Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Stok Masker N95 Menipis, Inilah Keunggulannya Dibanding Masker Lain!

 05 Feb 2020 Kesehatan | COVID-19



masker N95


Penyebaran wabah virus corona yang berasal dari Kota Wuhan, China hingga saat ini masih menjadi perhatian masyarakat dunia. Selain sudah menyebar dengan cepat hingga ke 24 negara, virus ini juga telah memakan banyak korban jiwa.

 

Selain menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan hidup bersih, cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menggunakan masker.

 

Salah satu masker yang dianjurkan adalah masker N95 yang dinilai sebagai alat proteksi yang dapat 95% mencegah virus dan partikel berbahaya lainnya. Hal inilah yang membuat keberadaan masker N95 semakin hari makin menipis stoknya, akibat tingginya permintaan pasar. Bahkan, harga masker N95 di apotik terbilang cukup mahal dibandingkan jenis masker lainnya. Lalu, sebenarnya apa saja keunggulan masker N95 dibanding jenis masker biasa ? Simak beberapa keunggulannya berikut ini!

 

1. Terdiri dari beberapa lapisan

Masker N95 didesain semirip mungkin dengan bentuk wajah manusia. Masker ini diklaim lebih efektif dalam menyaring partikel yang terkandung di udara. Hal ini dikarenakan pada satu lembar masker N95 terdapat banyak lapisan (ply) yang dapat mencegah masuknya debu, bakteri, hingga virus berbahaya yang berada bebas di udara.

 

2. Dibuat dengan bahan yang lembut

Meski lapisan masker cukup tebal dan relatif kaku namun bahannya lembut sehingga masker tidak mudah rusak dan tetap nyaman digunakan.

 

3. Memblokir 95% partikel di udara

Respirator N95 telah dirancang semirip mungkin dengan bentuk wajah sehingga efisien menyaring partikel udara. Dilansir dari website Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan menyatakan bahwa kode yang tertera menandai bahwa saat dilakukan penelitian, respirator ini dapat memblokir setidaknya 95 persen atau sangat kecil (0,3 mikron) partikel.

 

Jika dipasang dengan benar, kemampuan respirator masker ini dapat melebihi masker-masker lain pada biasanya. Sayangnya masker ini tidak dirancang untuk digunakan oleh anak-anak atau orang yang memiliki banyak rambut di sekitar wajah. Alasannya karena kemungkinan masker tidak akan menutup wajah secara maksimal sehingga respirator pada masker tidak dapat bekerja secara penuh.

 

 

Bagaimana cara memakai masker N95 yang benar?

Sering kali masker N95 digunakan secara tidak tepat. Meski fungsinya melindungi sistem pernafasan seperti masker wajah pada umumnya, penggunaan masker N95 haruslah tepat dan sesuai dengan prosedur pemakain agar fungsinya dapat dirasakan secara penuh. Berikut cara menggunakan masker N95:

 

  1. Kencangkan kedua tali sebelum menempatkannya di bagian depan.
  2. Pegang respirator dengan ujung jari Anda menyentuh klip hidung dengan tali di bawah.
  3. Letakan respirator di wajah Anda. Tarik tali atas ke arah belakang kepala dan letakan tali tinggi di atas kepala Anda. Kemudian tarik tali kedua dan letakan di belakang tengkuk di bawah telinga Anda.
  4. Gunakan jari Anda untuk melentur clip hidung dari bagian atas ke arah bawah sambil menekan ke arah dalam sehingga membentuk garis hidung Anda.
  5. Lakukan "Pemeriksaan Segel" segera setelah respirator ini digunakan untuk memastikan tidak ada kebocoran. Untuk melakukan ini, kedua sisi telapak tangan Anda menutupi respirator dan buang napas. Jika ada udara yang hilang melalui lubang klip hidung, koreksi klip hidung lagi di langkah
  6. Jika ada udara melalui permukaan wajah Anda, kencangkan respirator dengan menarik tali ke belakang. Jika Anda masker Anda mengalami kerusakan atau kebocoran, harap tidak memasuki memasuki area yang terkontaminasi.

 

Sumber video: MOHSingapore

 

Bagaimana memastikan masker N95 sudah terpasang dengan benar?

 

  1. Pastikan Anda sudah memasang masker dengan benar sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  2. Tempelkan kedua tangan pada masker (jangan terlalu menekan masker)
  3. Jika seluruh permukaan masker ketarik ke arah wajah Anda, artinya Anda menghirup udara yang terperangkap di antara wajah dan lapisan masker, bukan udara dari luar. Maka kemungkinan Anda sudah memakai masker N95 dengan benar.
  4. Apabila masker tidak mengatup ke arah wajah, maka bisa jadi ada celah sehingga Anda menghirup udara dari luar.
  5. Ulangi cara pakai masker N95 dari awal dan gunakan kembali dengan benar.

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   COVID-19