Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Saat Promil

Kesuburan

Bagi pasangan yang sudah menikah, kedatangan buah hati tentunya sangat dinantikan. Namun, organ reproduksi harus berfungsi dengan optimal supaya kehamilan bisa segera datang. Setelah rutin melakukan seks dan mencoba berbagai program tapi tidak kunjung hamil, mungkin ini saatnya Anda melakukan pengecekan fertilitas (kesuburan).

Ada banyak penyebab seseorang mengalami gangguan kesuburan. Pada pria, umumnya disebabkan oleh disfungsi ereksi, jumlah sperma sedikit, pergerakan sperma rendah, atau bentuk sperma abnormal. Sedangkan pada wanita, gangguan ovulasi, tersumbatnya tuba falopi, atau usia bisa menjadi salah satu faktor. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan menerapkan pola hidup sehat yang dapat menunjang kesehatan organ reproduksi. Berikut berbagai cara alami untuk meningkatkan kesuburan.

Cara Mengecek Kesuburan Wanita dan Pria

Secara umum, kondisi kesehatan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Bahkan psikis yang terganggu bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan menurunnya kualitas sperma. Kedua kondisi tersebut dapat memperkecil keberhasilan promil. Meskipun begitu, biasanya tes kesuburan akan dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Berikut beberapa tes untuk cek kesuburan wanita:

1. Tes ovulasi

Tujuan dari tes ovulasi adalah untuk mengetahui apakah tubuh berovulasi dan menghasilkan telur. Pemeriksaan dilakukan dengan mengukur tingkat hormon melalui cek darah.

2. Memeriksa cadangan sel telur

Pengujian akan membantu mengetahui jumlah dan kualitas dari sel telur pada ovarium. Pemeriksaan ini dianjurkan bagi pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan atau program bayi tabung.

3. Histerosalpingografi (HSG)

HSG merupakan pemeriksaan menggunakan sinar rontgen (sinar-X) dengan tujuan mengetahui kondisi rahim dan sekitarnya. Sebelum pengambilan gambar, cairan khusus akan disuntikkan ke dalam rahim supaya terlihat kondisi rongga rahim.

4. Hysteroscopy

Kelainan dalam rahim dapat terdeteksi dengan cara hysteroscopy. Metode ini dilakukan dengan memasukkan alat khusus melalui leher rahim.

5. Tes hormon

Hormon merupakan zat tubuh yang dapat mempengaruhi kesuburan. Maka, tes hormon meliputi hormon tiroid dan kelenjar pituitari dapat membantu mendeteksi fertilitas.

Ketika Anda dan pasangan dalam proses promil alami, sebaiknya kedua pihak tetap menjalankan pemeriksaan. Sebanyak 30-40 persen kasus kemandulan berasal dari pria, 40 persen dari wanita, dan sisanya merupakan kombinasi. Berikut cara untuk cek kesuburan pria:

  1. Tes sperma. Air mani yang sudah diambil sampelnya akan diuji dan dianalisis kualitasnya.
  2. Tes hormon, bertujuan mengetahui kadar hormon testosteron serta hormon pria lainnya.
  3. USG, untuk melihat adanya kelainan pada organ reproduksi pria.
  4. Biopsi testis, bermanfaat untuk memeriksa jika terjadi masalah pada produksi sperma.
  5. Pemeriksaan genetik, pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah ada kelainan genetik yang menimbulkan kemandulan.
  6. Pemeriksaan penyakit chlamydia. Penyakit ini merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertil.

Baca juga: Asam Folat Penting Untuk Ibu Hamil

6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Ketika sedang menjalani program hamil, biasanya pasangan akan dianjurkan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Selain rutin melakukan olahraga, asupan makanan pun harus dijaga dengan baik. Pasalnya, beberapa jenis nutrisi dapat membantu meningkatkan fertilitas. Berikut jenis-jenis makanan untuk kesuburan yang sebaiknya Anda konsumsi:

1. Daging

Selain tinggi protein, daging juga mengandung zinc yang bermanfaat bagi Anda yang sedang menanti kehamilan. Baik daging merah maupun daging ayam rendah lemak bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. 

2. Ikan

Asam lemak omega-3 bermanfaat dalam mengoptimalkan kinerja reproduksi. Nutrisi ini banyak terkandung pada ikan salmon, tuna, lele, dan sarden. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih makanan laut karena banyak yang sudah tercemar oleh merkuri. Zat berbahaya ini dapat mengancam kesehatan kandungan. Jika ragu, Anda bisa mengganti ikan dengan kacang almond, kenari, dan telur.

3. Tumbuhan tinggi protein

Kacang kedelai, tempe, tahu, kacang polong, dan kacang tanah merupakan alternatif dalam mendapatkan protein. Mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak pun cenderung aman bagi berat badan tubuh karena mengandung rendah lemak.

4. Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, baik bagi kesehatan tulang dan juga fertilitas. Sebaiknya pilih produk yang rendah lemak supaya berat badan tetap terjaga.

5. Makanan mengandung zinc

Salah satu cara meningkatkan kesuburan wanita adalah banyak mengonsumsi makanan mengandung seng. Sejak memulai program kehamilan, ketika hamil, hingga menyusui, zinc memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi. Zinc dapat memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan kualitas sel telur. Anda bisa menemukan zinc pada tiram, telur, susu, daging sapi, biji-bijian, dan daging ayam.

6. Karbohidrat kompleks

Bagi Anda yang sedang menanti kehamilan, cobalah untuk mengganti nasi putih dan roti dengan biji-bijian utuh serta karbohidrat kompleks. Tipe makanan ini banyak mengandung vitamin B, antioksidan, dan zat besi yang penting bagi kesuburan. Selain itu, karbohidrat olahan yang biasa dikonsumsi sangat berisiko meningkatkan kadar gula darah yang dapat menghambat proses pembuahan. Beberapa jenis karbohidrat kompleks adalah sereal, roti gandum, oat, jagung, atau quinoa.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

6 Buah yang Bagus Untuk Kesuburan

Selain makanan, buah juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Berbagai nutrisi yang terkandung pada buah menjadi cara alami untuk meningkatkan kemungkinan hamil. Berikut 6 buah-buahan yang baik dikonsumsi saat promil:

1. Alpukat

Lemak tunggal tak jenuh yang ada pada alpukat sangat baik bagi kesehatan sistem reproduksi. Kandungan lemak pada alpukat terhitung tinggi dibandingkan buah lainnya. Sehingga, banyak mengonsumsinya akan meningkatkan kualitas sel telur.

2. Blueberry

Banyak makan buah blueberry menjadi cara meningkatkan kesuburan pria secara natural. Antioksidan pada buah ini membantu menjaga kesehatan alat reproduksi supaya dapat berfungsi dengan baik. Tidak hanya itu, blueberry juga sumber vitamin C, folat, dan serat.

3. Apel

Kandungan vitamin C dan zat besi pada apel baik bagi fertilitas. Pasangan yang sedang menjalani program kehamilan dianjurkan banyak mengonsumsi apel. Kolesterol juga dapat terkontrol dengan memakan buah ini sehingga tubuh lebih prima dalam menyiapkan kehamilan. 

4. Mangga

Disamping memberikan kesegaran, mangga juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin B. Antioksidan di dalamnya juga cocok dikonsumsi bagi pria dan wanita yang sedang mengupayakan kehadiran si kecil.

5. Pisang

Tingkat kesuburan pria dan wanita dapat ditunjang dengan potasium yang ada pada pisang. Buah berwarna kuning ini memberikan suplai mineral dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Produksi serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi pisang. Hal ini dapat memudahkan tercapainya promil karena jiwa dan raga dalam keadaan sehat.

6. Stroberi

Stroberi dapat memenuhi kebutuhan vitamin C, betakaroten, dan antosianin yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, antioksidan pada stroberi bermanfaat bagi kesuburan dan bagi kesehatan sel telur.

Untuk menunjang pola hidup sehat, Anda bisa melengkapinya dengan mengonsumsi berbagai suplemen. Sebaiknya pilih vitamin kesuburan wanita yang mengandung tinggi zat besi atau kalsium. Kedua nutrisi tersebut dipercaya bisa memaksimalkan kerja organ reproduksi pria dan wanita. Selain itu, zat besi akan membantu tubuh memiliki siklus menstruasi yang teratur sehingga memudahkan dalam mempersiapkan program kehamilan. Di samping zat besi dan kalsium, Anda juga bisa menambahkan suplemen lain seperti vitamin C, E, D, B kompleks, atau zinc. (NA/SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak