Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Cara Mengatasi Kekurangan Zinc pada Anak

 09 Aug 2019 zinc | kesehatan



anak kurang zinc


Tahukah Anda zinc penting bagi masa pertumbuhan anak? Pada masa tumbuh kembang, anak membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi. Salah satunya adalah asupan zinc, agar tubuh anak tetap sehat sehingga dapat mendukung masa tumbuh kembangnya.

 

Zinc adalah zat mineral yang hanya sedikit dibutuhkan oleh tubuh, namun sangat vital bagi tumbuh kembang dan sistem metabolisme anak. Sumber asupan zinc umumnya dapat diperoleh dari bahan makanan seperti daging ayam, daging domba, daging sapi, kacang - kacangan, biji - bijian, sereal, roti gandum, atau makanan laut (tiram, lobster, kepiting). Selain itu, zinc juga dapat ditemukan dalam jumlah yang sedikit pada ASI.

 

 

 

Defisiensi Zinc

Meski jumlah zinc yang dibutuhkan manusia pada umumnya tidaklah banyak namun, kekurangan asupan zinc dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan tumbuh kembang anak.

 

Defisiensi zinc juga dapat mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan fisik dan intelektual pada anak, serta menghambat anak dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kekurangan zinc pada anak biasanya terjadi ketika anak mengalami diare, sirosis, menderita penyakit yang menyebabkan usus sulit menyerap zinc atau selesai mengalami operasi.

 

Baca juga: Artikel kesehatan lainnya 

 

Sangat disayangkan, tubuh tidak mampu untuk menyimpan zinc. Itulah mengapa zinc dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

 

 

Lalu berapa banyak jumlah zinc yang dibutuhkan oleh anak?

Jumlah zinc yang dibutuhkan oleh anak berbeda - beda sangat tergantung pada usia masing - masing anak. Berikut adalah jumlah harian zinc yang diperlukan anak.

 

Tabel Kebutuhan Zinc Harian Anak
Rentang Usia Jumlah
1-3 tahun 3 mg/hari
4-8 tahun 5 mg/hari
9-13 tahun 8 mg/hari

 

 

 

Fungsi Zinc Untuk Pertumbuhan

Zinc adalah mineral yang berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi otak serta mendukung fungsi kekebalan pada tubuh sehingga dapat membantu melawan bakteri dan virus penyakit.

 

Zinc mampu menstimulasi 100 enzim yang terlibat pada reaksi biokimia dalam tubuh. Zinc juga dapat mendukung kemampuan indra penciuman dan perasa pada anak. Sehingga jika kandungan zinc di dalam tubuhnya tinggi, maka nafsu makan anak pun semakin bertambah dan terhindar dari risiko gangguan masa pertumbuhan.

 

 

 

Suplemen Zinc Untuk Anak

Kondisi kekurangan zinc pada anak, tidak hanya dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc, tetapi juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen zinc. Beberapa suplemen zinc untuk anak dapat ditemukan di pasaran dengan merek dagang seperti lacto b, zincpro drop, zincpro, dan zinkid dapat diberikan pada anak Anda.


Lacto B

Lacto B adalah probiotik berbentuk bubuk yang berfungsi untuk membantu mempercepat penyembuhan diare pada anak. Selain itu, lacto B juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya diare setelah mengkonsumsi obat antibiotik. Probiotik ini mengandung bakteri yang baik untuk tubuh yaitu Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, dan Streptococcus thermophilus.

Zincpro Syrup

Zincpro adalah suplemen zinc yang digunakan bersama cairan rehidrasi oral untuk mencegah dehidrasi pada anak yang mengalami diare. Vitamin ini mengandung zinc sulfate. Penggunaan vitamin ini kurang lebih 10 hari berturut-turut, meski gejala diare sudah berangsur membaik.

 

Zinkid
Zinkid adalah obat yang digunakan sebagai terapi penunjang diare pada anak-anak yang dikonsumsi bersama dengan larutan garam rehidrasi atau oralit. Zinkid mengandung bahan aktif zinc sulfate yang berkhasiat sebagai terapi pelengkap untuk diare anak.

 

 

 

Kesimpulan

Zinc adalah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk menunjang tumbuh kembangnya. Asupan zinc tidak hanya diperoleh dari berbagai sumber bahan makanan melainkan juga dari ASI meskipun dalam jumlah yang sedikit.

 

Kekurangan zinc pada anak menyebabkan menurunnya sistem imun sehingga anak bisa mengalami keterlambatan pada pertumbuhan fisik dan intelektual. Agar anak terhindar dari gangguan masa pertumbuhan, pastikan kebutuhan zinc anak Anda tercukupi secara optimal.

 

 

Sumber: 

  1. https://hellosehat.com/kehamilan/sub/pentingnya-zinc-untuk-kesehatan-dan-perkembangan-anak-anda, Jan 2017
  2. https://www.alodokter.com/manfaat-suplemen-zinc-dalam-mengatasi-diare-pada-balita, Nov 2018




Bagikan artikel ini :




zinc   kesehatan