Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Cara Menghindari Kebiasaan Menyentuh Wajah untuk Cegah Virus Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengumumkan adanya penambahan jumlah kasus virus corona di Indonesia pada Rabu (11/3). Dengan demikian, hingga saat ini jumlahnya menjadi 34 orang yang dinyatakan positif terkena virus corona. Meningkatnya jumlah kasus corona merupakan hal yang perlu kita diwaspadai. Tapi, jangan sampai hal ini membuat kita cemas atau panik.

Untuk mencegah virus corona, selain menggunakan masker bagi mereka yang sakit dan rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Cara lain agar tidak mudah tertular virus corona, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari kebiasaan menyentuh wajah.

Mengapa menghindari kebiasaan menyentuh wajah dapat berdampak pada mengurangi penyebaran virus?

Hampir setiap hari disadari atau tidak, kita selalu memegang benda-benda yang ada di sekitar kita atau di tempat umum. Dari benda-benda tersebut, kita tidak pernah tahu ada bakteri atau virus apa saja yang menempel.

Baca Juga: Mengelola Stres Selama Wabah Virus Corona

Apalagi jika ada orang lain bersin tanpa menutup mulut dan hidung atau batuk, kemudian air liurnya menempel di benda-benda tersebut. Lalu, tanpa sengaja kita menyentuh benda tersebut. Kemudian, tangan kita menyentuh wajah. Hal tersebut, dapat memudahkan virus atau kuman untuk masuk ke dalam tubuh, sehingga kita mudah tertular penyakit.

Seperti dilansir dari CNN, dokter spesialis penyakit menular Dr Dawn Mueni Becker mengungkapkan bahwa kebersihan tangan yang buruk dapat memudahkan terinfeksi virus karena virus yang mempengaruhi sistem pernapasan bisa masuk melalui selaput lendir yang berada di bibir, hidung, dan rongga mulut.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Siapakah yang Seharusnya Pakai Masker?

Menurut studi yang dilakukan di Universitas Sydney pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa seseorang dapat menyentuh wajahnya hingga 23 kali setiap satu jam. Meski menyentuh wajah merupakan kebiasaan yang sulit. Namun, bukan berarti tidak bisa untuk diatasi. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau mencegah kebiasaan menyentuh wajah seperti yang dikutip dari LA Times.

1. Pasang di pikiran

Hal pertama yang perlu ditanamkan dalam pikiran adalah tidak menyentuh wajah dimulai dari diri sendiri. Jika muncul pikiran untuk menggaruk hidung atau mengucek mata, segera hentikan dan alihkan pikiran Anda untuk mengarahkan tangan pada hal lain.

2. Buat tangan Anda sibuk

Jika tangan menganggur, hal tersebut dapat membuat Anda lebih sering untuk menyentuh wajah. Untuk itu, jangan biarkan tangan Anda menganggur begitu saja. Agar tangan menjadi lebih sibuk, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti mengetik, bermain games, menggambar, atau hal lainnya yang memang Anda sukai.

3. Gunakan alat bantu

Ketika hidung terasa gatal, rasanya akan sulit untuk tidak menyentuh wajah. Untuk menggantikan tangan agar tidak langsung menyentuh wajah, Anda bisa menggunakan bantuan atau alat untuk menyentuh wajah. Namun, pastikan alat tersebut terjamin kebersihannya.

4. Gunakan sarung tangan

Meski sarung tangan, fungsi utamanya bukan proteksi dari kuman atau virus. Menggunakan sarung tangan dapat menciptakan rasa tidak nyaman ketika menyentuh wajah. Dengan begitu, dapat membuat kita mengurungkan niat untuk menyentuh wajah.

5. Minta orang lain untuk mengingatkan

Mintalah teman atau keluarga Anda untuk mengingatkan Anda ketika hendak menyentuh wajah. Begitu juga sebaliknya, Anda pun bisa ikut mengingatkan orang lain.

latimes.com
cnn.com

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19