Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Daftar Tempat Wisata Yang Buka di Era New Normal

Setelah menjalani masa pembatasan sosial selama kurang lebih 3 bulan lamanya, banyak masyarakat terutama dengan hobi traveling yang mulai rindu untuk melakukan wisata. Dengan berlangsungnya transisi masa pembatasan sosial menuju masa new normal, beberapa tempat wisata new normal jakarta kini telah kembali dibuka untuk menerima pengunjung. Anda beserta keluarga kini dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang telah siap menerima pengunjung kembali di masa transisi new normal ini.


Beberapa tempat wisata yang bisa Anda temui di Jakarta ini telah dengan dilengkapi dengan penerapan berbagai protokol kesehatan untuk menekan tingkat penyebaran virus Covid-19. Sehingga apabila Anda merencanakan untuk berwisata di masa new normal ini, pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh tempat wisata tersebut. Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata yang buka di era new normal.

Tempat wisata apa saja yang buka saat new normal?


TMIII ( Taman Mini Indonesia Indah)


Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata outdoor yang dibuka saat new normal. Tempat wisata keluarga ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi di masa new normal. Selama masa new normal ini, TMII menerapkan beberapa kebijakan yang harus dipatuhi oleh para pengunjungnya.


Beberapa peraturan yang diterapkan diantaranya adalah seperti kebijakan mengenai kondisi pengunjung. Misalnya pengunjung yang diperbolehkan masuk ke kawasan wisata TMII adalah yang berusia di atas 5 tahun. Kemudian lansia yang berusia di atas 60 tahun serta ibu hamil tidak diperbolehkan untuk memasuki kawasan TMII. Selain itu, TMII juga belum menerima kunjungan rombongan siswa sekolah. Suhu tubuh pengunjung juga tidak boleh lebih dari 37,3 derajat celcius.


Selama masa new normal jam buka TMII untuk kunjungan dibatasi hanya pada jam 08.00-16.00 WIB. Wahana yang dibuka pada tahap pertama di TMII juga dibatasi. Beberapa wahana yang bisa Anda kunjungi selama masa new normal diantaranya hanyalah anjungan daerah, taman-taman, dan museum.

Taman Margasatwa Ragunan


Salah satu tempat wisata yang murah dan bisa dijadikan sebagai destinasi keluarga di Jakarta ini ternyata telah kembali dibuka sejak 20 Juni 2020. Informasi ini sesuai yang tertera pada website resmi taman margasatwa ragunan jakarta. Jika Anda ingin mengunjungi ragunan, Anda bisa mendaftarkan diri H-1 sebelum kunjungan Anda terlebih dahulu pada website pemesanan tiket resmi ragunan di bit.ly/PesantiketTMR. Hal ini dikarenakan adanya kebijakan pembatasan pengunjung 1000 orang per hari nya.


Bagi Anda yang telah mendaftarkan diri pada link pendaftaran, Anda bisa datang keesokan harinya dengan menunjukkan kode verifikasi melalui ponsel Anda atau dengan menunjukkan ktp Anda. Apabila Anda belum bisa terdaftar karena pembatasan kuota pengunjung, Anda bisa mencoba lagi di hari berikutnya.


Taman Impian Jaya Ancol


Kabar bahagia bagi Anda yang tinggal di jakarta dan rindu dengan suasana pantai, karena Ancol adalah salah satu wisata yang dapat Anda kunjungi di masa new normal. Namun, selama masa PSBB transisi ini ancol hanya menerima pengunjung yang berdomisili KTP DKI Jakarta. Selain itu anak dibawah umur 9 tahun dan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk masuk ke kawasan ancol. Sementara untuk orang dengan usia 60 tahun ke atas hanya diperbolehkan untuk mengunjungi kawasan pantai, ecopark dan pasar seni di jam 06.00 – 10.00.


Selama masa new normal ini pembelian tiket untuk masuk ke kawasan Ancol hanya dapat dilakukan melalui web resmi ancol dan tidak melayani pembelian di loket secara tunai di lokasi ancol. Jika Anda ingin berkunjung ke Ancol, Anda harus memilih tanggal kunjungan sesuai dengan tanggal yang sudah disediakan untuk kunjungan. Jadi apabila Anda ingin berkunjung ke Ancol, Anda harus memesan tiket secara online untuk memilih hari dan tanggal kunjungan Anda. Pengunjung dengan suhu tubuh diatas 37° juga tidak diizinkan untuk masuk ke wilayah ancol, jadi pastikan Anda dalam kondisi sehat saat ingin berkunjung ke tempat wisata ini.


Monumen Nasional (Monas)


Berdasarkan informasi dari website resmi Monumen Nasional, tempat wisata ini telah dibuka kembali untuk melayani kunjungan selama masa new normal. Salah satu museum yang sering dikunjungi untuk berolahraga lari serta berfoto-foto ria ini telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru untuk melayani kunjungan. Penyemprotan desinfektan di area monumen nasional ini juga rutin dilakukan untuk menjaga kawasan dari risiko penularan virus Covid-19.


Monas buka new normal ini dibatasi dari pukul 9 pagi sampai jam 3 sore saja. Syarat masuk monas new normal harus mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku. Bagi Anda yang rindu dengan kawasan monumen nasional, Anda bisa mengunjungi tempat ini pada jam-jam tersebut. 


Baca juga : Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal

Kawasan Wisata Pulau Seribu

Kawasan wisata pulau seribu akan kembali dibuka selama masa transisi new normal. Namun apabila ingin melakukan snorkeling dan diving selama Anda berwisata ke kawasan pulau seribu, Anda diharapkan untuk membawa peralatan Anda sendiri. karena selama masa new normal ini tidak ada penyewaan untuk alat-alat snorkeling dan juga diving.

Protokol kesehatan di tempat wisata saat new normal

 


Beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta diatas mungkin bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan tempat wisata yang akan Anda kunjungi di masa new normal ini. karena Anda dan keluarga pasti rindu akan suasana berlibur setelah berbulan-bulan hanya berada dirumah saja. Namun, jika Anda ingin memutuskan untuk melakukan wisata baik sendiri maupun dengan keluarga pastikan Anda menerapkan protokol-protokol kesehatan seperti :

  • Selalu menggunakan masker
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun cuci tangan atau membawa hand santizer
  • Menjaga jarak dengan pengunjung lain
  • Gunakan metode pembayaran non-tunai
  • Usahakan untuk membawa makanan dan peralatan makan sendiri

Baca juga : Sering Salah, Ketahui Cara Menggunakan Masker yang Benar


Hal- hal diatas merupakan langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19 selama Anda melakukan wisata. Pastikan pulsa Anda dan keluarga dalam keadaan benar-benar sehat saat hendak keluar rumah. Usahakan untuk tidak memaksakan diri apabila Anda atau salah satu anggota keluarga Anda dalam keadaan kurang sehat.

Museum Nasional Indonesia. Diakses pada Juli 2020. https://www.museumnasional.or.id/
Taman Impian Jaya Ancol. Diakses pada Juli 2020. https://www.ancol.com/id
Taman Mini Indonesia Indah. Diakses pada Juli 2020. http://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/
Kebun Binatang Ragunan. Diakses pada Juli 2020. https://ragunanzoo.jakarta.go.id/info-pengunjung/tiket/
Travel Kompas. Diakses pada Juli 2020. Catat Aturan Diving di Kepulaun Seribu Selama New Normal. https://travel.kompas.com/read/2020/06/22/102000327/catat-aturan-diving-di-kepulauan-seribu-selama-new-normal?page=all

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19