Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

2 WNI Positif Corona, Jaga Imun Tubuh untuk Cegah Penyebaran Virus!

Presiden Jokowi mengkonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus corona. Menurut informasi, dua orang ini dilaporkan telah berinteraksi dengan Warga Negara Jepang (terinfeksi Covid-19) yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

Berkaitan dengan masih mewabahnya virus corona baik di Indonesia maupun berbagai belahan dunia lainya, Mentri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam beberapa kesempatan menyampaikan pentingnya menjaga sistem imun sebagai langkah pencegahan virus corona.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Immune Deficiency Foundation, dijelaskan bahwa Covid-19 virus yang menyerang sistem pernapasan dan dengan mudah ditularkan melalui kontak perorangan. Orang dengan sistem imunitas rendah berisiko tinggi terinfeksi virus corona.

Baca juga: Apa itu Coronavirus? Penyebab Wabah Penyakit di China

Terlebih, disebutkan juga jika penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus corona tidak bisa diandalkan sepenuhnya sebagai proteksi diri. Itulah mengapa, menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah solusi yang paling baik dan mudah untuk diterapkan. Lantas, bagaimana cara meningkatkan imun tubuh. Simak pembahasannya disini!

Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh

1. Hindari menjadi perokok pasif

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), perokok pasif tetap berpotensi mengalami gangguan kesehatan. Sekalipun, orang-orang tersebut tidak merokok. Paparan asap rokok dapat mengakibatkan peradangan di saluran pernapasan baik atas maupun bawah serta merusak kemampuan sistem imun untuk memproduksi antibodi sebagai respons paparan bakteri. Sehingga memungkinkan terjadi penerunan mekanisme pembersihan bakteri dari paru-paru dan peningkatan gejala asma. Orang pun jadi rentan terkena infeksi. 

2. Mengonsumsi vitamin C

Sistem pertahanan tubuh dapat membantu tubuh melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus sekaligus mempercepat proses pemulihan setelah infeksi.

Namun, perlu diketahui bahwa sistem imun tubuh manusia berbeda-beda tiap orang karena beberapa faktor seperti usia, pola makan, dan gaya hidup. Konsumsi vitamin C.

3. Olahraga yang teratur

Olahraga dapat membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh serta membantu membuat tulang sehat dan kuat.  Olahraga juga dapat menyebabkan perubahan pada antibodi dan sel darah putih (WBC). WBC itu sendiri adalah sel sistem kekebalan tubuh yang berperan melawan penyakit.

Selain itu, kenaikan singkat suhu tubuh saat olahraga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Naiknya suhu tubuh dapat membantu melawan infeksi dengan lebih baik.

4. Tidur yang cukup

Tidak cukup dengan berolahraga, membiarkan tubuh beristirahat dengan maksimal juga penting. Tidur cukup diperlukan agar daya tahan tubuh menguat. Menurut studi yang ditulis pada Journal Exeripental Medicine, menemukan bahwa tidur malam yang nyenyak bisa meningkatkan efektivitas sel darah putih yang berguna untuk melawan virus.

5. Diet

Selain mengkonsumsi Vit.C, pola makan yang baik juga diperlukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Para ahli kesehatan telah lama mengakui bahwa orang yang hidup dalam kekurangan nutrisi atau kurang gizi lebih rentan terhadap penyakit menular. Konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi seperti produk susu dan kacang-kacangan atau sayuran hijau.

Mengapa asupan protein diperlukan? Alasanya karena jika asupan protein kurang, hal ini dapat merusak kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi.

Baca juga: 15 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda!

6. Rajin mencuci tangan

Anjuran untuk hidup bersih dan sehat (PHBS) menggema sejak virus corona merebak. Salah satunya, dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Tangan merupakan alat transportasi yang disenangi oleh bakteri dan virus. Tanpa disadari, sering kali kita memegang wajah, hidung, mulut, dan mata. Padahal tangan belum tentu bersih.

CDC, merekomendasikan untuk mencuci tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri sekaligus menjaga sistem imun.

7. Mengonsumsi suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat seperti makan-makanan bergizi seimbang, rutin melakukan olahraga, dan tidur yang cukup. Memberi asupan suplemen dapat menjadi alternatif lain untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kita agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat menyerang sistem imun.

Baca juga: Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Suplemen merupakan produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih nutrien (senyawa kimia yang diperlukan untuk metabolisme tubuh) yang berfungsi memastikan tubuh telah terpenuhi kebutuhan nutrien yang penting sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik.

health.harvard.edu
ncbi.nlm.nih.gov

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19