Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 24:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Ketahui Manfaat Minyak Kemiri untuk Pertumbuhan Rambut

 28 Nov 2019 Minyak kemiri | Pertumbuhan Rambut



minyak kemiri untuk rambut


Tidak hanya menjadi bahan bumbu masakan, ternyata kemiri juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan rambut. Anda bisa mendapatkan rambut yang tebal dan sehat dengan memanfaatkan minyak kemiri yang telah diolah.

 

Kemiri adalah salah satu tumbuhan yang bijinya sering dimanfaatkan. Biji kemiri itu sendiri berasal dari tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Aleurites moluccana. Umumnya pohon ini tersebar ke berbagai negara seperti Asia Tenggara, Cina, India, dan negara lainnya . Di tiap negara kemiri dikenal dengan sebutan yang berbeda- beda yaitu candlenut atau candleberry. Sedangkan pohonnya dikenal dengan kukui nut tree.

 

Apa saja kandungan kemiri?  

Kemiri memiliki kandungan minyak yang tinggi,  protein, karbohidrat, vitamin dan mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Selain itu kemiri juga dilengkapi dengan beberapa zat yang bermanfaat antara lain:

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Fitosterol

 

Bagaimana cara mengolah minyak kemiri? 

Agar dapat dinikmati manfaatnya, kemiri harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyangrai, membakar, atau memanggang biji kemiri hingga keluar minyaknya. Proses pembuatan minyak kemiri sendiri di rumah bisa menghindarkan Anda dari minyak kemiri palsu atau yang telah ditambahkan zat kimia tertentu.

 

Berikut cara membuat minyak kemiri yang dapat Anda tiru dirumah:

 

Disangrai, masaklah kemiri pada wajan (tanpa menggunakan minyak) hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk atau blender sampai kemiri mengeluarkan minyaknya. Saring dengan minyak kemiri dengan ampasnya.

Dibakar, bakar minyak kemiri hingga kehitaman. Lalu tumbuk kemiri sampai mengeluarkan minyak. Saring dengan minyak kemiri dengan ampasnya.

Dioven, panaskan biji kemiri dalam oven selama 15-20 menit. Keluarkan kemiri dari oven dan biarkan kemiri pada suhu ruangan. Tumbuk biji kemiri lalu masukan dalam toples kaca. Jemur dibawah sinar matahari (maksimal 2 minggu) hingga minyak kemiri keluar, lalu simpan di kulkas.

 

Minyak kemiri untuk pertumbuhan rambut

Sudah sejak lama minyak kemiri memang sudah banyak digunakan untuk perawatan rambut secara tradisional. Meski secara proses pembuatan sedikit merepotkan, namun manfaat yang didapatkan juga sepadan. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa minyak kemiri mampu meningkatkan kesehatan dan kesuburan rambut.

 

1. Mengatasi kerontokan dan kebotakan rambut

 

Pernahkah Anda mengalami rambut rontok atau kebotakan dini? Rambut rontok memang mengganggu bahkan jika sering terjadi dapat mengkhawatirkan. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat memanfaatkan minyak kemiri untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Selain mengandung lemak omega 3 yang tinggi, kemiri juga mengandung vitamin B dan zat thiamin yang mampu meresap ke dalam kulit kepala dengan baik dan menutrisi akar rambut. Dengan begitu kondisi rambut akan lebih ternutrisi sehingga kerontokan dan kerusakan akar rambut lainnya dapat terhindari. Agar hasilnya lebih optimal, oleskan minyak kemiri seminggu dua kali.

2. Memperkuat akar rambut

 

Akar rambut yang rapuh adalah penyebab rambut mudah rontok. Nah! Untuk memperkuat akar rambut, Anda dapat memanfaatkan kemiri sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak kemiri kaya kandungan vitamin dan mineral sehingga mampu menutrisi kepala bukan hanya pada kulit melainkan sampai kebagian akar rambut.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

 

Kandungan asam linoleat pada minyak kemiri selain mampu melembabkan rambut, namun juga membantu merangsang pertumbuhan rambut. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secara menyeluruh maka rambut pun secara perlahan akan tumbuh menjadi lebih subur. Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan setelah menggunakan minyak kemiri adalah rambut menjadi tambah lebih berkilau dan hitam.

 

Sumber: 

drhealthbenefits.com

 






Bagikan artikel ini :




Minyak kemiri   Pertumbuhan Rambut