Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

PSBB Dilonggarkan, Ketahui Manfaatnya Bagi Keluarga

 29 May 2020 Mom & Baby | COVID-19



manfaat psbb bagi keluarga



Sampai saat ini belum juga ada tanda-tanda kapan pandemi covid-19 akan berakhir di negara kita. Namun, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sebagai langkah yang diambil pemerintah dinilai mampu memperlambat penyebaran virus corona di Indonesia.

 

Jika dilihat lebih jauh, sebenarnya PSBB bukan hanya tentang hal-hal terkait penyebaran virus corona saja. Kebijakan pemerintah ini nyatanya bisa dimanfaatkan untuk mempererat ikatan dengan keluarga sehingga mampu menjaga keharmonisan antara pasangan termasuk dengan anak juga. Aturan PSBB mengharuskan sebagian besar masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Dengan kata lain, sebagian besar waktu dihabiskan di rumah bersama keluarga.

 

Meski begitu, hingga kini vaksin corona belum juga ditemukan. Sehingga Presiden RI, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap produktif sambil tetap menjalankan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19. Hal ini juga telah disampaikan oleh pemerintah dalam video conference mengenai 'The New Normal'.

 

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Selesai, WHO Keluarkan Pedoman ''The New Normal''

 

Apa itu the new normal?

Menurut presiden Jokowi arti kata the new normal adalah cara hidup manusia berubah setelah adanya COVID-19. Dengan kata lain teh the new normal ajakan untuk kembali produktif dengan melakukan berbagai aktifitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus corona. Disamping itu WHO juga telah memberi pedoman mengenai transisi menuju the new normal.

 

Nah, berhubung aturan psbb akan segera dilonggarkan dan digantikan dengan aturan baru, penasaran apa saja manfaat PSBB bagi keluarga FarmaFriends? Yuk, Simak penjelasan selengkapnya


Baca juga: Aturan New Normal dari Kemenkes untuk Cegah Corona di Tempat Kerja

 

1. Meningkatkan quality time

 

psbb


PSBB yang telah berlansung selama sebulan lebih ini memberikan kesempatan untuk membangun quality time bersama keluarga dirumah. Jangan salah lho, menurut ahli psikolog meningkatnya quality dengan keluarga bisa menciptakan suasana yang harmonis di rumah.

 

2. Keakraban semakin erat

 

menjag keakraban dengan si kecil


Untuk kita yang hidup di kota-kota besar, kesibukan dan aktivitas di luar mungkin lebih menyita waktu ketimbang menghabiskan waktu bersama pasangan atau keluarga. Namun dengan diterapkannya PSBB, maka waktu bersama keluarga pun bisa dimanfaatkan dengan baik dengan sering meluangkan waktu bersama, berkomunikasi, menghadapi dan memecahkan berbagai masalah bersama sehingga keintiman dengan keluarga dapat terbangun.

 

3. Mencoba kegiatan baru

 

kegiatan social distancing

 

Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga tidak perlu biaya yang banyak kok. Karena faktanya ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa Anda coba bersama pasangan dan Anak.

 

Contohnya seperti berkebun atau memasak menu-menu baru. Agar lebih menarik untuk dilakukan, ajaklah anak dan pasangan Anda untuk turut andil. Umumnya anak-anak senang membantu orang tua mereka mengerjakan tugas-tugas dewasa.

 

Baca juga: Tips Buat Physical Distancing di Rumah Jadi Menyenangkan

 

4. Meningkatkan semangat hidup anggota keluarga

 

qua;ity time

Menurut beberapa penelitian, disebutkan bahwa quality time mampu meningkatkan semangat hidup keluarga. Anggota keluarga dengan cukup quality time akan menjadi lebih bahagia, lebih rukun dan memiliki sedikit konflik.

 

5. Meningkatkan IQ dan akademik anak

 

cara meningkatkan IQ anak


Karena selama psbb pemerintah menghimbau anak-anak untuk melakukan belajar di rumah, Anda bersama pasangan tentunya jadi memiliki banyak waktu untuk membimbing anak-anak belajar. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kemampuan akademis anak.

 

6. Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

 

sosial distancing

Kemampuan bersosialisasi anak di masyarakat bermula dari dalam keluarganya. Apabila ikatan komunikasi keluarga baik dan positif, biasanya akan tumbuh rasa percaya diri yang kuat untuk menjadi dukungan bagi anak dalam bersosialisasi dengan lingkungannya.

 

Nah dengan diterapkannya psbb yang seakan memaksa kita untuk melakukan segala hal dirumah, memungkinkan Anda dan keluarga selalu berada di lingkungan yang sama dengan keluarga.

 

7. Membentuk komunikasi yang positif dengan anda dan pasangan

 

membangun hubungan harmonis


Dengan diterapkannya psbb yang seakan memaksa kita untuk melakukan segala hal dirumah, memungkinkan Anda dan keluarga selalu berada di lingkungan yang sama dengan keluarga.

 

Komunikasi positif hanya bisa tumbuh melalui waktu yang diluangkan untuk keluarga. Tanpa adanya waktu luang, maka komunikasi antara keluarga sulit untuk terbangun. Melalui psbb ini, quality time menjadi proses paling sederhana untuk bisa melatih komunikasi dengan para anggota keluarga.

 

Meski nantinya psbb dilonggarkan dan dapat beraktifitas kembali tetap jaga kualitas quality time Anda bersama keluarga ya FarmaFriends. Pastikan juga bahwa Anda dan keluarga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak paling tidak 1-2 meter dengan orang lain, dan selalu penuhi asupan vitamin agar sistem kekebalan imun tetap terjaga. (PR)

 

 

 

 

Sumber: 

The Guardian. Diakses pada Mei 2020. The family lockdown guide: how to emotionally prepare for coronavirus quarantine .https://www.theguardian.com/world/2020/mar/13/the-family-lockdown-guide-how-to-emotionally-prepare-for-coronavirus-quarantine

South University. Diakses pada Mei 2020. The Advantages of Family Time.https://www.southuniversity.edu/news-and-blogs/2016/08/the-advantages-of-family-time-113366

CBT Baltimore. Diakses pada Mei 2020. We Are Family: The Benefits of Spending Time Together. https://www.cbtbaltimore.com/we-are-family-the-benefits-of-spending-time-together/

 

 

 





Bagikan artikel ini :




Mom & Baby   COVID-19