Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Menjaga Kesehatan Sendi dengan Suplemen

Menjaga kesehatan sendi untuk mejaga dari penyakit rematik harus di lakukan. Bagi orang awam, setiap gejala nyeri, kaku, bengkak, pegal-pegal, atau kesemutan disebut rematik dan dianggap sama saja. Tetapi, tahukah Anda jika penyakit rematik terdiri lebih dari 100 jenis. Salah satu gangguan sendi yang paling banyak diderita di dunia adalah Osteoartritis (OA). Di Amerika, penderita OA mencapai 30 juta orang.

Menurut Riskesdas 2013, prevalensi penyakit sendi berada di urutan ketiga penyakit tidak menular setelah stroke (57,9%) dan hipertensi (36,8%), untuk prevalensi penyakit sendi sendiri sebesar 24,7% yang diagnosanya akan meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Osteoartritis (OA) adalah penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan tulang rawan sendi dan jaringan disekitarnya. Menurut Johnson dan Hunter, osteoarthritis dapat mengenai semua jenis sendi, umumnya sendi lutut, panggul, tangan, tulang belakang dan kaki. OA sering dianggap sepele karena tidak menimbulkan kematian dan perkembangan penyakitnya pun lambat. Namun, jika tidak segera ditangani, OA dapat membuat anggota tubuh tidak bisa berfungsi secara normal, seperti kaku, sulit berjalan, terdapat benjolan, bahkan kecacatan seumur hidup. Ditambah lagi rasa sakit yang timbul bisa sangat mengganggu dan membatasi aktivitas kegiatan sehari-hari, sehingga dapat mengganggu mobilitas dan menurunkan kualitas hidup seseorang. Maka dari itu perlunya mengkonsumi vitamin untuk sendi lutut, panggul, tangan, tulang belakang dan kaki untuk menhidari hal yang tidak di inginkan.

Untuk mengatasi gejala sendi seperti osteoartritis, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi suplemen. Suplemen adalah makanan kesehatan yang berfungsi untuk melengkapi komposisi gizi dari makanan utama yang dikonsumsi setiap hari, namun bukan untuk menggantikan fungsi makanan utama. Suplemen dapat mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino, herbal atau bahan lain yang mempunyai nilai gizi dan efek fisiologis dalam jumlah terkonsentrasi.

Lalu, suplemen apakah yang sebaiknya dikonsumsi seseorang untuk menjaga kesehatan sendi?

1. Glukosamin dan kondroitin

Suplemen persendian yang beredar di pasaran saat ini, umumnya mengandung glukosamin dan kondroitin sebagai building block untuk membangun kembali persendian yang rusak dan meningkatkan cairan pelumas sendi (synovial fluid).

2. UC-IITM2

UC-IITMUC-II™ merupakan branded ingredient dari InterHealth Nutraceuticals Incorporated/Lonza, USA. Mengandung undenatured (native) chicken collagen type II.  UC-II™ berasal dari tulang rawan dada ayam tanpa melalui proses denaturasi (penghilangan struktur pada protein seperti pemanasan dan reaksi enzimatik). UC-II™ dapat mencegah kerusakan tulang rawan, memiliki efek anti peradangan, mengurangi rasa sakit, menjaga kesehatan tulang dan memberikan bahan pembangun untuk memperbaiki tulang rawan.

UC-II™ terbukti secara klinis untuk menjaga kesehatan sendi. Penggunaan UC-II™ secara teratur juga dapat mencegah sel imun untuk “menyerang” persendian secara terus menerus sekaligus merangsang chondrocyte untuk memproduksi kolagen lebih banyak sehingga memberikan waktu yang cukup bagi sendi untuk membangun kembali tulang rawan yang sehat. Untuk itu, UC-II™ dapat digunakan untuk penderita rheumatoid arthritis (RA).

Kedua jenis komposisi tersebut biasanya dikombinasikan dengan herbal atau mineral yang dapat menghilangkan rasa sakit, bengkak dan melindungi tulang rawan dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti :

  • Boswellia serrata merupakan tanaman asli suku indian yang telah digunakan berabad-abad sebagai anti radang, anti-artritis dan penghilang rasa sakit.
  • MSM (Methyl Sulfonyl Methane)/OptiMSM® memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi, menghilangkan rasa sakit dan melindungi kesehatan persendian dari radikal bebas. MSM bermanfaat pada penyakit Rheumatoid arthritis

Tips memilih suplemen untuk persendian

suplemen

Setelah mengetahui kandungan yang baik untuk mengatasi penyakit sendiri, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen ada beberapa hal yang sebaiknya perlu Anda perhatikan, sebagai berikut:

  • Perhatikan banyak nya kandungan per tablet (serving size). Hal ini akan memengaruhi jumlah tablet sekali minum dan ukuran tablet.
  • Pilihlah suplemen dengan ukuran tablet yang dapat dikonsumsi dengan mudah.
  • Jika rematik disertai dengan penyakit lainnya, maka pilih suplemen sendi yang juga aman untuk penyakit lain tersebut
  • Pastikan suplemen yang dipilih telah teruji khasiat, aman dan berkualitas serta telah memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM.
  • Secara berkala, konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter 

Rekomendasi suplemen untuk persendian

Osteoartritis dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi, jaga berat badan ideal, kurangi penggunaan sepatu hak tinggi dan konsumsi suplemen yang mengandung glukosamin atau kondroitin. Untuk membantu mengatasi masalah peradangan pada sendi, tersedia suplemen yang bisa menjadi pilihan Anda sebagai berikut:

1. Nutrimax™ Joint Champ

Nutrimax Joint Champ

Nutrimax™ Joint Champ merupakan kombinasi 3 branded ingredients yang sudah terbukti secara klinis untuk menjaga kesehatan sendi yaitu UC-II™(undenatured (native) chicken collagen type II), AFLAPIN® (patented Boswellia serrata extract. Min. 20% AKBA) dan OptiMSM® (patented methylsulfonylmethane dengan kemurnian di atas 99% setelah melalui 4 kali proses destilasi). Merupakan produk persendian tanpa kandungan glukosamin sehingga aman dikonsumsi penderita Diabetes Melitus, tidak mengandung chondoritin yang sumbernya dapat terkontaminasi porcine, memiliki cara kerja yang cepat dan natural dengan merangsang sistem imun memperbaiki sendi yang rusak, tablet berukuran kecil sehingga memudahkan saat dikonsumsi, serta single dose yaitu 1 tablet per hari.

Nutrimax™ Joint Champ diformulasikan untuk membantu mengatasi osteoarthiritis (OA) dengan cara menghilangkan rasa sakit dan radang akibat rematik, memperbaiki tulang rawan yang rusak meningkatkan cairan pelumas sendi / synovial fluid, menghambat kerja enzim MMPs yang merusak tulang rawan, Nutrimax™ Joint Champ merupakan suplemen untuk rheumatoid arthritis , menjaga kesehatan tulang dan sendi secara keseluruhan, mengoptimalkan kerja persendian dan memperbaiki fleksibilitas pergerakan, membantu mengurangi gejala rematik seperti kaku pada sendi, dan menghambat pembentukan osteofit/bone spur (tulang taji/tulang baru).

2. Nutrimax™ Healthy Joint

Nutrimax Healthy Joint

Nutrimax™ Healthy Joint mengandung Glucosamine Sulfate, Chondroitine Sulfate, Mangan, Calcium Ascorbate dan Boron yang telah dikombinasikan dengan herbal Boswellia, Bromelain, EPO dan White Willow bark, yang tidak hanya mengurangi rasa sakit dan anti radang tetapi juga mampu meningkatkan produksi proteoglikan yang penting bagi regenerasi sel tulang rawan yang rusak serta meningkatkan produksi cairan sinovial (pelumas) pada persendian.


Nutrimax™ Healthy Joint bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga kesehatan sendi , membantu mengurangi gejala radang, rasa sakit dan nyeri akibat gangguan persendian (rematik: osteoartritis/ pengapuran, reumatoid artritis, pegal linu, encok), memperbaiki kerusakan tulang rawan dengan cara meregenerasi sel tulang rawan yang rusak, mengkonsumsi makanan yang mengandung glucosamine dan kondroitin dan membantu meningkatkan produksi cairan pelumas (sinovial) persendian agar tidak kaku.

3. Nutrimax™ Uricare

Nutrimax Uricare

Nutrimax™ Uricare mengandung ekstrak celery dan akar sidaguri yang juga dikombinasikan dengan berbagai jenis herbal lainnya efektif digunakan dalam terapi gangguan asam urat (gout) karena mampu bekerja diuretik untuk menormalkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi rasa sakit/nyeri, anti radang dan mengoptimalkan kerja ginjal untuk mencegah pembentukan dan memecah kristal asam urat untuk dibuang (detoksifikasi) melalui urin (air kencing).

Nutrimax™ Uricare bermanfaat untuk menormalkan kadar asam urat dalam darah (pria: 3 – 7 mg/dl; wanita: 2 – 6 mg/dl), Plus Akar Sidaguri untuk mengoptimalkan kerja ginjal untuk mencegah pembentukan dan memecah kristal asam urat untuk dibuang (detoksifikasi) melalui urin (air seni), mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat proses peradangan pada persendian akibat asam urat, membantu mengatasi infeksi saluran kencing dan peluruh kencing (diuretik), dan menormalkan metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh.

depkes.go.id
steoarthritis and Cartilage Journal
Indian Journal Pharmacology


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan