat kulit berjerawat.

Acne Spot Treatment

rekomendasi acne spot treatment terbaik untuk maskne dan jerawat

Acnemed Care Gel merupakan produk pengobatan khusus untuk jerawat, yang diformulasikan untuk merawat kulit berjerawat karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Produk ini diperkaya dengan bahan pelembab untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut.

Sheet Mask

rekomendasi sheet mask untuk maskne dan jerawat

Acnemed Clear Facial Sheet Mask adalah masker wajah yang berguna untuk membantu merawat kulit berjerawat, membantu mengurangi bekas jerawat, dan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Sheet mask ini mengandung tea tree extract, sehingga mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah dan mengurangi bekas jerawat.

Sedangkan Eucalyptus globulus leaf extract sebagai anti bakteri dan antiseptik. Kemudian, dipotassium Glycyrrhizate atau Licorice Extract sebagai bahan pelembab yang membantu kulit terasa lembut dan halus.

Itulah skincare atau produk yang bisa membantu cara mengatasi maskne ata jerawat karena masker. Anda bisa beli dan mendapatkannya di Farmaku.com. (SR)

https://www.farmaku.com/sale/perawatan-kulit-berjerawat

Sfgate. Diakses pada September 2020. How to prevent 'maskne' and breakouts caused by wearing a face mask. https://www.sfgate.com/shopping/article/how-to-stop-maskne-and-breakouts-face-mask-acne-15471959.php

Sumber

Comments 1

  1. Yoga says:

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan