Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Fakta Seputar Diet Yang Perlu Anda Ketahui

cemilan sehat untuk diet

Diet sering kali dikaitakan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Meski umumnya kata diet mengacu pada makanan yang Anda konsumsi setiap hari, namun sebetulnya diet memiliki artian yang lebih luas lho! Maka dari itu, simak fakta-fakta menarik seputar diet yang wajib Anda ketahui FarmaFriends.

Baca Juga : Awas! Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Berat Badan Cepat Naik


Apa itu diet?

apa itu diet
512


Kata diet awalnya berasal dari bahasa yunani yaitu “diata”. Makna diet sendiri diartikan sebagai gaya hidup atau cara seseorang menjalani hidup. Diet menggambarkan semua bagian dari gaya hidup seseorang dan hubunganya terhadap dampak bagi kesehatan dan kesejahteraannya. Fokusnya tidak hanya pada apa yang Anda makan, tetapi juga pada tidur, olahraga, waktu untuk refleksi yang tenang, kesadaran akan hidup, lingkungan, pekerjaan dan hubungan kita dengan orang lain. Di atas menyajikan pandangan hidup, kesehatan dan kebahagiaan holistik. Jadi dapat disimpulkan bahwa diet tidak sebatas pada “apa yang Anda makan”, tetapi pada setiap aspek yang berhubungan pada kesehatan Anda.

Fakta seputar diet

macam-macam diet


Kini, banyak orang yang mulai menyadari tentang manfaat diet bagi kesehatan. Tingginya minat masyarakat untuk menjalani diet, menyebabkan banyak informasi seputar diet yang bermunculan di media. Hal ini tidak jarang membuat Anda kesulitan untuk membedakan mana informasi yang hanya sebatas mitos dan mana informasi yang berupa fakta. Berikut farmaku akan memberikan daftar fakta seputar diet yang perlu Anda ketahui sebelum Anda melakukan diet.


1. Sarapan dapat membantu menurunkan berat badan


Hal ini sangat benar adanya, sebab sarapan yang sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena saat Anda mengkonsumsi sarapan sehat di pagi hari, Anda dapat terhindar dari rasa lapar berlebih di siang hari. Sarapan juga dapat mencegah Anda memiliki keinginan untuk makan berbagai cemilan manis yang tinggi kalori.

2. Makanlah saat Anda merasa lapar


Beberapa orang masih berpikir bahwa makan dalam porsi sedikit namun sering lebih baik daripada makan tiga kali sehari. Bahkan, ada diet yang menyarankan Anda untuk makan setiap 2 sampai 3 jam sekali dengan porsi kecil setiap hari. Nyatanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ukuran dan frekuensi makan tidak berpengaruh terhadap pembakaran lemak dalam tubuh Anda.



3. Tidak semua pil diet itu efektif untuk Anda


Saat ini suplemen atau pil penurun berat badan dapat Anda temukan dengan mudah di pasaran. Berbagai suplemen mengklaim dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap tubuh Anda. Namun nyatanya tidak semua pil diet dapat bekerja di tubuh Anda. Bahkan beberapa pil diet diketahui berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Walaupun ada beberapa pil diet yang juga aman dikonsumsi dan tidak berbahaya. Cara terbaik untuk menurunkan berat badan Anda adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan mempertahankannya.

4. Tidak semua ‘salad’ baik untuk diet Anda


Mungkin kebanyakan dari Anda akan memilih menu salad sebagai makanan yang akan Anda makan saat berada di luar rumah. Anda mungkin berpikir bahwa semua jenis salad memiliki kalori yang rendah dan tidak memiliki kandungan lemak.


Namun tahukah Anda bahwa salad yang disajikan bersama berbagai topping tertentu justru menambah asupan kalori Anda. Topping salad seperti mayonaise, saus thousand island, dan dressing yang berminyak justru buruk bagi diet Anda. Jenis salad seperti itu lebih mungkin tinggi kandungan lemak dan garam. Sehingga penting bagi Anda memastikan apa yang ada pada salad Anda untuk mencegah asupan kalori dan lemak berlebih.



5. Susu rendah lemak


Produk-produk susu dan produk yang mengandung susu seperti keju dan yoghurt memiliki berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Selain dapat menjadi sumber protein bagi tubuh, susu juga mengandung banyak vitamin, mineral dan juga kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang serta membangun tulang yang kuat dan sehat. Susu juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis dan pengeroposan tulang.



Baca Juga : Penyakit Malnutrisi



6. Dalam diet, tidak ada jenis olahraga atau latihan terbaik


Dalam menjalankan program diet, olahraga adalah salah satu hal yang bisa dikatakan selalu menyertainya. Beberapa jenis olahraga dan latihan mungkin mengklaim sebagai latihan terbaik bagi diet Anda. Kenyataanya adalah Anda dapat selalu membakar lemak, tidak peduli pada jenis olahraga yang Anda lakukan. Saat Anda meningkatkan intensitas dan durasi olahraga, pembakaran lemak pada tubuh Anda lebih mungkin akan meningkat

Baca Juga : Workout Untuk Pemula Yang Bisa Turunkan Berat Badan


Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bentuk tubuh ideal Anda dapat memadukan diet sehat dan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda. Anda perlu berhati-hati dalam mengikuti diet iseng atau yang tidak realistis. Hal terbaik adalah menyesuaikan kondisi kesehatan Anda dan tidak melakukan diet yang berbahaya. (DH)



Eating for you. Diakses pada september 2020. What is Your Definition of Diet. https://eatingforyou.com.au/what-is-your-definition-of-diet/
Weight loss resources. Diakses pada september 2020. Diet Tips. https://www.weightlossresources.co.uk/diet/diet_tips/myths_facts.htm
Healthline. Diakses pada September 2020. 20 Nutrition Facts That Should Be Common Sense (But Aren't). https://www.healthline.com/nutrition/20-nutrition-facts-that-should-be-common-
Medline plus. Diakses pada september 2020. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000895.htm

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan