Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Flu dan Batuk Saat Berpuasa, Ikuti 7 Tips ini!

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib dijalani umat islam selama 30 hari penuh di bulan Ramadhan. Namun, selain di bulan Ramadhan, puasa sebetulnya sangat baik dijadikan gaya hidup sehari- hari lho. karena dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Dampak Positif Puasa untuk Daya Tahan Daya Tubuh

Meski memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tetapi nampaknya tidak sedikit orang yang mengalami berbagai keluhan ketika menjalani puasa. Salah satunya adalah mengalami flu dan batuk.

Saat dalam kondisi tidak berpuasa saja flu dan batuk dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, terlebih jika sedang berpuasa. Mengapa begitu? Saat berpuasa mulut dan tenggorokan cenderung lebih kering dari biasanya. Hal ini diakibatkan kurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh karena waktu makan dan minum yang berubah dari biasanya.

Apakah puasa dapat memperburuk kondisi tubuh ketika sedang sakit?

Penyakit yang umum terjadi pada banyak orang seperti flu dan batuk disebabkan oleh virus. Virus ini yang dapat melemahkan imunitas tubuh Anda sehingga meningkatkan peluang virus untuk berkembang di tubuh Anda.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa berpuasa justru dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Eits, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar ya FarmaFriends.

Saat berpuasa, mungkin sistem kekebalan tubuh akan mengalami penurunan sehingga tubuh akan terasa lemas, lesu, dan tidak bersemangat. Meski begitu, penurunan yang dialami tidak secara signifikan mempengaruhi kesehatan Anda.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kurangnya nafsu makan selama berpuasa justru menjadi adaptasi alami tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu, puasa yang dilakukan secara berkelanjutan seperti halnya di bulan Ramadhan mampu mengganti sel darah putih yang lama. Hal ini jelas memicu regenerasi sel induk untuk membuat sel sistem kekebalan tubuh yang baru.

Jadi, Anda tidak perlu cemas jika Anda puasa maka sakit akan bertambah buruk, justru puasa dapat membantu Anda cepat sembuh.

Baca juga: 5 Tips Menjalankan Puasa Ramadhan selama COVID-19 Menurut WHO

Menjalankan puasa saat flu dan batuk

Jika berpuasa membantu penyembuhan sakit, lalu bagaimana ya cara menjalankan puasa saat flu dan batuk di tengah pandemi seperti ini?

Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa Anda perhatikan ketika menjalani puasa dengan kondisi tubuh yang tidak fit.

1. Minum air yang cukup saat sahur dan berbuka

Konsumsi air yang cukup dapat membantu menjaga hidrasi tubuh Anda, sehingga terhindar dari dehidrasi. Aturan minum air putih saat puasa dikenal dengan pola 2-4-2, yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.  

2. Perhatikan menu makanan saat berbuka dan sahur

Konsumsilah makanan yang dapat membantu memulihkan kondisi tubuh Anda dari flu dan batuk. Misalnya sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti buah dan sayur. Saat terserang flu dan batuk tubuh memerlukan asupan vitamin C seperti yang terkandung dalam buah jeruk, pepaya, atau mangga untuk dapat menjadi booster imun tubuh. Asupan tinggi protein dan kalori yang dibutuhkan untuk membantu melawan infeksi.

Marjorie Cohn, MS, RDN juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics yang juga anggota dari Prevention Medical Review Board merekomendasikan beberapa makananan yang cukup baik untuk dikonsumsi ketika tubuh sakit, antara lain:

  • Oatmeal
  • Madu
  • Jahe
  • Sereal
  • Fruit Smoothies
  • Kacang-kacangan
  • Sup ayam
  • Baked & Mashed potato

Sebaiknya hindari makanan dengan kadar minyak tinggi (gorengan) yang dapat memicu timbulnya masalah kesehatan lain seperti radang tenggorokan. Terlalu sering mengkonsumsi gorengan justru akan merangsang pertumbuhan bakteri dan virus lebih cepat.


3. Mengkonsumsi obat saat berbuka dan sahur

Meski penyembuhan flu dan batuk dapat dilakukan secara alami, namun untuk mempercepat penyembuhan tetap diperlukan pengobatan menggunakan obat medis. Konsumsilah obat flu dan batuk yang telah direkomendasikan dokter di waktu berbuka dan makan sahur. Dengan menggunakan obat, Anda juga bisa mencegah sakit bertambah buruk.

4. Istirahat yang cukup

Jika semua hal sudah dilakukan dengan benar, satu hal yang penting untuk dilakukan adalah memanfaatkan waktu untuk tidur yang cukup untuk mendukung proses penyembuhan yang Anda jalani. Tidur dan istirahat yang cukup tentu dapat membantu tubuh mengumpulkan energi untuk melawan infeksi. Hal ini juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bekerja maksimal pada saat Anda tertidur.

5. Selalu gunakan masker

Pastikan untuk mengenakan masker dalam aktivitas apapun. Hal ini dilakukan untuk mencegah resiko penyebaran virus ke orang lain di sekitar Anda. Terlebih ketika berpuasa sistem imun seseorang cenderung mengalami penurunan (tidak signifikan), sehingga orang lain tetap berisiko tertular flu dan batuk yang Anda alami. (PR)


Live Strong. Diakses pada April 2020. Food to Eat When Coughing. https://www.livestrong.com/article/256498-food-to-eat-when-coughing/
Prevention. Diakses pada April 2020. 15 Best Foods to Eat When You Feel Sick, According to Dietitians. https://www.prevention.com/health/a20439569/what-to-eat-when-sick/
Medicaldaily. Diakses pada April 2020. Fasting Diet Leads To Healthier Aging And Immune System Improvements. http://www.medicaldaily.com/fasting-diet-leads-healthier-aging-and-immune-system-improvements-316246.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan