Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Leher dan Pundak Kaku saat WFH? Begini Cara Mengatasinya!

leher kaku dan pundak kaku saat WFH farmaku

Pernah mengalami leher kaku atau pundak kaku selama Work from Home (WFH)? Kondisi yang banyak dikeluhkan ini bisa saja disebabkan oleh posisi duduk yang salah saat bekerja. Bukan hanya itu, masih ada penyebab lain dan ketahui juga cara mengatasinya!

Penyebab Pundak dan Leher Kaku

Salah satu penyebab pundak kaku dan penyebab leher kaku adalah posisi duduk atau membungkuk dalam waktu lama, seperti di meja dan melihat ke bawah pada suatu objek seperti handphone berulang kali. Saat WFH, mungkin Anda tidak mendapatkan tempat duduk serta meja yang nyaman, sehingga mengalami otot kaku pada leher dan pundak.

Cara Mengatasi Leher dan Pundak Kaku

Cara meredakan leher kaku tergantung pada penyebabnya. Jika kekakuannya ringan, seperti yang disebabkan oleh duduk terlalu lama didepan komputer beberapa perawatan rumahan berikut mungkin dapat membantu Anda :

1. Kompres Es

Menerapkan kompres es dapat menjadi salah satu cara mengatasi leher kaku. Mereka membantu Anda dalam mengurangi nyeri pada pundak dan leher yang kaku. Ini juga dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan setelah ketegangan ringan.

Anda bisa menggunakan kantong es pertolongan pertama atau tutupi kantong es dengan kain untuk menghindari radang dingin. Tempelkan es selama 20 menit dan istirahatkan selama 20-30 menit sebelum mengkompresnya lagi.

2. Kompres Panas

Cara mengatasi pundak kaku Selain menggunakan kompres es, Anda juga bisa menggunakan bantalan pemanas atau mandi air panas. Hal ini dapat untuk membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan meredakan nyeri.

3. Konsumsi Obat Leher Kaku

Apabila menggunakan perawatan dengan es dan kompres panas tidak membantu Anda bisa mengkonsumsi obat leher kaku seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Beberapa contohnya termasuk ibuprofen dan naproxen, yang dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain, cobalah untuk mengkonsultasikannya ke dokter sebelum menggunakannya.

Baca Juga : 15 Obat Herbal Cina Legendaris yang Super Manjur!

4. Lakukan Peregangan

Rasa sakit yang terjadi pada leher dan pundak bisa disebabkan karena otot leher kaku dan juga otot pundak kaku. Anda disarankan untuk melakukan peregangan untuk mengurangi kekakuan tersebut.

Cobalah untuk meregangkan otot leher dan pundak dengan menggerakkan kepala secara lembut dan perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Putar bahu ke depan dan ke belakang. Namun Anda perlu menghentikan jika peregangan menyebabkan nyeri.

5. Pijat Leher dan Pundak

Metode rumahan lain yang bisa Anda coba untuk mengurangi kekakuan pada pundak dan leher adalah dengan melakukan pijat. Anda bisa meminta anggota keluarga Anda untuk melakukan pijatan pada pundak dan leher Anda. Atau terapis pijat berlisensi juga dapat membantu meredakan otot yang tegang dan nyeri.

Meskipun penelitian belum membuktikan bahwa pijatan efektif, namun hal ini dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa mengoleskan krim nyeri leher dan pundak untuk mengurangi rasa sakit.

Cara Mencegah Leher dan Pundak Kaku saat WFH

Leher dan pundak yang kaku dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas. Oleh karrena itu, mencegah otot pundak dan leher kaku adalah cara yang harus dilakukan. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah otot leher dan pundak yang kaku saat WFH:

1. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak tepat seperti terlalu sering membungkuk secara bertahap dapat menarik otot leher dan menyebabkan kekakuan serta rasa nyeri. Anda harus fokus untuk menjaga bahu, leher, dan punggung dalam garis lurus sepanjang hari.

Cobalah duduk dengan penyangga lumbar (punggung bawah) yang pas serta menjaga punggung atas Anda menempel pada sAndaran kursi. pastikan juga ketinggian tempat duduk Anda sedemikian rupa sehingga pergelangan tangan Anda sejajar dengan keyboard saat mengetik di komputer.

2. Posisikan Layar Komputer/Laptop dengan Benar

Usahakan menjaga layar komputer tetap datar atau pada 30 derajat ke bawah dari garis pandang Anda. Hal ini dapat membantu Anda dalam memposisikannya di ketinggian tampilan yang nyaman. Hindari melihat ke bawah ke layar dan jangan miringkan layar.

Jika Anda menggunakan laptop, cobalah untuk meletakkannya di atas tumpukan buku atau di kotak karton. Pastikan untuk mengangkat laptop sejajar dengan posisi pandangan Anda agar lebih nyaman.

Baca Juga : 8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

3. Kurangi Bekerja di Tempat Tidur

Sering bekerja di atas tempat tidur? Mungkin hal ini terasa nyaman, namun kebiasaan ini bisa membawa kondisi yang buruk bagi Anda. Kenapa? Ketika kaki Anda akan disilangkan, dan digunakan sebagai penyangga laptop Anda.

Posisi layar laptop seperti itu terlalu rendah untuk tampilan layar yang optimal. Hal ini mengharuskan Anda untuk membungkuk, sehingga bisa mengalami pada pundak dan leher kaku.

Jika tempat tidur adalah satu-satunya pilihan Anda, maka letakkan bantal di belakang punggung. Letakkan juga bantal sebagai alas laptop agar lebih sejajar dengan pandangan. Anda juga bisa menggunakan meja rendah untuk meletakkan laptop di atas kaki, sehingga Anda dapat mengetik dengan ketinggian yang nyaman tanpa membuat leher lelah.

4. Istirahat Berkala

Anda mungkin harus bekerja dengan posisi duduk sambil memandang layar komputer atau laptop dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa membuat leher dan pundak tegang serta kaku. Cobalah untuk bangun, berjalan, dan lakukan peregangan setidaknya satu kali per jam untuk menghindari kekakuan pada otot leher dan juga pundak Anda.

Walaupun beberapa kondisi otot leher dan pundak yang kaku mungkin tidak serius, Anda harus tetap memperhatikan kondisi leher dan pundak. Jika rasa sakit yang Anda rasakan berlangsung lama, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Lakukan juga olahraga ringan untuk menjaga tubuh Anda lebih bugar.  Selamat menjalani WFH dengan lebih nyaman Farma Friends!

What causes muscle soreness and stiffness?. Diakses pada november 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324070#takeaway

What Causes Concurrent Neck and Shoulder Pain, and How Do I Treat It?. Diakses pada november 2020. https://www.healthline.com/health/what-causes-concurrent-neck-and-shoulder-pain-and-how-do-i-treat-it#summary

5 Ways to Avoid Neck and Shoulder Pain When Working from Home. Diakses pada november 2020. https://www.templehealth.org/about/blog/5-ways-avoid-neck-shoulder-pain-working-from-home

WFH causing neck pain? Try these tips to ease discomfort. Diakses pada november 2020. https://azbigmedia.com/lifestyle/wfh-causing-neck-pain-try-these-tips-to-ease-discomfort/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan