Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Jadi Tren, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Face Shield untuk Cegah Corona

Mengenakan masker dan face shield saat beraktivitas diluar rumah adalah hal yang baru di new normal atau di tengah pandemi corona.

Terlebih, berbagai otoritas kesehatan resmi telah menyarankan penggunaan masker untuk melindungi diri sendiri dari penyakit,sekaligus mencegah penularan penyakit.

Mengenakan masker itu sendiri telah menjadi bagian dari kebiasaan orang Indonesia sejak pandemi COVID-19 merebak dalam 3 bulan terakhir.

Memasuki fase transisi new normal, orang-orang mulai berangsur kembali menjalankan aktivitas di luar rumah.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Selesai, WHO Keluarkan Pedoman ”The New Normal”

Belakangan di samping masker, alat pelindung wajah akhir-akhir ini mencuri perhatian masyarakat sebagai pelengkap pelindung diri.

Face shield untuk apa?

Face shield merupakan alat pelindung diri (APD) yang mampu menutupi bagian mata hingga mulut. Normalnya, pelindung ini digunakan secara wajib ketika seseorang bekerja di laboratorium, maupun instansi yang membutuhkan perlindungan ekstra ketika bekerja.

Fungsi

harga face shield

Melindungi mata, hidung, hingga mulut

Alat pelindung wajah berbentuk seperti perisai plastik yang digunakan pada wajah. Ukurannya yang disesuaikan dengan ukuran wajah manusia pada umumnya sehingga mampu melindungi bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Pelindung wajah ini digunakan oleh para pekerja untuk melindungi area wajah dari benda anas atau mikrorganisme yang membahayakan.

Fungsi face shield mampu melindungi wajah secara keseluruhan membuat banyak orang yang beralih dari penggunaan masker ke face shield sebagai pelindung dari risiko penularan virus corona.

Melindungi paru-paru dari benda yang terlampau kecil

Paru-paru adalah salah satu organ yang vital di dalam tubuh manusia. Nah, udara yang Anda hirup mengandung banyak senyawa tak kasat mata yang bisa membahayakan kesehatan.

Terlebih saat ini virus Corona sedang melanda dunia, sehingga manfaat face shield bisa lebih optimal melindungi paru-paru dari berbagai senyawa berbahaya.

Baca juga: 9 Survival Kit Persiapan Balik Kerja ke Kantor di Era New Normal

Cara menggunakan face shield

Cara orang-orang menggunakan face shield pun bervariasi. Ada yang mengikuti cara pekerja medis dengan mengenakannya setelah masker, sementara ada juga yang memakai sebagai ‘perisai’ saja.

Perlu dipahami ya FarmaFriends, face shield seharusnya tidak digunakan sendiri, melainkan bersamaan dengan peralatan pelindung lainnya seperti yang dianjurkan oleh US National of Medicine. Oleh karena itu, face shield diklasifikasikan sebagai alat pelindung diri tambahan.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Center for Disease Control and Prevention (DCD) yang menyebut face shield tidak dimaksudkan sebagai alat pelindung diri tunggal atau primer. Penggunaan face shield yang benar adalah bersamaan dengan masker medis atau respirator.

Meski demikian, belum ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan face shield tidak membantu sama sekali.


Namun dari sisi lain, ada beberapa hal menarik dari penggunaan alat pelindung wajah. Berikut kelebihan dan kekurangannya. Yu disimak!

Kelebihan 

  • Mampu memberikan perlindungan wajah sekaligus, karena dapat membentang di seluruh bagian wajah
  • Terbuat dari bahan plastik yang tembus pandang, kelebihan face shield lebih susah di tembuh oleh cairan maupun virus seperti masker berbahan serat kain lainnya.
  • Mampu mencegah penggunanya untuk menyentuh wajah secara langsung
  • Tidak menghalangi suara
  • Tidak mengganggu pernapasan, terlebih bagi yang kesulitan mengenakan masker seperti anak-anak atau bayi yang baru lahir.
  • Mudah dibersihkan atau disinfektasi
  • Tidak menghalangi komunikasi non verbal, sehingga cocok digunakan untuk teman-teman yang memiliki keterbatasan komunikasi.
  • Dapat dipakai bersamaan dengan APD lainnya seperti masker, alat pelindung wajah bisa menunjang jaga jarak aman. Setiap orang bisa berkomunikasi tanpa perlu berdekatan.
  • Harga alat pelindung wajah di pasaran sudah dijual dengan terjangkau.

Kekurangan

  • Mudah berembun
  • Kekurangan face shield terasa panas dan engap jika digunakan dalam waktu yang lama
  • Tidak memiliki segel yang baik dan rapat sehingga memudahkan droplet masuk lewat celah terbuka. studi terkait efektivitas penggunaannya untuk melindungi diri dari paparan virus corona sesuai bukti belum tersedia
  • Tidak diperuntukan sebagai alat pelindung pernapasan primer.

Cara penggunaan APD yang baik dan benar

mencegah virus

Prinsip yang harus dipenuhi dalam penggunaan APD adalah memberikan perlindungan terhadap bahaya yang spesifik. Seperti percikan kontak langsung maupun tidak langsung.

Menurut DItjen Yankes Ketua Aliansi Telemedis Indonesia, Bambang Wibowo APD hendaknya nyaman digunakan dan dapat dipakai secara fleksibel, tidak mudah rusak, tidak menimbulkan bahaya lainnya, tidak membatasi gerak, serta perawatannya mudah.


Penggunaan APD yang tepat juga sebaiknya disertai dengan pengendalian infeksi lainnya oleh tenaga medis. Seperti rutin mencuci tangan, etika bersin, dan mengenakan masker. Serta penting untukl memperhatik pemindahan atau pembuangan apd yang telah terkontaminasi atau telah digunakan untuk mencegah terpaparnya pemakai atau orang lain terhadap bahan infeksius.

medicinenet. Diakses pada Juni 2020. Are Face Shields Better Than Face Masks for Coronavirus?. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=230978



health.com. Diakses pada Juni 2020. Is a Face Shield Better Protection Against the Coronavirus Than a Face Mask?. https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/face-shield-coronavirus

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19