Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus covid-19. Berdasarkan konferensi pers yang dilakukan di Istana Bogor, Minggu (15/3), Jokowi menghimbau agar masyarakat Indonesia mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal tersebut dilakukan dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Dengan adanya imbauan tersebut, sekolah hingga perguruan tinggi mulai menghentikan kegiatan belajar-mengajar di sekolah atau universitas. Kemudian, menggantinya dengan kelas online. Sementara beberapa kantor, turut menerapkan sistem “work from home” bagi karyawannya.

Baca Juga: Potensi Penyebaran Virus Corona di Ruang Publik dan Pencegahannya

Jika Anda atau keluarga Anda termasuk yang mendapatkan kesempatan untuk belajar secara online atau work from home, hal tersebut tentu sangat baik untuk keselamatan Anda dan keluarga. Namun, Anda tetap perlu waspada meski berada di rumah.

Untuk meningkatkan keselamatan Anda dan keluarga selama di rumah. Berikut tips yang dapat Anda dan keluarga lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona:

1. Rutin cuci tangan

cuci tangan yang benar

Mencuci tangan merupakan salah satu cara mencegah virus corona . Hal ini tersebut dilakukan karena tangan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan rutin mencuci tangan dengan benar, itu artinya Anda membantu mengurangi risiko penyebaran virus atau bakteri yang dapat tertular melalui tangan.

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Cara cuci tangan yang benar

Perlu Anda ingat, bahwa virus corona dapat menyebar melalui cairan dan dapat bertahan pada permukaan benda, hingga satu minggu. Oleh sebab itu, mencuci tangan adalah cara cegah corona yang cukup efektif. Sebaiknya, lakukan cuci tangan ketika Anda selesai melakukan kegiatan berikut:

  • Setelah membuang sampah
  • Setelah batuk atau bersin
  • Setelah menyentuh hewan peliharan
  • Setelah keluar dari kamar mandi
  • Sebelum dan sesudah makan atau masak
  • Setelah pergi atau keluar rumah

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Anda juga perlu menghindari kebiasaan menyentuh mata, mulut, atau hidung saat tangan dalam keadaan kotor. Sehingga, pastikan ketika Anda mencuci tangan, lakukan cuci tangan secara benar, yaitu dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun selama 20 detik.

Baca juga: 9 Langkah Cuci Tangan yang Benar Menurut Standar WHO

Ketika Anda telah menjadikan cuci tangan menjadi bagian dari rutinitas, pastikan juga anak atau keluarga di rumah juga ikut melakukan kebiasaan ini. Jika Anda memiliki balita, Anda bisa mulai mengajarkan kebiasaan ini dan memberikan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya mencuci tangan. Dengan begitu, Anda dapat membantu si kecil tetap aman dan terhindar dari bahaya virus atau kuman.

2. Jaga kebersihan di lingkungan rumah

membersihkan rumah untuk cegah corona

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan para ahli, virus corona dapat menyebar melalui droplet pernapasan. Droplet pernapasan adalah percikan air liur yang melayang di udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Droplet tersebut, dapat mengenai orang di sekitar orang yang terinfeksi virus corona atau jatuh ke permukaan benda-benda di sekitarnya.

Jika benda-benda tersebut, secara sengaja atau tidak kita sentuh. Lalu, kita menyentuh area wajah seperti mata, mulut, atau hidung. Hal ini dapat memudahkan penyebaran virus corona masuk ke dalam tubuh kita.

Selain rutin mencuci tangan dengan benar, Anda juga perlu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Langkah ini bisa dilakukan mulai dari lingkungan rumah Anda. Pastikan setiap tempat di rumah Anda selalu dibersihkan secara rutin.

Kemudian, bersihkan barang atau benda-benda yang sering disentuh dan digunakan, seperti meja, pegangan pintu, laptop, ponsel, kasur, dan lainnya. Terakhir, jangan sering menumpuk sampah di sekitar Anda. Jika ada tisu kotor, segeralah buang dan jangan biarkan tisu tersebut berada di dekat Anda.

3. Jaga daya tahan tubuh

tingkatkan imun untuk cegah corona

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dapat membantu mencegah penyebaran virus corona, karena jika Anda memiliki imun yang rendah. Maka, virus atau penyakit dapat dengan mudah menyerang tubuh atau keluarga Anda. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda atau keluarga di rumah, sebaiknya mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat dan menambah asupan suplemen.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Jika Anda rutin mengonsumsi suplemen, artinya Anda telah membantu memastikan tubuh terpenuhi kebutuhan akan nutrien penting, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa suplemen yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda di antaranya, yaitu:

  • Imboost
  • Nature’s Health Echinacea
  • Stimuno Forte
  • Nutrimax C Plus
  • Blackmores Bio C
  • Redoxon Effervescent Zinc
  • Wellness Hawaiian Noni Extract

4. Sedia obat-obatan, produk disinfektan, dan masker

masker dan disinfektan untuk cegah corona

Seperti dilansir dari NPR, Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Kesehatan Global, Rebecca Katz merekomendasikan obat-obatan yang bisa dibeli secara bebas dan perlu ada di rumah seperti obat penurun demam (ibuprofen atau acetaminophen).

Selain itu, seorang profesor epidemiologi di Columbia University Medical Center, Stephen Morse juga menyarankan untuk menyediakan produk pembersih atau produk disinfektan. Disinfektan merupakan bahan kimia (seperti lisol, kreolin) yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Contoh produk disinfektan di antaranya, yaitu tisu basah yang mengandung alkohol, hand sanitizer, sabun cuci tangan, serta bahan pembunuh kuman lainnya.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Siapakah yang Seharusnya Pakai Masker?

Jika Anda atau keluarga di rumah ada yang sakit, sediakan masker untuk mereka gunakan. Hal ini dilakukan agar virus tersebut tidak menyerang Anda atau keluarga Anda yang sehat. Menurut para ahli, penggunaan masker merupakan ide yang bagus untuk mereka yang sakit.

Berdasarkan penelitian lain, penggunaan masker juga ide yang bagus saat Anda tinggal dengan seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang terganggu atau sudah lanjut usia. Perlu diketahui, orang dengan usia 60-an ke atas adalah orang yang paling rentan terhadap virus corona. Untuk itu, jika Anda sedang berada di dekat mereka atau anggota keluarga yang sakit, menggunakan masker merupakan pilihan yang tepat.

5. Terapkan pola hidup sehat

pola hidup sehat untuk cegah corona

Menjaga pola makan atau mengonsumsi suplemen saja tidak cukup, jika hal tersebut tidak diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan membiasakan diri menerapkan pola hidup yang sehat, hal tersebut dapat membantu Anda agar tidak mudah saki dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Lalu, apa saja kebiasaan hidup sehat yang bisa dilakukan di rumah?

Berikut kebiasaan untuk menjalani pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan: 

  • Sering minum air putih
  • Melakukan olahraga secara rutin
  • Berhenti merokok
  • Berhenti minum alkohol
  • Berjemur di pagi hari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari kebiasaan begadang hingga larut malam

Itulah lima cara yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di rumah. Meksi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa virus corona Covid-19 sebagai pandemi. Anda harus tetap tenang dan waspada di saat situasi ini.

Selain itu, mulailah lakukan cara-cara tersebut dengan penuh kesadaran, yang dimulai dari diri sendiri. Terakhir, jangan lupa selalu jaga kesehatan Anda dan orang terdekat Anda.

healthline.com
npr.org

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19