Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Mata Mudah Lelah? Inilah 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

Sejak kebijakan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa pandemi diberlakukan, masyarakat diharuskan melakukan semua kegiatan di rumah. Termasuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH). Bahkan, di masa new normal seperti saat ini masih banyak masyarakat yang menjalani kegiatan WFH, kuliah online hingga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi anak sekolah.


Baca Juga : 5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah

Bekerja dari rumah mungkin membuat Anda semakin sering berada di depan layar komputer dan gadget. Mulai dari meeting, mengerjakan pekerjaan kantor, melakukan kuliah online, hingga belajar secara online. Semua kegiatan ini mengharuskan Anda untuk menatap layar komputer serta gadget Anda dalam waktu yang mungkin tidak sebentar.

Terlalu sering menatap layar monitor terkadang dapat membuat Anda merasakan sakit kepala, mata kering, dan kelelahan pada mata Anda. Hal ini merupakan beberapa gejala yang mengindikasikan ketegangan pada mata Anda. Dalam jangka panjang hal ini menjadi buruk bagi kesehatan mata Anda.

Tips Menjaga kesehatan mata selama WFH

menjaga kesehatan mata


Karena Anda tidak dapat sepenuhnya menghindari layar monitor Anda, menjaga kesehatan mata selama menjalani WFH adalah langkah penting yang harus Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda selama menjalani WFH.


Baca Juga : 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Sejak Usia Muda

1. Sesuaikan posisi monitor

Pastikan monitor Anda tepat di depan Anda, dengan jarak 25 inci atau sekitar satu lengan. Posisikan bagian atas layar sedemikian rupa hingga setinggi mata Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menatap layar ke atas, karena hal itu dapat meningkatkan ketegangan mata.

2. Sesuaikan kecerahan layar dan kontras

Apabila layar komputer Anda lebih terang daripada ruangan Anda, hal ini akan memaksa mata Anda untuk bekerja lebih keras. Cobalah untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan tingkat kecerahan ruangan dan tingkatkan kontras untuk mengurangi ketegangan mata.

3. Minimalkan silau


Pasang pelindung layar anti-silau atau matte untuk mengurangi silau dari pantulan cahaya dari monitor Anda. Jika Anda memakai kacamata, belilah lensa dengan lapisan anti-reflektif (AR), karena ini membantu mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang dipantulkan.

4. Melatih mata Anda

Ingat aturan 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata Anda, yaitu setiap 20 menit, berhenti setidaknya selama 20 detik dan fokuskan mata Anda pada sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki. Hal ini dapat membantu mendorong otot-otot di mata Anda untuk rileks dan dapat membantu mengurangi kelelahan.

5. Jangan lupa berkedip

Biasanya, kita berkedip secara alami setiap 4 detik, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini menurun lebih dari 50% saat menatap layar komputer atau perangkat digital lainnya. Usahakan untuk berkedip sesering mungkin, yang akan membantu menjaga kelembaban mata dan menghindari mata kering.


6. Sering-seringlah beristirahat

Penting bagi Anda untuk “menjauh” dari layar komputer setiap 30 menit penggunaan. Berjalan-jalanlah di sekitar rumah Anda dan regangkan lengan dan kaki Anda. Latih juga otot leher, bahu, dan punggung Anda untuk mengendurkannya. Selain mengistirahatkan mata Anda, hal ini akan membantu mengurangi risiko sakit kepala, serta nyeri pada leher, punggung, dan bahu yang terkait dengan penggunaan komputer dalam waktu lama.

7.  Gunakan air mata buatan


Untuk mengatasi mata kering, Anda bisa menggunakan air mata buatan yang dijual bebas di apotik maupun apotik online terpercaya. Anda juga dapat mengunjungi dokter mata agar dokter dapat meresepkan obat tetes mata yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet dapat digunakan sesering yang Anda butuhkan. Jika tetes yang Anda gunakan mengandung pengawet, jangan gunakan lebih dari 4 kali sehari.

8. Perhatikan Kualitas dan kelembaban udara


Kualitas udara dan kelembaban ruang ‘kerja’ Anda di rumah juga bisa Anda tingkatkan dengan menggunakan alat pembersih dan pelembab udara. Usahakan juga untuk menghindari kipas yang langsung bertiup ke wajah Anda, karena ini akan membuat mata Anda semakin kering.
Umumnya ketegangan mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer hanya bersifat sementara dan akan berkurang setelah Anda berhenti menggunakan komputer. Namun, jika Anda memiliki gejala sakit mata yang mengganggu segera temui dokter mata untuk pemeriksaan mata lebih lanjut.

Makanan yang baik untuk kesehatan mata

makanan yang baik untuk kesehatan mata

Selain melakukan tips-tips di atas untuk menjaga kesehatan mata, Anda dapat menunjang kesehatan mata Anda dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang baik untuk kesehatan mata. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.


1. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling terkenal baik untuk kesehatan mata. Wortel memiliki vitamin A dan juga beta karoten. Vitamin A dan beta karoten membantu menjaga permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi mata dan kondisi mata serius lainnya.

2. Ikan


Ikan, khususnya salmon, bisa menjadi makanan yang lezat jika dikonsumsi untuk kesehatan mata. Salmon dan jenis ikan lainnya memiliki asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi pada perkembangan visual dan kesehatan retina di bagian belakang mata dan membantu mencegah mata kering. Pertimbangkan untuk memasukkan ikan ke dalam rencana makan Anda beberapa hari dalam seminggu. Saat membeli salmon, pilih salmon hasil tangkapan liar daripada salmon hasil budidaya. Itu karena salmon yang dibesarkan di peternakan memiliki lebih sedikit omega-3 daripada salmon hasil tangkapan liar.

Baca Juga : Bolehkah Makan Ikan Mentah?


3. Telur

Seperti wortel, kuning telur juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk melindungi kornea. Selain itu kuning telur juga mengandung lutein, zeaxanthin, dan seng, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin menurunkan kemungkinan Anda terkena kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seng berkontribusi pada kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata. Seng juga membantu mata melihat di malam hari.

4. Almond


Almond, seperti kacang dan biji-bijian lainnya, umumnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E. Mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia serta katarak. Untuk mendapatkan manfaat bagi mata Anda, Anda harus menargetkan sekitar 22 unit internasional (IU), atau 15 mg vitamin E sehari. Selain kacang almond, kacang dan biji-bijian lain yang mengandung vitamin E adalah biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

5. Produk susu


Produk olahan susu seperti susu UHT dan yogurt dapat menjadi asupan yang baik untuk kesehatan mata. Produk olahan susu mengandung vitamin A serta mineral zinc. Vitamin A dapat membantu melindungi kornea sementara seng membantu membawa vitamin itu ke mata dari hati. Seng ditemukan di seluruh mata, terutama retina dan koroid, yang merupakan jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Mineral penting ini membantu penglihatan di malam hari serta pencegahan katarak.

6. Kale


Kale dikenal sebagai makanan super oleh banyak orang karena mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Berbagai nutrisi Ini sangat baik untuk kesehatan mata. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Lutein dan zeaxanthin adalah jenis nutrisi yang tidak diproduksi di dalam tubuh, sehingga Anda harus mendapatkannya dari makanan Anda. Sayuran lain yang tinggi lutein adalah paprika merah dan bayam.


Menjaga kesehatan mata merupakan investasi yang baik bagi Anda di masa mendatang. Selain mencegah dari ketegangan mata selama menjalani WFH, hal ini juga dapat menjaga Anda terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

Healthline. Diakses pada Agustus 2020. 7 Best Foods for Healthy Eyes. https://www.healthline.com/health/eye-health/best-foods-for-eyes#qa
Kshb. Diakses pada Agustus 2020. Tips for eye health while working from home. https://www.kshb.com/news/coronavirus/tips-for-eye-health-while-working-from-home
Glen eagles. Diakses pada Agustus 2020. Work From Home Eye Care Tips. https://www.gleneagles.com.sg/healthplus/article/work-from-home-eyecare


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan