Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Mengenal Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Rambut

 23 Apr 2019



manfaat lemon untuk rambut


Rambut rontok dan berketombe merupakan masalah yang kerap kita alami. Meski sudah diatasi dengan shampoo anti rontok dan ketombe, atau pakai produk perawatan rambut yang mahal sekalipun, kadang masalah ini masih saja muncul. Ketombe biasanya akan membuat rambut menjadi lepek dan rentan menyebabkan kerontokan yang berlebih lho FarmaFriends.

 


Mengenai masalah rambut rontok dan berketombe, ada cara lain untuk mengatasinya. Diantaranya dengan memanfaatkan kandungan alami dari lemon. Buah lemon dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang mampu mengurangi kerontokan rambut, rambut berketombe sekaligus menjaga kesehatan kulit rambut. Nah, sebelumnya simak dulu penyebab rambut rontok dan berketombe.

 

Penyebab Kerontokan Pada Rambut

 

Secara umum rambut rontok disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:

 

  • stres
  • kekurangan gizi terutama asupan protein, zat besi, dan vitamin B
  • telalu sering keramas
  • faktor hormonal pada wanita hamil
  • sedang menjalani pengobatan tertentu, atau
  • teralu sering menggunakan pengering rambut.

 

Normalnya, rambut akan rontok sekitar 50 - 100 helai setiap harinya. Hal ini wajar, karena rambut baru akan tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun, jika rambut rontok dalam jumlah yang berlebihan (lebih dari 100 helai sehari) maka keadaan tersebut dikatakan tidak normal.

 

Penyebab Rambut Berketombe

 

Adanya ketombe pada kulit kepala memang mengganggu dan menimbulkan efek gatal. Tubuh manusia akan mengalami proses alami yang dengan merontokan sel-sel kulit mati jika mulai tumbuh sel-sel kulit baru. Nah, salah satu dampak dari proses alami tersebut adalah ketombe.

 


Perlu juga untuk diketahui bahwa ada faktor lain yang memicu timbulnya ketombe pada rambut yaitu: 

 

  • kandungan shampoo yang tidak cocok dengan kondisi kulit kepala dan rambut kamu,
  • peradangan pada kulit rambut,
  • alergi terhadap produk perawatan rambut seperti hair spray
  • jarang atau terlalu sering keramas.

 

Frekuensi keramas memang erat hubunganya dengan ketombe. Apabila rambut tidak keramas, maka kondisi kulit kepala akan cenderung lebih lembab, kondisi tersebut sangat disenangi jamur atau bakteri. Sedangkan, terlalu sering keramas akan mempercepat pengelupasan yang terjadi pada kulit.

 


Nutrisi Lemon Sebagai Solusi Masalah Rambut

 

Jika penggunaan bahan kimia sudah tidak ampuh mengatasi masalah rontok dan ketombe, maka kamu bisa memanfaatkan sari buah lemon untuk rambut cantikmu. Lemon adalah buah yang masuk kedalam keluarga citrus yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi. Kandungan asam yang dimiliki oleh lemon mampu menyingkirkan bakteri di kulit kepala yang menyebabkan timbulnya ketombe.

 

Selain itu sari buah lemon yang dicampur dengan minyak alami seperti olive oil atau aloe vera dapat menguatkan akar rambut dan memberikan kesuburan sehingga akan memperkecil kemungkinan rambut rontok.

 

Sari Lemon Sebagai Serum Rambut

 

lemon untuk serum rambut

Sumber Gambar: www.pexels.com

 

 

Kamu hanya memerlukan 1 - 2 sendok teh perasan air lemon yang kemudian dicampur dengan air. Oleskan pada kulit kepala secara merata sesaat setelah keramas, pijat pelan kulit kepala, tunggu beberapa menit lalu bilas kembali menggunakan cairan air lemon. Pastikan kamu tidak langsung mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, biarkan rambut basahmu mengering dengan sendirinya.

 

 






Bagikan artikel ini :