Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Mengenal Gejala Gigi Sensitif dan Cara Mengatasinya

gigi sensitif

Ada banyak penyebab gigi terasa ngilu, salah satu alasan yang mungkin terjadi adalah gigi sensitif. Jika Anda pernah merasa nyeri saat makan atau minum sesuatu yang dingin atau panas, hal ini bisa menjadi salah satu  tandanya. 

Namun, untuk mengetahui apa saja penyebab dan mengenali gejalanya, sebelum memeriksakan ke dokter, Anda bisa membaca pembahasan lengkap mengenai gejala gigi sensitif dan cara mengatasinya di artikel ini. 

Gejala gigi sensitif

gejala gigi sensitif

Rasa sakit atau ngilu merupakan bentuk respons terhadap pemicu gigi sensitif. Rasa nyeri ini dapat terjadi di akar gigi yang terkena pemicu meliputi:

  • Makanan dan minuman panas
  • Makanan dan minuman dingin
  • Makanan dan minuman manis
  • Makanan dan minuman asam
  • Udara dingin
  • Menyikat atau membersihkan gigi dengan benang
  • obat kumur mengandung alkohol

Apa penyebab gigi sensitif?

cara mengatasi gigi sensitif

Penyebab gigi sensitif terjadi karena seseorang memiliki enamel yang lebih tipis. Enamel adalah lapisan luar yang melindungi gigi. Dalam beberapa kasus, enamel dapat rusak karena faktor berikut:

  • Menggosok gigi terlalu keras 
  • Menggunakan sikat gigi yang terlalu keras
  • Menggertakkan gigi saat malam hari
  • Minum atau makan makanan yang terlalu asam secara teratur
  • Terkadang kondisi seperti Refluks gastroesofageal (GERD) dapat menyebabkan gigi sensitif karena menyebabkan asam yang keluar dari lambung dan kerongkongan, kemudian dapat merusak gigi seiring waktu. 
  • Resesi gusi bisa membuat gigi terbuka sehingga menyebabkan sensitivitas di gigi
  • Kerusakan gigi, gigi terkelupas, gigi patah hingga tambalan atau mahkota yang aus dapat menyebabkan dentin gigi terbuka dan menyebabkan sensitivitas. 

Cara mengatasi gigi sensitif

gambar gigi sensitif

Jika Anda memiliki gigi sensitif, aktivitas tertentu seperti menyikat gigi, makan dan minum, dapat menyebabkan rasa sakit. Gigi sensitif biasanya disebabkan karena email gigi yang aus atau akar gigi yang terbuka. Namun terkadang, rasa tidak nyaman ini bisa terjadi karena faktor lain, seperti gigi berlubang, gigi retak atau terkelupas, tambalan yang aus, atau penyakit gusi. Berikut ini cara untuk mengatasi gigi sensitif yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Setelah beberapa kali pemakaian, pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dapat membantu memblokir rasa sakit atau ngilu. Ada berbagai macam produk pasta gigi yang tersedia tanpa resep. Tanyakan kepada dokter gigi Anda produk mana yang paling cocok untuk Anda.

Selain bertanya pada dokter, Anda juga bisa mencoba menggunakan pasta gigi sensitif terbaik, yang formulanya dikhususkan untuk gigi sensitif seperti Sensodyne.  Sensodyne sendiri merupakan brand pasta gigi sensitif yang telah terbukti dapat meringankan rasa ngilu dan memberikan perlindungan yang tahan lama terhadap sensitivitasnya.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Sejak Dini

Sensodyne untuk gigi sensitif memiliki beberapa varian, di antaranya, yaitu Sensodyne Repair & Protect, pasta gigi yang dapat membentuk lapisan mineral gigi hingga 1.5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin untuk melindungi gigi sensitif. Lalu, Sensodyne Rapid Relief, pasta gigi ini telah terbukti secara klinis mampu meredakan rasa ngilu dalam 60 detik, sehingga Anda tidak perlu khawatirkan akan rasa ngilu saat kembali makan dan minum.

Pasta gigi yang bagus untuk gigi sensitif biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat mengatasi masalah ngilu atau sakit. Bahan-bahan yang umumnya terkandung di pasta gigi misalnya, Calcium Sodium Phosphosilicate (Novamin) dan Fluoride. 

Baca Juga: Obat Nyeri Saat Gigi Berlubang

Kandungan Calcium Sodium Phosphosilicate (Novamin) berfungsi sebagi pembentuk lapisan pelindung dentin sehingga meredakan gejala gigi sensitif. Selain itu, bahan ini juga berperan dalam memberantas bakteri jahat penyebab masalah gigi dan membersihkan plak gigi.

Kemudian, Fluoride berguna untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul saat Anda makan atau minum dan memperkuat enamel. Selain itu, kandungan ini juga bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada gigi Anda. Kedua kandungan tersebut, sudah ada pada pasta gigi Sensodyne sehingga secara efektif dapat membantu meredakan rasa sakit atau ngilu.

2. Hindari minuman dan makanan bersifat asam

Jika Anda memiliki gigi sensitif, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman atau makanan bersifat asam seperti minuman bersoda, pempek (kuah di pempek), hingga air perasan lemon yang dapat menyerang enamel. Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman bersifat asam, sebaiknya hindari atau ganti dengan makanan seperti teh hijau, buah dan sayuran yang kaya serat, hingga susu. 

3. Hindari obat kumur beralkohol

Jika Anda terbiasa berkumur-kumur dengan obat kumur usai menggosok gigi, sebaiknya gunakan obat kumur bebas alkohol. Obat kumur tanpa alkohol dapat mengurangi penyebab gigi sensitif karena tidak terlalu mengiritasi.

4. Gunakan sikat gigi yang lembut

Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride setiap hari. Lakukan usapan lembut, bukan menggosok dengan kuat atau kasar saat menyikat gigi karena bisa menyebabkan enamel gigi hilang lebih cepat. 

Selain itu, hindari pasta gigi yang abrasif dan pilihlah produk seperti Sensodyne karena formula dari Sensodyne dikhususkan untuk mengatasi masalah ngilu atau sakit.

5. Melakukan pengobatan rumahan 

Beberapa alternatif pengobatan rumahan yang bisa membantu Anda menghilangkan rasa sakit di antaranya, yaitu:

  • Kumur-kumur dengan air garam. Garam adalah antiseptik yang efektif dan dapat membantu mengurangi peradangan untuk meredakan gejala nyeri. Berkumurlah dengan air garam dua kali sehari. Untuk menggunakan bilasan air garam Anda bisa menambahkan ½ hingga ¾ sdt garam ke segelas air hangat dan aduk rata. Lalu, kumur-kumur larutan air garam di mulut Anda hingga 30 detik.
  • Menggunakan madu dan air hangat. Madu adalah agen antibakteri dan dapat digunakan untuk mengatasi luka. Selain itu, madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan. Untuk mengurangi rasa sakit, bilas mulut Anda dengan air hangat dan sesendok madu. Bilasan ini akan meningkatkan penyembuhan mulut.
  • Menambahkan kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang dikenal dengan efek anti-inflamasi. Kandungan kunyit telah digunakan dalam perawatan untuk masalah pencernaan dan sebagai agen dalam meningkatkan penyembuhan luka. Untuk kesehatan mulut dan mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengoleskan kunyit tumbuk. Alternatifnya adalah membuat pasta oles dari 1 sdt kunyit, ½ sdt garam, dan ½ sdt minyak mustard. Oleskan pasta ini ke gigi dan gusi dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit.
  • Menambahkan teh hijau. Teh hijau adalah bahan yang dikenal dengan banyak manfaat bagi kesehatan karena bersifat sebagai anti-inflamasi. Untuk masalah mulut dan gigi, teh hijau juga dapat membantu kesehatan mulut. Gunakan teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur dua kali sehari untuk memperkuat gigi dan mengurangi peradangan.

Jika perawatan sederhana yang Anda lakukan di rumahan tidak berhasil mengatasi sakit atau rasa ngilu, sebaiknya Anda segera kunjungi dokter dan konsultasikan keluhan Anda untuk mendapatkan resep dan obat kumur yang tepat. Selain itu, selalu jaga kebersihan gigi dan mulut karena hal ini merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan gigi Anda. (SR)

Healthline. Diakses pada November 2020. Why Are My Teeth So Sensitive? https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth

Healthline. Diakses pada November 2020. Home Remedies for Sensitive Teeth. https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth-home-remedy

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan