Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Cara Mengecilkan Perut Buncit Cepat dan Alami

 16 Jan 2019



cara mengecilkan perut buncit


Lemak perut sudah menjadi musuh besar banyak orang, tidak hanya memperburuk penampilan karena menyebabkan perut buncit, lemak yang berlebihan pada tubuh juga berbahaya.

 

Lemak perut adalah lemak viseral. Lemak ini berperan menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan lainnya.

 

Mengecilkan perut buncit bukan pekerjaan yang mudah. Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan lemak perut dan menjaga tubuh tetap langsing.

 

 

Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Benar?

Tidak ada makanan, obat, olahraga, atau formula khusus yang dapat secara ajaib menghilangkan perut buncit.

 

Membakar lemak di perut dan memiliki tubuh yang sehat adalah hasil pola hidup sehat yang dilakukan secara konsisten.

 

 

 

Menjaga Pola Makan Adalah Cara Menghilangkan Perut Buncit yang Efektif

Faktor terbesar penyebab perut buncit adalah makanan. Dengan pola makan atau diet sehat, kita sudah separuh jalan lebih untuk menghindarkan tubuh dari risiko berbahaya lemak viseral.

  1. Makan Makanan yang Mengandung Serat atau Fiber

    Mengkonsumsi cukup makanan yang mengandung serat dapat membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari. Secara natural, ini menyebabkan Anda makan lebih sedikit dan berujung pada jumlah kalori.

    Tidak hanya itu, serat juga membantu melawan lemak di perut. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.100 orang dewasa membuktikan bahwa peningkatan konsumsi serat sebesar 10 gram per hari dapat mengurangi lemak perut sebesar 3,7% dalam 5 periode tahun.

  2. Kurangi Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

    Alkohol memang memiliki efek kesehatan, namun bila dikonsumsi terlalu banyak, alkohol justru dapat berbahaya dan menimbulkan bermacam komplikasi.

    Banyak studi menunjukkan konsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas serta meningkatkan tumpukan lemak di area perut dan pinggang.



  3. Diet Tinggi Protein

    Protein adalah nutrisi penting untuk menjaga berat badan. Konsumsi makanan tinggi protein dapat merangsang pelepasan hormon PYY oleh tubuh. Hormon ini mengurangi nafsu makan dan sekaligus mengenyangkan.

    Protein juga meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu kita menjaga massa otot selama proses penurunan berat badan.

    Ada penelitian yang menunjukkan, seseorang yang memiliki pola makan tinggi protein memiliki lemak perut lebih sedikit daripada mereka yang memiliki diet rendah protein.



  4. Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Manis dan Bergula

    Gula mengandung fruktosa adalah penyebab perut buncit sekaligus penyakit kronis berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Kondisi seperti diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan penumpukan lemak pada hati adalah akibat konsumsi gula yang berlebihan.

    Perlu diketahui, bukan gula putih saja yang dapat menyebabkan perut buncit, gula yang dikategorikan lebih sehat seperti madu juga sebaiknya dikonsumsi secara tidak berlebihan.



  5. Hindari Minuman Manis Bergula

    Minuman yang sengaja dimaniskan mengandung banyak fruktosa yang dapat menyebabkan lemak di area abdominal.

    Minuman bergula juga diketahui juga lebih berbahaya daripada makanan manis.

    Otak manusia tidak dapat memproses kalori dari cairan sama seperti kalori dari makanan padat. Alhasil, kelebihan kalori dari cairan akan lebih banyak dan disimpan dalam bentuk lemak.

    Minuman bersoda, teh manis, dan minuman manis beralkohol patut dihindari apabila kita ingin jauh dari perut buncit.



  6. Konsumsi Makanan Probiotik atau Suplemen Probiotik

    Probiotik adalah bakteria yang baik untuk tubuh dan dapat ditemukan pada suplemen ataupun makanan yang mengandung probiotik.

    Probiotik memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

    Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ada beberapa jenis bakteri probiotik yang memiliki peran untuk menjaga berat badan tubuh, seperti lactobacillus fermentum, lactobacillus amylovorus, dan lactobacillus gasseri.

 

 

 

Setelah Pola Makan, Olahraga adalah Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Berolahraga ringan namun konsisten, dapat membantu mengecilkan perut buncit secara signifikan. Selain menghilangkan lemak, rutin berolahraga memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan tubuh.

 

Olahraga dapat mencegah penyakit jantung, diabetes, meningkatkan stamina, postur tubuh, dan metabolisme.

 

Olahraga murah seperti lari pagi,10-15 menit setiap hari sudah cukup untuk membantu seseorang terhindar dari risiko serangan penyakit jantung dan stroke secara signifikan.

 

Ada beberapa olahraga untuk mengecilkan perut buncit.

  1. Olahraga Aerobik

    Latihan aerobik seperti cardio baik untuk membantu meningkatkan stamina sekaligus menghilangkan lemak tubuh.

    Aerobik sering dinilai sebagai bentuk latihan yang paling efektif untuk mengecilkan perut buncit.

    Yang terpenting dalam melakukan aerobik adalah frekuensi dan konsistensi, bukan intensitas.

    Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada beberapa wanita pasca menopause. Mereka yang berlatih aerobik 300 menit setiap minggu, berhasil menghilangkan body fat lebih banyak daripada mereka yang hanya berlatih 150 menit per minggu.

  2. Olahraga Angkat Berat (Weight Lifting)

    Angkat berat atau yang lebih dikenal dengan weight lifting penting untuk menjaga dan meningkatkan massa otot.

    Berdasarkan studi yang dilakukan pada orang dalam kondisi prediabetes dan diabetes tipe 2, olahraga angkat berat membantu untuk mengecilkan perut buncit.

    Sebuah studi juga mengungkapkan seorang remaja yang mengalami obesitas melakukan program olahraga angkat berat yang digabung dengan aerobik. Hasilnya, ia berhasil menurunkan berat badan dan lemak viseral secara signifikan.

    Sebelum mulai melakukan latihan angkat berat, ada baiknya mulai dari beban yang kecil dan arahan pelatih fitness atau trainer profesional.

 

 

 

Setelah Pola Makan dan Olahraga, Gaya Hidup Sehat Penting Dijaga Apabila Tidak Ingin Memiliki Perut Buncit

Setelah menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin, semua itu akan sia-sia bila kita tidak menerapkan pola hidup sehat sehari-hari.

 

Satu hal yang paling penting adalah tidur. Faktanya, kira-kira sepertiga dari hidup kita habiskan dengan tidur. Itu menunjukkan betapa pentingnya tidur untuk berbagai aspek kehidupan kita. Banyak studi yang sudah menunjukkan kurang tidur (5 jam setiap malam), akan lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan daripada orang yang tidur cukup (7-8 jam setiap malam).

 

Selain tidur, hal berikutnya yang penting adalah stress. Stress dapat menyebabkan peningkatan lemak perut akibat pelepasan kortisol oleh kelenjar adrenal. Telah diketahui, meningkatnya hormon kortisol di dalam tubuh, dapat meningkatkan nafsu makan secara signifikan.

 

Terlebih lagi, wanita yang mengalami kegemukan diketahui memproduksi kortisol dalam jumlah lebih banyak ketika stress, yang justru akan memperparah kondisi perut buncitnya.

 

Berlatih meditasi dan yoga dapat membantu kita terhindar dari stress dan perut buncit.

 

 

 

Pertahankan Pola Makan, Latihan, dan Gaya Hidup Sehat yang Telah Dibangun Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Melakukan hanya 1 dari tips di atas akan memiliki efek yang sangat kecil untuk mengatasi perut buncit. Agar hasil efektif dan maksimal, kombinasikan berbagai metode di atas dan selalu mulai dengan apa yang Anda bisa lakukan secara konsisten terlebih dahulu.

 

Menjaga pola makan, pola olahraga, dan pola hidup sehat untuk jangka panjang adalah cara mengecilkan perut buncit yang paling tepat dan efektif.

 

Ketika kita mulai menerapkan hidup sehat, lemak dan perut buncit akan hilang dengan sendirinya.

 






Bagikan artikel ini :