Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Menjaga Kesehatan Mental dengan 7 Hobi Ini, Coba Yuk!

kesehatan mental

Di dunia yang semakin modern ini, banyak masyarakat yang mulai peduli dengan pentingnya menjaga kesehatan. Peningkatan kesadaran masyarakat akan kesehatan ini juga tidak terbatas pada kesehatan fisik, melainkan masyarakat juga mulai peduli pada mental yang sehat. Sebab dengan menjaga  mental supaya tetap sehat, tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dari terkena gangguan mental, melainkan dapat membantu Anda menjadi lebih sehat secara menyeluruh.

Kesehatan mental sendiri mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan juga sosial dalam kehidupan seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi cara seseorang dalam berpikir, merasa, dan bertindak. Mental yang sehat  juga memudahkan Anda dalam menentukan bagaimana Anda menangani stres, berhubungan dengan orang lain, hingga membuat pilihan. Sehingga menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak dan remaja hingga Anda dewasa.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Orang Tua dan Anak Saat WFH

Manfaat Menjaga Kesehatan Mental

kesehatan mental

Kesehatan mental yang baik dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi diri Anda secara keseluruhan. Beberapa manfaat yang mungkin Anda dapatkan diantaranya adalah seperti :

  •         Mengurangi kecemasan dalam diri
  •         Menghindari diri dari respons terhadap stres kronis
  •         Memiliki suasana hati (mood) yang baik
  •         Pemikiran yang lebih jernih
  •         Rasa tenang atau kedamaian batin
  •         Peningkatan harga diri
  •         Mengurangi risiko depresi
  •         Perbaikan dalam hubungan
  •         Mempertajam memori

 

Cara Mengelola Mental Agar Tetap Sehat

Salah satu cara untuk menyadari manfaat dari mental yang sehat adalah dengan menyadari perlunya menemukan cara untuk menjaganya. Terdapat berbagai macam cara menjaga kesehatan mental,  misalnya dengan melakukan teknik relaksasi, bermeditasi, berolahraga hingga melakukan terapi. Namun tahukah Anda bahwa ternyata melakoni hobi juga dapat menjadi salah satu cara meningkatkan kesehatan mental. jadi, hobi bukan hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang Anda sukai saja, melainkan memiliki manfaat yang jauh lebih dari itu. Dengan kata lain, melakukan hobi bisa membantu Anda untuk menjadi lebih bahagia.

 

Baca juga : Benarkah Berpelukan Baik Untuk Kesehatan Mental?

 Menyibukkan diri dalam hobi baru,  apapun jenisnya bisa membantu anda meningkatkan kemampuan untuk fokus pada momen saat ini  dan mendorong otak Anda untuk menumbuhkan sel-sel otak baru. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu Anda meningkatkan kreativitas dan fungsi kognitif, dan tentunya menunjang  faktor kesehatan mental.

Berikut farmaku telah merangkum beberapa daftar hobi yang bisa membantu Anda untuk menjaga mental yang sehat.

1. Menulis atau membuat jurnal

 

kesehata mental

Salah satu kegiatan untuk menjaga kesehatan mental yang bisa Anda coba adalah dengan latihan menulis atau membuat jurnal. Kegiatan ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan Anda. Sebab  Anda tidak pernah tahu apa yang akan keluar saat Anda mulai meletakkan pena di atas kertas.

Dilansir dari hobbyhelp.com  dengan membuat jurnal secara teratur,  dapat membantu Anda memperkuat sistem kekebalan dengan cara membantu kita menerima peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, dan melindungi dampaknya pada kesehatan.

Untuk memulai hobi baru ini, Anda bisa menuliskan kegiatan apa saja yang Anda lakukan selama seharian. Atau Anda juga bisa membuat jurnal rasa syukur. Anda mungkin pernah mendengar tentang manfaat menuliskan tiga hingga lima hal yang Anda syukuri setiap hari. Anda bisa mulai dengan mensyukuri hari yang cerah hingga mensyukuri keberadaan kerabat yang  selalu ada untuk Anda.

2. Melukis atau menggambar

faktor kesehatan mental

Kegiatan yang bersifat artistik ternyata bisa sangat menyembuhkan. Dengan terlibat ke dalam aktivitas kreatif dapat membantu Anda mengurangi stres, kecemasan, bahkan hingga mengurangi gangguan mood. Ekspresi diri melalui seni dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan kesejahteraan fisik dan psikologis hingga meningkatkan  kualitas hidup.

Apabila Anda belum pernah menjelajahi sisi kreatif Anda, cobalah memulainya dengan menggambar. Apabila Anda ingin belajar melukis, Anda bisa mengikuti beberapa kelas kesenian yang tentu telah banyak tersedia dan mudah untuk Anda temukan.

3. Berenang

hobi yang bisa menjaga kesehatan mental

Anda mungkin telah mengetahui berbagai manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan juga mental. Salah satu kegiatan fisik yang bisa Anda jadikan hobi untuk membantu Anda menjaga kesehatan psikologis adalah berenang. Sebab, renang merupakan bentuk aktivitas fisik yang menyegarkan, namun bisa membuat Anda merasa lebih rileks. Hal inilah yang membuat hobi berenang bersifat meditatif. Berenang juga bisa membantu Anda dalam melatih kekuatan otot, serta menyehatkan jantung dan paru-paru.

4. Yoga

gerakan yoga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa yoga adalah salah satu teknik relaksasi dan meditasi yang bisa membantu menjaga mental Anda tetap sehat. Selain dapat membantu Anda meredakan stres dan kecemasan, yoga juga bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar. Anda bisa mulai melakukan hobi ini dengan mengikuti kelas atau lewat video yang dapat Anda akses secara gratis. Hobi ini bisa Anda lakukan sendiri dirumah maupun bersama dengan kelompok. Dengan melakukan yoga secara berkelompok juga bisa membantu Anda dalam membangun relasi positif dengan orang lain.

5. Memasak

tujuan mental sehat

Apakah Anda pernah mendengar bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental? . Ternyata bukan hanya makanan saja yang bisa menjaga mental yang lho! Farmafriends . Kegiatan mempersiapkan makanan atau  memasak juga dikaitkan dengan pereda kecemasan dan depresi. Hal ini karena saat Anda memasak, Anda membutuhkan fokus pada segala tugas yang ada, mulai dari memotong, mengaduk,hingga mencampur makanan hal ini bisa benar-benar menjadi meditasi.

Jadi Anda bisa menjadikan kegiatan memasak sebagai salah satu hobi baru Anda. untuk membuat kegiatan memasak selalu menyenangkan, cobalah menggunakan bahan-bahan dan resep yang baru. Anda juga bisa mencari resep yang menyertakan makanan yang baik  untuk meredakan depresi dan kecemasan. Misalnya makanan yang kaya akan lemak omega-3, antioksidan ,protein,  hingga vitamin B.

 

6. Bermain musik

mental sehat

Kegiatan lain yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai hobi baru adalah bermain musik. Sebab musik merupakan suatu bentuk terapi diri yang dapat mengurangi ketegangan otot, meningkatkan motivasi Anda, dan memberikan pelepasan emosi yang aman dan efektif. Dengan berbagai manfaat dari kegiatan bermusik, ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk mulai melakukannya. Anda bisa memulai hobi ini dengan mempelajari alat musik seperti gitar, piano atau saksofon. Anda juga bisa bergabung dengan grup paduan suara atau orkestra untuk mendapatkan pengalaman baru dalam pelepasan stres dan juga kecemasan.

7. Menari

menjaga kesehatan mental

Apakah Anda ingin menjaga kebugaran fisik lewat aktivitas menyenangkan? Menari bisa menjadi pilihan hobi baru yang baik untuk Anda. sebab beberapa aktivitas aktivitas fisik seperti olahraga ataupun exercise bagi beberapa orang mungkin dianggap sebagai tugas yang sulit dilakukan. Dengan menari Anda bisa tetap aktif secara fisik serta meningkatkan suasana hati dan mengalihkan pikiran dari kekhawatiran.

Baca Juga : Manfaat Self-Talk Untuk Kesehatan Mental yang Perlu Anda Tahu

Tidak ada seorangpun yang dapat menjamin bahwa diri mereka telah mencapai kesehatan dalam segi mental atau psikologis. Sebab semua manusia berpotensi menghadapi kesulitan. Setelah melewati berbagai hal dalam keseharian Anda yang mungkin berpotensi menimbulkan stres, Anda berhak mendapatkan kesenangan. Salah satunya dengan melakukan hobi atau menemukan hobi baru.

Sebab dengan menjalani hobi, Anda bisa sejenak terlepas dari kegiatan atau tugas-tugas yang memicu stres dalam diri. Dengan berkurangnya stres, akan lebih mungkin bagi Anda untuk meredakan kecemasan dan terhindar dari depresi serta membuat diri Anda merasa lebih baik. Mereka juga bisa membantu menggali potensi atau menemukan kembali minat dalam diri Anda.  Beberapa hobi yang memungkinkan berinteraksi dengan orang lain juga bisa membantu Anda meningkatkan hubungan sosial Anda. Hal-hal inilah yang memungkinkan hobi sebagai salah satu alternatif untuk menunjang kesehatan psikologis atau mental Anda. Untuk menemukan hobi baru untuk Anda, mulailah dengan hal-hal yang Anda sukai. Selamat mencoba! (DH)

7summitpathway. Diakses pada oktober 2020. Why Hobbies Are Good for Your Mental Health. https://7summitpathways.com/blog/hobbies-and-mental-health/
Hobbyhelp. Diakses pada oktober 2020. 12 Best Hobbies to Help Fight Anxiety & Depression. https://hobbyhelp.com/inspiration/hobbies-to-fight-anxiety-depression/
insider.Diakses pada oktober 2020. Easy hobbies to try that could help make you feel less anxious, from yoga to gardening. https://www.insider.com/activities-things-to-do-help-with-stress-anxiety
Womanandhome. Diakses pada oktober 2020. 10 Hobbies That Will Improve Your Health.. https://www.womanandhome.com/health-and-wellbeing/10-hobbies-that-will-improve-your-health-105036/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan