Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Inilah 7 Manfaat Kopi Hitam untuk Perawatan Kulit Wajah

 29 Nov 2019 Manfaat kopi | kecantikan




Sebagian orang mungkin masih beranggapan untuk mendapatkan kulit yang bersih dan mulus diperlukan perawatan kulit yang mahal. Padahal untuk merawat kulit, terutama kulit wajah tidak melulu harus menggunakan bahan-bahan mahal.

 

Kopi merupakan salah satu bahan alami dengan harga relatif murah dan mudah ditemukan. Selain menjadi minuman yang digemari banyak orang, kopi juga merupakan bahan baku yang memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit wajah Anda. Yuk, simak tujuh manfaat kopi berikut ini:

 

1. Mengangkat sel kulit mati

 

 mengangkat sel kulit mati

 

Tubuh menghasilkan jutaan sel kulit mati setelah kulit mengalami regenerasi setiap 28 - 30 hari. Saat terjadinya proses regenerasi, sel kulit baru akan keluar dan mendorong sel kulit mati. Bila sel kulit mati tidak dibersihkan, maka sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan mengganggu kesehatan kulit Anda. 

 

Untuk membantu mengangkat sel kulit mati, perlu dilakukan eksfoliasi agar sel kulit mati terangkat karena eksfoliasi membantu proses pengelupasan kulit mati. Selain sebagai bahan minuman, kopi juga sebagai eksfoliator yang baik yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati ketika dijadikan bahan scrub.

 

Cara menggunakan bubuk kopi sebagai scrub:

  1. Ambil bubuk kopi secukupnya.
  2. Tambahkan perasan lemon, lidah buaya, atau madu. Pilih salah satu bahan untuk dicampur dengan bubuk kopi.
  3. Ambil bubuk kopi yang sudah bercampur dengan air lemon, lidah buaya, atau madu. Lalu gosok ke bagian tubuh atau wajah yang diingin secara perlahan.
  4. Diamkan sampai bubuk kopi sedikit lebih kering.
  5. Bilas dengan air hangat.

 

Melakukan eksfoliasi dengan bubuk kopi dapat membantu kulit Anda lebih mulus dan lebih cerah. Meski begitu, hasil ini tidak dapat dirasakan secara instan. Anda perlu rutin melakukan scrubbing seminggu sekali agar mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya menggunakan produk facial scrub berbahan kopi alami.

St.Ives Facial Scrub Energizing Cocunut & Coffee

 

2. Menyamarkan noda hitam

 

  menyamarkan noda hitam

 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya noda hitam di wajah seperti terkena paparan sinar matahari, bekas jerawat, kosmetik yang kurang cocok, polusi udara hingga masalah hormonal. Untuk menyamarkan noda hitam di wajah akibat faktor tersebut, memanfaatkan campuran bubuk kopi dan minyak zaitun sebagai masker dapat membantu mengatasi masalah noda hitam karena kandungan antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas. 


3. Mengatasi jerawat

 

 Mengatasi jerawat

 

Kopi mengandung flavanoid dan polifenol sebagai antioksidan yang dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit termasuk jerawat. Selain itu, kandungan kafein yang ada pada kopi juga efektif mengurangi kemerahan akibat jerawat meradang. 

 

Untuk mengurangi masalah jerawat Anda bisa menggosok wajah dengan bubuk kopi, sehingga sel-sel kulit mati dan zat lain yang menyumbat pori-pori terangkat. 

 

4. Mengurangi komedo

 

mengatasi komedo 

 

Selain mengurangi jerawat, kopi bisa bermanfaat untuk mengatasi komedo karena kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi minyak yang menjadi penyebab munculnya komedo. Untuk mengurangi komedo Anda bisa menggunakan masker kopi pada bagian hidung atau bagian wajah yang berkomedo.

 

Siapkan bubuk kopi dan tambahkan sedikit air, aduk hingga merata hingga menjadi pasta. Selanjutnya oleskan pada hidung yang sudah bersih dan diamkan selama 5 menit. Lalu, gosok secara perlahan kopi yang ada pada hidung. Terakhir, basuh wajahmu dengan air hingga bersih. Keringkan bagian hidung dengan handuk atau tisu kering. 

 

5. Mengurangi mata panda

 

Mengurangi mata panda 

 

Kurang tidur, paparan sinar matahari, atau faktor genetik dapat menjadi faktor munculnya mata panda atau lingkaran hitam yang ada di bawah mata. Mata panda dapat membuat seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

 

Salah satu bahan alami yang dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata adalah bubuk kopi karena kandungan kafein pada kopi dapat mencerahkan lingkar mata. Untuk mengurangi mata panda, Anda bisa rutin menggunakan masker kopi di bawah mata selama 2 -3 kali dalam seminggu. 


6. Sebagai anti-aging

 

mengatasi keriput 

 

Selain membantu menyamarkan noda hitam di kulit wajah, kopi juga dapat menyamarkan garis-garis halus di wajah akibat penuaan. Anda bisa menggunakan masker kopi atau dijadikan scrub untuk membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

 

7. Memperbaiki kerusakan kulit 

 

memperbaiki kerusakan kulit 

 

Kopi sangat kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dan menyamarkan noda hitam di wajah. Selain itu, kandungan astringent pada kopi juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit wajah Anda. 

Nah, itulah tujuh manfaat kopi yang bisa membantu Anda mengatasi masalah-masalah di wajah Anda. Yuk, cobain sekarang!

 

Sumber:

healthline.com 






Bagikan artikel ini :




Manfaat kopi   kecantikan