Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh untuk Lawan Virus Corona

“Bagaimana meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus corona atau Covid-19?”

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang mungkin muncul di benak setiap orang saat menghadapi wabah corona seperti sekarang ini. Virus corona adalah virus yang baru bagi masyarakat di seluruh dunia, sehingga belum banyak yang tahu bagaimana cara mencegah atau mengelola kerusakan yang disebabkan oleh virus ini.

Jika Anda melihat banyak berita di media online atau lainnya, yang mengklaim bahwa sistem kekebalan tubuh manusia dapat meningkat dengan menambahkan asupan vitamin seperti vitamin C, vitamin D, hingga minyak esensial. Namun, bagaimana Anda tahu rekomendasi mana yang benar-benar berhasil?

Tentu itu pertanyaan yang sulit untuk dijawab, terutama karena sistem kekebalan tubuh manusia bukanlah “satu hal” yang dapat diukur dengan mudah. Sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang rumit dengan banyak komponen yang berbeda. Jika Anda membantu satu bagian, ada kemungkinan Anda dapat merusak bagian lainnya atau meningkatkan bagian tertentu.

Baca Juga: 15 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Jika Anda muda dan sehat, risiko komplikasi yang dirasakan lebih rendah. Jika Anda terjangkit virus ini, Anda mungkin akan memiliki gejala yang ringan dan bisa pulih sepenuhnya dalam beberapa minggu.

Bahkan, ada yang terinfeksi virus ini tanpa menunjukkan gejala apa pun. Sementara, jika Anda lebih tua atau memiliki penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda memiliki tingkat risiko gejala virus corona yang parah, yang kemudian berpotensi kehilangan nyawa akibat virus ini.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan Covid-19 supaya menghindari hal tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat mengurangi risiko terkena virus atau mengalami komplikasi akibat Covid-19.

Kebiasaan sederhana yang bantu Melawan Virus Corona

Ini adalah hal mudah yang dapat Anda lakukan hari ini dan tidak memerlukan biaya apa pun. Kami menyarankan Anda memprioritaskan langkah-langkah dasar ini untuk melindungi diri Anda dan meningkatkan kesehatan Anda, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda kuat.

1. Cuci tangan yang benar

cuci tangan yang baik dan benar

Virus corona dapat terbunuh dengan mencuci tangan yang benar selama 20 detik menggunakan sabun atau menggunakan pembersih tangan yang lebih besar dari alkohol 60%.

2. Jangan merokok

dilarang merokok

Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular infeksi dan menderita komplikasi parah akibat infeksi virus corona. Untuk itu. sebaiknya Anda mulailah berlatih untuk berhenti merokok demi menjaga kekebalan tubuh Anda tetap kuat.


3. Tidur yang cukup

tidur yang cukup

Lakukan tidur yang cukup, selain karena tidur penting untuk kesehatan secara umum. Tidur juga bermanfaat bagi fungsi kekebalan tubuh Anda. Sebagai contoh, ada studi yang menunjukkan bahwa mereka yang menderita insomnia, secara rata-rata, memiliki respons imun yang kurang terhadap vaksin influenza. Sementara penelitian lain yang dilakukan pada bayi kembar menunjukkan mereka yang kurang tidur dapat mengubah ekspresi gen yang terkait dengan fungsi kekebalan tubuh.

Penelitian lain juga menunjukan bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam tiga kali lebih mungkin untuk mengalami gejala daripada mereka yang tidur lebih dari delapan jam.

Baca Juga: Obat Tidur Alami dan Aman untuk Atasi Insomnia

Jika Anda terisolir di rumah, hal ini memungkinkan Anda untuk lebih banyak waktu pada elektronik seperti tablet, ponsel, dan televisi. Namun, Anda bisa mengalihkan kegiatan tersebut atau mengganti kegiatan Anda kepada kegiatan non-teknologi saat malam hari, seperti menyusun puzzle, teka-teki silang, atau membaca buku dalam bentuk yang sebenarnya (bukan ebook).

4. Olahraga

olahraga di rumah

Sebuah studi observasi menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga cenderung menderita lebih sedikit infeksi daripada mereka yang tidak. Namun, studi-studi tersebut memiliki variabel-variabel yang membingungkan, karena penelitian lainnya menunjukkan bahwa melakukan aktivitas atau olahraga yang terlalu berat dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga: 7 Gerakan Yoga Atasi Cemas dan Stres Selama Pandemi Corona

Lalu, olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan?

Jika Anda menikmati olahraga yang berat, pertimbangkan untuk mengurangi frekuensi atau intensitas sebesar 10-20% (ini tidak didukung secara ilmiah tetapi direkomendasikan oleh beberapa ahli). Lalu, cobalah untuk fokus pada latihan di rumah dan lihat kursus atau panduan latihan yang ada di Youtube yang dilakukan instruktur olahraga.

5. Mengelola stres

cara mengelola stres

Di saat seperti saat ini, banyak hal yang dapat menjadi pemicu seseorang mengalami stres, seperti berhenti dari pekerjaan atau pendapatan menurun akibat wabah Covid-19, dan melihat media yang selalu memberitakan soal virus ini.

Stres merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Namun, stres yang berkepanjangan atau stres kronis dapat berpengaruh pada berkurangnya sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: Mengelola Stres Selama Wabah Virus Corona

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan ada mahasiswa kedokteran yang mengalami tingkat stres yang tinggi sebelum ujian akhir mereka, sehingga hal tersebut berpengaruh pada fungsi sel pembunuh alami, sel-sel yang merupakan “responden pertama” dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Kita tidak bisa membuat situasi penuh tekanan ini hilang sepenuhnya. Tetapi Anda dapat mengambil tindakan untuk mengendalikan respons Anda terhadap stres dengan mengelola stres yang dirasakan. Cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres, yaitu melakukan meditasi, latihan kesadaran, atau keluar namun tetap menghindari keramaian adalah contoh kegiatan yang gratis dan relatif mudah dilakukan. (SR)


Diet doctor. Diakses pada April 2020. Boosting your immune system to fight the coronavirus: what you need to know: https://www.dietdoctor.com/coronavirus
Everyday Health. Diakses pada April 2020. Helping Your Immune System: https://www.everydayhealth.com/cold-flu-pictures/better-immune-system.aspx
The Healthy. Diakses pada April 2020. 9 Innocent Habits That Might Be Ruining Your Immune System: https://www.thehealthy.com/immune-system/immune-system-function/


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19