Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Cara Stimulasi Penglihatan Anak dan Tahap Perkembangannya

cara stimulasi penglihatan anak farmaku

Orang tua harus tahu cara stimulasi penglihatan anak karena indra penglihatan adalah salah satu yang paling berkembang. Kemampuan untuk memfokuskan penglihatan dan menggerakkan mereka secara akurat adalah hal yang harus dipelajari. Lalu, bagaimana cara menstimulasinya?

Perlu diketahui bahwa sejak lahir, retina bayi belum berkembang sepenuhnya. Retina adalah lapisan belakang mata yang mendeteksi cahaya. Retina bayi yang baru lahir hanya dapat mendeteksi kontras yang besar antara terang dan gelap, atau hitam dan putih. Jadi, bayi yang baru lahir mungkin hanya melihat suatu bayangan.

Tahap Penglihatan Bayi

Penting untuk mengetahui tahap perkembangan penglihatan si kecil agar bisa memberikan stimulasi yang tepat sesuai tahapan. Berikut adalah tahap penglihatan pada bayi yang harus Anda pahami:

  • 0-4 Bulan

Saat bayi lahir hingga usianya sekitar tiga bulan, bayi tidak dapat fokus pada objek yang jaraknya lebih dari 20 – 30 cm wajah mereka. Sekitar tiga bulan, jangkauan penglihatan mereka mulai meningkat tetapi mereka belum mengembangkan kemampuan untuk memindahkan fokus visual mereka dari satu objek ke objek lainnya.

  • 5-8 Bulan

Pada usia ini bayi mulai mengembangkan persepsi penglihatan warna yang lebih sensitif dan dapat menyelesaikan tugas seperti memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya. Pada tahap ini, bayi mulai bisa membedakan antara wajah yang asing dan yang dikenali. Mereka juga mengembangkan kemampuan untuk berkonsentrasi pada benda-benda seperti mainan dan bahkan jari tangan atau kaki mereka sendiri.

  • 9-12 Bulan

Pada tahap ini umumnya bayi menggunakan mata dan tangan mereka secara bersamaan dan menyinkronkan gerakan ini. Bayi juga akan mengembangkan kontrol motorik tangan dan jari yang lebih baik dan akan mampu mengambil objek dengan mengkoordinasikan otot motorik halus dan mata mereka.

Cara Stimulasi Penglihatan Anak

Setelah mengetahui tahapan perkembangan penglihatan bayi, langkah berikutnya adalah menemukan stimulasi yang tepat untuk bayi Anda. untuk membantu mom’s di rumah, berikut farmaku telah merangkum beberapa cara yang bisa mom’s lakukan untuk menstimulasi penglihatan anak Anda.

1. Stimulasi dengan Objek yang Dekat

Pada beberapa bulan awal perkembangan, anak tidak dapat fokus melihat benda yang jauh. Ini mungkin cukup jauh baginya untuk melihat dengan jelas wajah orang yang menggendongnya. Jagalah supaya wajah Anda tetap dekat mereka.

Pada usia satu bulan, bayi Anda dapat melihat warna tetapi dia tidak dapat membedakan antara warna yang berbeda, misalnya merah dan oranye. Rangsang matanya dengan mainan hitam dan putih kontras tinggi. Kartu stimulasi bayi dapat mendorong perkembangan penglihatannya. Anda dapat memasang kartu-kartu ini di seluruh rumah Anda di mana anak Anda dapat melihatnya.

2. Gunakan Mainan

Cobalah untuk merangsang penglihatan bayi dengan menggunakan mainan. Pegang mainan dan rangsangan lain dalam jarak 20-30 cm wajah bayi Anda sehingga mereka dapat fokus padanya. Setelah mereka melihat mainan, coba gerakkan mainan tersebut ke kanan atau kiri secara perlahan.

Perhatikan apakah mereka mengikuti objek dengan matanya. Jika bayi Anda kehilangan benda tersebut, coba goyangkan untuk menarik perhatiannya lagi. Anda bisa menggunakan mainan kesukaan si kecil seperti boneka, mobil-mobilan hingga balok mainan untuk melatih fokus penglihatan bayi.

3. Membuat Kontak Mata

Tahukah Anda bahwa bayi akan senang berinteraksi dengan Anda. cobalah untuk sering melakukan kontak mata saat mengobrol atau bernyanyi untuknya. Anda bahkan mungkin mendapati mereka sedang mencoba meniru ekspresi wajah Anda.

4. Gunakan Benda dengan Warna Primer

Seiring perkembanganya, mata bayi Anda akan dapat memisahkan warna yang berbeda. Jika sebelumnya bayi tidak bisa membedakan warna, pada tahap selanjutnya mereka mungkin lebih tertarik pada warna-warna primer. Jadi cobalah menggunakan mainan dan benda berwarna merah, kuning, dan biru untuk menarik perhatiannya.

5. Petak Umpet dengan Mainan

Saat usia bayi sudah menginjak 5 bulan lebih, penglihatan mereka akan semakin berkembang. Anda bisa coba menyembunyikan sebuah objek, dan membiarkannya sedikit terlihat, ada kemungkinan anak Anda bisa menemukannya.

6. Stimulasi dengan Makanan Pertama

Momen memberikan makanan pertama atau makanan pendamping ASI ternyata bisa jadi salah satu cara yang bagus untuk menstimulasi penglihatan mereka lho! mom’s. Ini juga bisa membantu mengembangkan koordinasi tangan dan mata mereka.

Saat Anda pertama kali mengenalkan bayi pada makanan padat, mereka mungkin lebih tertarik untuk bermain-main dengan makanannya daripada memakannya. Anda bisa memberikan sayur rebus atau buah-buahan berwarna cerah untuk menstimulasi penglihatan si kecil. Saat si kecil mulai makan mom’s juga bisa memasukkan menu makanan sehat yang mengandung nutrisi untuk mata bayi.

Baca Juga : 12 Sumber Nutrisi untuk Mata yang Direkomendasikan

7. Melihat Buku Gambar

Membaca buku bersama anak Anda adalah cara yang bagus untuk menguji penglihatan mereka. Sambil bercerita kepada mereka, cobalah memberi banyak waktu untuk menjelajahi buku. Mereka akan dihadapkan pada warna, bentuk, dan gambar yang baru dan berbeda serta melatih koordinasi tangan-mata mereka dengan membalik halaman.

8. Ajak Menjelajah

Saat Anda bepergian ke luar rumah dengan bayi Anda, coba tunjukkan beberapa objek sambil memberi tahu namanya. Anda bisa membawa mereka pergi ke taman atau pantai sambil menunjukkan benda- benda seperti pohon, batu, mobil, kucing dan benda lainnya. Hal ini tidak hanya membantu penglihatan mereka, tetapi juga perkembangan bahasa dan kognitif.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan dirumah untuk membantu stimulasi penglihatan si kecil. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata pertama bayi. Bawalah si  kecil ke dokter optometry untuk pemeriksaan mata menyeluruh pertamanya, pada usia sekitar 6 bulan. Dokter Anda akan melakukan banyak tes, termasuk rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme serta kemampuan pergerakan mata dan kesejajaran mata.

Masalah kesehatan mata anak mungkin jarang terjadi, namun deteksi dan pengobatan dini bisa menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan. Saat anak mulai makan, Anda juga bisa memasukkan makanan yang memiliki nutrisi khusus untuk mata.

Hal ini bertujuan untuk membantu dalam menjaga kesehatan mata si kecil sejak dini. Misalnya penuhi nutrisi anak dengan makanan yang mengandung vitamin A, zinc, vitamin E, serta lemak omega 3 yang baik untuk mata.

Visual Stimulation for Newborns. Diakses pada November 2020. https://www.askdrsears.com/topics/parenting/child-rearing-and-development/bright-starts-babys-development-through-interactive-play/playtime-articles/visual-stimulation-newborns

Stimulating your baby's senses: sight (photos). Diakses pada November 2020. https://www.babycentre.co.uk/l25012707/stimulating-your-babys-senses-sight-photos

The Advantages of Black & White in Developing Newborns' Vision. Diakses pada November 2020. https://www.tinylove.com/en/articles/newborn-development

How to Help Develop Your Baby's Eyesight. Diakses pada November 2020. https://www.wikihow.com/Help-Develop-Your-Baby%27s-Eyesight

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak