Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

6 Cara Menghindari Covid-19 Setelah Keluar Rumah

 01 Apr 2020 Kesehatan | virus corona



cegah covid-19 setelah kelur rumah


Untuk menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19. masyarakat dihimbau agar tetap di rumah dan melakukan berbagai aktivitas di rumah, mulai dari belajar di rumah, bekerja di rumah, hingga beribadah di rumah. Namun, anjuran ini tidak bisa dilakukan semua orang. Terutama bagi mereka yang bekerja di luar seperti dokter dan petugas kesehatan, polisi, ojek online, atau lainnya.

 

Jika kamu bisa di rumah, sebaiknya tetaplah di rumah. Namun, jika diharuskan untuk ke luar rumah karena bekerja atau ada keperluan mendesak, tak jadi masalah. Namun, kamu juga perlu memperhatikan protokol ketika kamu sampai di rumah atau setelah bepergian di tengah wabah coronavirus ini.

 

Berikut enam hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona setelah kamu pergi atau keluar rumah.

 

1. Buka sepatu sebelum masuk ke rumah

 

lepas sepatu sebelum masuk ke rumah

 

Langkah awal yang perlu kamu lakukan saat tiba di rumah adalah melepas sepatu. Namun, lakukan hal ini di depan pintu sebelum kamu masuk ke rumah. Hindari kebiasaan menggunakan sepatu dan membawanya masuk ke rumah. Apalagi saat kamu masih memakainya, kemudian kamu menjatuhkan dirimu ke kasur.

 

Baca Juga: Lakukan Isolasi Mandiri di Rumah? Berikut Protokol Isolasi dari Kemenkes!

 

Hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri atau keluarga kamu, jika ternyata kamu membawa berbagai macam bakteri, kuman, hingga virus yang ada di luar rumah. Terutama di saat keadaan seperti sekarang, ketika virus corona menjadi wabah dunia.

 

Tidak mau kan, kebiasaan ini membawa hal yang tidak kamu inginkan untuk keluarga atau dirimu sendiri? Yuk, biasakan diri untuk lepas pintu sebelum masuk ke rumah.

 

2. Bersihkan barang yang dibawa pergi dengan cairan disinfektan

 

bersihkan hape

 

Setelah melepaskan sepatumu di depan pintu rumah. Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan desinfektan pada barang-barang yang kamu bawa pergi atau yang menempel saat kamu di luar rumah. Misalnya, ponsel, kacamata, laptop atau barang lainnya.

 

Apa itu cairan disinfektan?

 

Cairan desinfektan merupakan cairan pembersih yang bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, hingga mikroorganisme berbahaya lainnya yang terdapat pada permukaan benda mati atau ruangan. Contohnya, meja, kursi, gagang pintu, kran wastafel, hingga lemari.

 

Cairan ini juga mengandung konsentrasi biosida (zat kimia yang mengandung racun) yang tinggi. Karena hal itu, cairan ini sebaiknya tidak disemprotkan ke tubuh manusia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia juga telah memperingatkan masyarakat untuk tidak menggunakan langsung ke tubuh manusia. Hal ini karena kandungan dalam larutan cairan desinfektan memiliki risiko berbahaya bagi kesehatan manusia.

 

"Jangan menyemprotkan disinfektan langsung ke badan seseorang, karena bisa membahayakan. Gunakan desinfektan hanya pada permukaan benda-benda," cuitan dari akun resmi WHO Indonesia di Twitter pada Minggu, (29/3).

 

3. Buang semua tanda terima pembelian

 

buang sampah setelah dari luar rumah

 

Ketika kamu pergi keluar untuk membeli kebutuhan seperti makanan atau obat-obatan. Lalu kamu menerima kertas tanda pembelian. Maka, kertas itu sebaiknya langsung kamu buang saat tiba di rumah. Cari ini dilakukan agar mencegah penyebaran virus Covid-19 di rumah melalui struk atau kertas-kerta yang kita dapat di luar. Selain struk belanjaan, kamu juga bisa membuang barang lainnya yang kamu dapat dari luar, jika kamu merasa barang tersebut sudah tidak diperlukan atau tidak penting lagi.

 

4. Cuci kaki dan tangan

 

cuci tangan dan kaki

 

Usai membuang barang-barang yang tidak dibutuhkan dan menyemprotkan cairan desinfektan pada barang yang kamu bawa dari luar. Selanjutnya, pergi cuci tangan dan kaki kamu. Jangan pernah memegang benda-benda di rumah sebelum kamu mencuci tangan dengan baik dan benar, yaitu menggunakan sabun dan air.

 

5. Buka pakaian dan jangan menggantungkan pakaian

 

buku pakaian setelah dari luar

 

Langkah berikutnya, segera buka pakaian yang kamu gunakan dan jangan biarkan baju tersebut digantung di kamar atau digunakan kembali esok harinya. Pakaian yang kamu kenakan, mungkin saja mengandung virus, bakteri, atau kuman setelah kamu pergi keluar atau selama perjalanan. Untuk itu, segera buka dan ganti pakaianmu agar bakteri, kuman, dan virus yang menempel di bajumu tidak menyebar ke lingkungan tempat tinggalmu.

 

6. Segera pergi mandi

 

mandi setelah pergi

 

Setelah membuka pakaianmu, kamu bisa segera mandi dan membersihkan tubuh dari ujung kepala hingga kaki. Saat mandi, sebaiknya bersihkan tubuh bagian atas terlebih dulu. Lalu, turun ke bagian bawah tubuh secara berurutan. Kemudian, bersihkan area lipatan seperti selangkangan, ketiak, dan area kulit lainnya. Jangan lupa, bersihkan sela-sela jari kamu. Jika kamu keramas, lakukan hal ini pertama kali sebelum membersihkan area tubuh lainnya.

 

cara menghindari virus corona setelah keluar rumah

 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah

 

Nah, setelah enam langkah tadi sudah kamu lakukan, kamu bisa segera menyapa atau berkumpul bersama keluargamu, serta melakukan aktivitas lainnya di rumah. Dengan melakukan langkah-langkah tadi, kamu juga turut membantu membantu menghentikan penyebaran virus Corona kepada orang lain..6 Cara Menghindari Covid-19 Setelah Keluar Rumah





Bagikan artikel ini :




Kesehatan    virus corona