Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Sehat Terawat

Memiliki kulit sehat dan indah merupakan dambaan setiap orang, perlunya menjaga kesehatan kulit agar sehat terawat juga wajib di lakukan. Dengan bertambahnya usia dan kondisi lingkungan yang kurang bersih, kesehatan kulit pun menjadi terancam. Untuk itu penting melakukan perawatan dengan produk yang tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit.

Meski produk kecantikan menjadi salah satu cara dalam merawat kulit, namun ada berbagai langkah alami yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Tidak kalah penting, menghindari faktor-faktor penyebab terganggunya kesehatan kulit karena berbagai langkah perawatan tidak dapat bekerja dengan optimal tanpa ada perubahan kebiasaan. Berikut berbagai informasi dan tips untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan rutin membersihkan wajah atau menggunakan produk kecantikan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda perlu menghindari faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya kerusakan. Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan munculnya iritasi. Berikut 5 faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan kulit.

1. Tidak menggunakan tabir surya

Matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan radikal bebas merupakan penyebab utama kerusakan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan mengakibatkan terganggunya elastin yang bertugas membuat kulit kenyal dan mulus. Dampak lain yang ditimbulkan dari sinar UV adalah munculnya bintik hitam, keriput, dan kanker kulit.

Inilah mengapa menggunakan sunscreen sangat penting setiap harinya. Meskipun Anda beraktivitas di dalam ruangan maupun saat sedang mendung sekalipun, pemakaian sunscreen tetap dianjurkan. Sinar matahari yang dapat menembus melalui kaca tetap bisa memberikan dampak buruk pada kulit.

2. Menekan jerawat

Melihat jerawat meradang pada wajah terkadang membuat tangan ingin terus memegang dan menekannya. Faktanya, kebiasaan tersebut dapat memperparah keadaan. Tangan yang tidak bersih bisa memicu jerawat semakin meradang, iritasi, hingga infeksi.

3. Tidur pada satu sisi

Kebiasaan tidur pada satu sisi ternyata bisa membuat kulit lebih cepat keriput akibat terlalu lama tertekan bantal. Untuk itu Anda dianjurkan tidur dalam keadaan terlentang.

4. Polusi udara

Sering terpapar polusi atau bahan kimia juga menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit. Penuaan kulit, peradangan, dan alergi merupakan beberapa efek buruk yang ditimbulkan dari polusi. Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan polusi tinggi, gunakan produk perawatan kulit yang bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

5. Sering menggunakan smartphone

Telepon genggam sudah menjadi barang yang tidak pernah lepas dari aktivitas sehari-hari. Smartphone yang sering diletakkan sembarangan atau dipegang oleh orang lain menjadi sarang kuman dan bakteri. Menggunakan perangkat yang kotor dan bersentuhan pada wajah membuat kulit menjadi iritasi. Pastikan Anda sering membersihkan gawai dengan lap antibakteri untuk membersihkannya sehingga aman saat terkena kulit.

Baca juga: Tips Merawat Kesehatan Kulit dan Tubuh Terlengkap yang Perlu Anda Lakukan!

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit?

tips kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat dan terawat bukanlah pekerjaan semalam. Perlu disiplin melakukan perawatan serta membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan kebiasaan baik ini akan membuat kulit menjadi kencang, lembut, dan cerah. Ikuti 5 Tips menjaga kesehatan kulit di bawah ini untuk mendapatkan kulit yang sehat terawat.

1. Tidak merokok

Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada bagian terluar kulit sehingga kulit terlihat pucat. Tidak hanya itu, merokok membuat kulit tampak lebih tua dan berkurangnya elastisitas. Gerakan berulang saat merokok juga mengakibatkan kulit lebih cepat keriput. Bagi Anda yang merokok, konsultasikan pada dokter untuk mengembalikan kesehatan kulit.

2. Gunakan skincare

Perawatan kulit sangat penting dilakukan demi menjaga kesehatannya. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal. Rutin membersihkan wajah dan gunakan suncreen saat keluar rumah untuk menutrisi dan melindungi kulit.

3. Konsumsi makanan sehat

Asupan makanan sehat membantu Anda terlihat lebih segar dan cerah. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk meremajakan kulit, serta perbanyak minum air putih supaya kulit terhidrasi dengan baik. Hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena kandungan pada alkohol menyebabkan kulit tampak lelah dan tua.

4. Kendalikan stres

Terlalu banyak pikiran dapat memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Stres menstimulasi produksi hormon penghasil lemak berminyak yang mengakibatkan menutupnya pori-pori dan timbulnya jerawat.

5. Istirahat yang cukup

Kurang tidur mengakibatkan kulit tampak lelah dan kusam. Selain itu, kantung hitam pada mata akibat istirahat yang kurang juga akan membuat wajah tampak lebih tua.

7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

makanan yang baik untuk kulit


Makanan bernutrisi sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Sebaliknya, makanan instan dan makanan tidak sehat akan berdampak pada kerusakan organ, gangguan metabolisme, dan kenaikan berat badan. Maka sangat penting menjaga asupan makanan untuk mendapatkan kulit cerah bersinar. Berikut 7 makanan yang baik untuk kulit yang bisa Anda konsumsi:

1. Alpukat

Buah untuk kesehatan kulit yang sering digunakan adalah alpukat. Alpukat kaya akan kandungan alami yang baik bagi kesehatan kulit. Lemak baik pada alpukat membuat kulit lembab dan elastis, sedangkan vitamin E bertugas sebagai antioksidan, dan vitamin C berperan penting dalam pembentukan kulit sehat dan kuat.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti makarel dan salmon sangat baik bagi kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan jerawat, serta membuat kulit kenyal dan lembab.

3. Biji bunga matahari

Umumnya, kacang-kacangan dan biji-bijian baik untuk kulit karena mengandung vitamin E. Manfaat vitamin E adalah sebagai antioksidan pada kulit.

4. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Kandungan lutein pada brokoli bekerja sepeti beta karoten yang bertugas mencegah kulit menjadi kering dan keriput.

5. Tomat

Tomat merupakan buah untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin C, karotenoid, dan likopen. Karotenoid bermanfaat sebagai perlindungan sinar matahari dan mencegah keriput.

6. Anggur merah

Anggur merah terkenal akan resveratrol yang ada pada kulitnya. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah keriput dan melindungi dari radikal bebas.

7. Green tea

Teh hijau bertugas melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Katekin yang ada pada teh hijau merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari, mengurangi kemerahan, meningkatkan kelembaban, dan menjaga elastisitas.

Baca juga: Bukan Cuma Baik Untuk Tubuh, Inilah Manfaat Vitamin E Untuk Kulit


Vitamin yang Berfungsi Menjaga Kesehatan Kulit

vitamin yang bagus untuk kulit

Salah satu tips kesehatan kulit adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari. Meskipun begitu, berjemur sinar matahari selama 10-15 menit dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber vitamin D. Vitamin sangat penting bagi kesehatan kulit karena membuat kulit tampak sehat dan awet muda, serta menghilangkan keriput, bintik hitam, dan kemerahan. Berikut 4 vitamin yang bagus untuk kulit:

1. Vitamin D

Vitamin D terbentuk dari sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Kolesterol akan diubah menjadi vitamin D pada proses ini. Manfaat vitamin D pada kulit adalah mencegah peradangan dan iritasi.

Menurut penelitian, setiap orang membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 IU per hari yang didapat dari berjemur selama 10 menit dan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, sereal, atau tuna.

2. Vitamin E

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin E merupakan vitamin yang bagus untuk kulit. Fungsi vitamin E adalah sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah keriput, dan mencegah timbulnya bintik hitam. Vitamin E bisa didapat melalui kacang-kacangan dan biji-bijian, suplemen vitamin E, dan produk kecantikan.

3. Vitamin C

Vitamin C yang berfungsi menjadi kolagen merupakan kandungan ampuh yang digunakan pada produk kecantikan. Mengonsumsi vitamin C dapat mendukung kinerja sunscreen sehingga kulit dapat terlindungi dari sinar matahari, mencegah keriput, dan membantu memperbaiki kulit kering. Vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan sitrus, suplemen vitamin C, dan produk kecantikan.

4. Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan penyembuhan luka. Manfaat vitamin K lainnya adalah melindungi kulit dari stretch marks, bekas luka, bintik hitam, dan pembuluh darah seperti laba-laba. Vitamin K terdapat pada sayuran hijau seperti kale, bayam, selada, dan kubis atau dengan mengonsumsi vitamin K.

Ada banyak cara menjaga kesehatan kulit, baik dengan rutin menggunakan produk kecantikan maupun dengan cara-cara alami. Rutin mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga asupan vitamin merupakan kunci dari perawatan. Ada banyak suplemen untuk menjaga kesehatan kulit dan vitamin yang bisa dibeli di pasaran, namun akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit supaya bisa disesuaikan dengan kondisi dan tipe kulit Anda.

Bustle. Diakses pada Agustus 2020. These Surprising Things Are Damaging Your Skin.
https://www.bustle.com/articles/177622-13-things-you-didnt-realize-are-affecting-your-skin-what-to-do-to-keep-it
Mayoclinic. Diakses pada Agustus 2020. Skin care: 5 tips for healthy skin.
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Healthline. Diakses pada Agustus 2020. 12 Foods for Healthy Skin.
https://www.healthline.com/nutrition/12-foods-for-healthy-skin
Healthline. Diakses pada Agustus 2020. The 4 best vitamins for your skin.
https://www.healthline.com/health/4-best-vitamins-for-skin


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan