Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Menghilangkan Nyeri Haid, Ladies Wajib Tahu!

Sebelum atau saat datang bulan, sebagian wanita ada yang merasakan nyeri haid. Biasanya, rasa nyeri dan kram dapat terasa pada bagian perut bawah, punggung bawah dan paha. Selain sakit pada area tersebut, sebagian wanita juga mungkin bisa mengalami mual, muntah, diare atau sakit kepala. Jika Anda mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir. Ada cara menghilangkan nyeri haid yang bisa Anda terapkan di rumah.

Pada umumnya, nyeri haid bisa terjadi karena adanya kontraksi di dalam rahim. Jika kontraksinya terlalu kuat, pembuluh darah di sekitar rahim akan tertekan. Hal ini bisa memutus pasokan oksigen ke rahim. Kekurangan oksigen inilah yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan kram.

Nyeri haid biasanya terjadi pada awal-awal tahun wanita mendapatkan menstruasi. Setelah itu, rasa nyeri biasanya menjadi lebih ringan atau mungkin bisa berhenti setelah melahirkan anak pertama.

Sebagian wanita ada yang mengalami nyeri haid dengan skala yang ringan dan ada pula yang parah. Mengenai hal ini, dokter pun tidak tahu dengan pasti kenapa kondisi tersebut bisa terjadi. Namun, ada beberapa faktor yang bisa dikaitkan dengan rasa nyeri haid yang lebih intens seperti baru pertama kali menstruasi, aliran darah haidnya sangat deras, berusia di bawah 20 tahun, atau memiliki kelebihan hormon prostaglandin.

Bagi sebagian wanita, nyeri haid parah bisa juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti: 

  1. Endometriosis
  2. Penyakit radang panggul
  3. Penyempitan leher rahim
  4. Tumbuh tumor di rahim

Cara menghilangkan nyeri haid dengan pengobatan rumahan


Berikut cara menghilangkan nyeri haid dengan skala ringan yang bisa Anda coba di rumah:

  • Kompres hangat. Anda bisa mengompres area perut atau punggung bawah dengan handuk hangat. Anda juga bisa mandi air hangat agar seluruh tubuh menjadi rileks.Kompres hangat. Anda bisa mengompres area perut atau punggung bawah dengan handuk hangat. Anda juga bisa mandi air hangat agar seluruh tubuh menjadi rileks. 
  • Memijat bagian yang nyeri. Mengobati sakit haid bisa melakukan pijatan di area yang terasa nyeri selama 20 menit juga bisa membantu menghilangkan ketidaknyamanan tersebut.
  • Perbanyak minum air. Cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan minum air. Air hangat dapat membantu meredakan kram, yang bekerja untuk meningkatkan aliran darah di sekitar kulit serta melemaskan otot-otot yang kram. Jika bosan dengan air putih, Anda bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan yang banyak mengandung air seperti timun, semangka, daun selada, seledri, atau beri-berian.
  • Mengkonsumsi pisang.  Buah pisang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, protein, kalium, magnesium, serat, dan air. Karena kaya akan air dan kalium, pisang dapat membantu timbulnya kram saat haid.
  • Menyeruput teh jahe. Saat haid cobalah menyeruput teh jahe hangat yang dapat meringankan rasa nyeri dan kram. Selain teh jahe, Anda juga bisa menyuguhkan secangkir teh daun mint atau perasan air lemon yang hangat.
  • Minum jamu kunyit. Kandungan alami dalam kunyit dapat membantu meringankan gejala-gejala sindrom pramenstruasi. Cara mudah untuk menikmati kunyit adalah dengan membuatnya sebagai minuman jamu.
  • Mengkonsumsi suplemen kalsium. Cara meredakan nyeri haid , ladies bisa mengkonsumsi suplemen kalsium. Namun, sebelum menggunakan suplemen sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dulu. Di samping itu, kalsium bisa diperoleh dari jenis-jenis makanan seperti kacang almond, biji wijen, sayuran hijau, serta produk olahan harian (susu atau keju).
  • Berolahraga. Mungkin Anda merasa malas untuk berolahraga ketika sedang datang bulan. Akan tetapi, dengan berolahraga atau latihan fisik, Anda dapat melepas endorfin yaitu zat kimia dari dalam tubuh yang memiliki efek untuk mengurangi rasa nyeri dan memicu perasaan senang. Lakukan latihan ringan seperti berjalan kaki dan latihan postur yoga yang direkomendasikan saat haid, yakni postur ular kobra, kucing, dan ikan. Ladies bisa melihat bentuk latihan-latihan yoga yang bisa ditemui dengan mudah di internet.
  • Segera redakan stres psikologis. Stres merupakan kondisi emosional yang normal terhadap suatu kondisi. Namun, sebisa mungkin kita berusaha untuk bisa meredakan stres dalam kondisi apapun. Stres psikologis berisiko menambah kram dan tingkat keparahan dari menstruasi itu sendir. Stres dapat diredakan dengan melakukan hobi yang disenangi. Apabila hobimu menonton film, segera setel tayangan film favoritmu atau saksikan bersama sanak saudara terdekat di teater. Jangan sampai stres terus-terusan ketika datang bulan melanda.

Apabila ladies sudah melakukan tips-tips di atas, namun rasa nyeri, kram, dan perdarahan tidak kunjung reda. Maka pilihan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Rasa nyeri yang tidak kunjung mereda, bisa diatasi dengan mengkonsumsi golongan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Paracetamol, Ibuprofen, atau Naproxen.


Jika Anda mengalami nyeri haid yang disebabkan oleh kondisi medis tertentu, langkah yang bisa dilakukan yaitu mengobati kondisi tersebut terlebih dahulu. Konsultasikan dengan dokter penanganan apa yang cocok dengan kondisi yang Anda alami.

www.everydayhealth.com/womens-health-pictures/foods-that-help-fight-pms.aspx
www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-cramp-remedies#otc-medications

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan