Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Olahraga

 16 Sep 2020 olahraga | Skincare



Menjaga kesehatan kulit saat berolahraga


Olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak hanya baik untuk tubuh Anda, olahraga secara rutin juga baik untuk kesehatan kulit. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2015 di Aging Cell menunjukkan bahwa latihan ketahanan dan latihan aerobik dengan intensitas tinggi dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

 

Baca Juga: 10 Ide Olahraga untuk Anak yang Membuat Semangat Gerak!

 

Setelah Anda mengetahui salah satu manfaat dari olahraga untuk kulit, Anda pasti ingin melakukan olahraga untuk menjaga kulit tetap sehat terawat. Namun, sebelum Anda olahraga, simak hal dan tips yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kulit sebelum dan sesudah Anda olahraga di bawah ini.

 

Cara menjaga kesehatan kulit saat olahraga

 

Berikut ini tips menjaga kesehatan kulit yang perlu Anda perhatikan serta perlindungan yang diperlukan untuk kulit sebelum dan sesudah berolahraga.


1. Sebelum berkeringat, jangan lupa mengoleskan tabir surya

 

cara menjaga kesehatan kulit saat olahraga

 

Sebelum Anda pergi olahraga ke luar, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya minimal yang mengandung SPF 30. Hal ini juga berlaku jika Anda olahraga di rumah selama masa pandemi Covid-19.

 

Saat Anda berolahraga, kemungkinan besar Anda akan berkeringat, terutama jika cuaca panas. Untuk itu, Anda perlu memastikan SPF yang Anda gunakan tahan keringat seperti Biore UV Athlizm Skin Protection Essence Sport Sunscreen SPF 50 PA++++ atau Banana Boat Simply Protect Aqua Long Wearing Moisture Sunscreen Lotion SPF50+.

 

Pastikan untuk mengoleskan ke wajah, tenggorokan, dada, dan belakang leher Anda saat menggunakan sunscreen.


2. Selalu cuci muka setelah latihan

 

bagaimana cara menjaga kesehatan kulit

 

Mencuci wajah setelah olahraga adalah hal penting yang wajib Anda lakukan, baik Anda memakai riasan atau tidak saat pergi olahraga. Membersihkan kulit dengan lembut setelah berolahraga dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa keringat yang menempel selama latihan.

 

Mendinginkan kulit setelah latihan juga bermanfaat untuk mencegah pecahnya pembuluh darah dan mengembalikan suhu kulit ke tingkat normal lebih cepat. Ketika membersihkan wajah, gunakan pembersih wajah yang lembut seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser untuk membersihkan keringat, minyak, dan bakteri tanpa mengiritasi kulit.

 

3. Setelah olahraga, mandi untuk menghapus semua keringat

 

cara membuat kulit tetap sehat saat berolahraga

 

Setelah olahraga, selain membersih wajah, sebaiknya Anda pergi mandi untuk menghilangkan keringat, minyak, dan kuman yang menumpuk. Hal ini penting dilakukan, terutama bagi Anda yang rentan berjerawat. Keringat menciptakan lingkungan yang hangat dan basah sehingga memudahkan bakteri tumbuh. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, mandilah dengan pembersih yang mengandung benzoyl peroxide karena kandungan ini dapat melawan C. acnes, bakteri penyebab jerawat. Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung belerang.

 

Usai mandi, selalu ganti pakaian dengan yang baru. Jika semua cara sudah Anda lakukan, namun jerawat masih ada, sebaiknya segera temui dokter kulit yang mungkin bisa merekomendasikan pilihan resep yang lebih tepat untuk membersihkan kulit Anda.

 

4. Oleskan tabir surya setelah Anda selesai mencuci

 

tips kesehatan kulit

 

Baik sebelum dan sesudah olahraga, Anda harus tetap menggunakan tabir surya. Anda tidak boleh melewatkan hal ini karena tabir surya sangat penting untuk kesehatan kulit Anda di masa depan. Tabir surya juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menurunkan kolagen di kulit.

 

Daripada menggunakan kembali tabir surya sport yang tebal, setelah membersihkan diri dan wajah, Anda bisa mengoleskan tabir surya berwarna, yang berfungsi sebagai pelindung UV dan riasan yang dapat meratakan warna kulit Anda. Terlebih lagi, menurut Journal of Investigative Dermatology edisi November 2017, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa tabir surya berwarna juga dapat melindungi kulit dari efek buruk cahaya dalam ruangan. (SR)

 

Sumber:

 

  • Everyday Health. Diakses pada September 2020. 6 Must-Dos for Protecting Your Skin Before and After Working Out. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/skin-care-musts-before-after-your-workout/
  • Huffpost. Diakses pada September 2020.Skin Care For The Gym: What To Do Before And After You Sweat. https://www.huffpost.com/entry/skin-care-for-the-gym_l_5cdafd1ae4b061f59bf86916




Bagikan artikel ini :




olahraga   Skincare