Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Tips Merawat Kesehatan Kulit Wajah & Tubuh Terlengkap yang Perlu Dilakukan!

Aktivitas luar sedikit dibatasi seiring adanya kebiasaan baru atau yang dikenal dengan istilah New Normal. Meski begitu, jangan sampai hal ini membuat Anda lengah akan kesehatan tubuh. Menerapkan pola hidup sehat menjadi sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan imunitas yang baik dan terhindar dari COVID-19. Selain menjaga imun tubuh, kesehatan fisik lainnya seperti kulit tubuh dan wajah juga tentunya perlu diperhatikan.

Beberapa masalah kulit yang dapat timbul selama New Normal antara lain seperti kulit kering, yang kemudian dapat memicu tanda penuaan, kulit berjerawat, hingga kulit kusam.

Tentu Anda tidak ingin masalah-masalah tersebut terjadi pada kulit Anda, bukan? Jika Anda tidak ingin muncul permasalahan kulit tersebut, maka penting untuk melakukan perawatan secara rutin dan secara tepat meski Anda hanya di rumah saja.

Untuk itu, simak berbagai tips kesehatan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah, tubuh, hingga rambut berikut ini!

3 Tips Memilih Produk Perawatan Wajah yang Tepat


Ketika mulai melakukan perawatan kulit, tentu akan berkaitan dengan produk yang akan dipakai. Apalagi setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kulit kering, kulit berminyak hingga kulit sensitif. Setiap jenis kulit ini membutuhkan perawatan yang berbeda.

Sangat penting memilih produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan karakteristik kulit Anda. Berikut ini 3 hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk perawatan wajah.

1. Kenali tipe kulit

Tips perawatan kulit yang paling dasar adalah mengenali jenis kulit Anda. Salah memilih produk perawatan kulit bisa berujung pada timbulnya efek samping pada wajah. Umumnya kulit wajah normal lebih bisa menerima berbagai macam produk perawatan kulit, sedangkan jenis kulit lainnya lebih sensitif terhadap kandungan tertentu.

Sebagai contoh, minyak esensial tidak cocok untuk kulit berjerawat karena akan menyebabkan inflamasi dan pori-pori tersumbat yang akan membuat jerawat meradang.

2. Cek komposisi produk

Setelah mengenali jenis kulit Anda. Tahap selanjutnya adalah cek komposisi produk skin care yang akan digunakan. Untuk kulit berminyak, carilah skin care dengan kandungan alpha hydroxy acids (glycolic acid atau salicylic acid), benzoyl peroxide, dan hyaluronic acid yang dapat mengontrol produksi sebum penyebab minyak berlebih.

Pemilik kulit kering disarankan menggunakan shea butter dan lactic acid untuk membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan sehingga wajah akan tampak berseri. Terakhir, kulit sensitif cocok dengan produk berkomposisi aloe vera, oatmeal, dan shea butter karena bisa melembapkan kulit dan umumnya tidak menyebabkan iritasi.

3. Perhatikan reaksi terhadap kulit

Setelah membeli produk skin care, perhatikan reaksinya di kulit Anda. Jangan teruskan jika terjadi peradangan atau efek samping lainnya. Umumnya reaksi produk muncul beberapa saat setelah penggunaan.

4. Pastikan tanggal kedaluwarsa dan izin produk


Penggunaan produk yang sudah expired bisa memberikan dampak buruk pada kulit wajah Anda. Penting juga memastikan produk skin care yang dipilih sudah memiliki izin BPOM untuk menghindari kandungan berbahaya yang dapat merusak kulit Anda.

5. Bijak dalam penggunaan skin care alami

Penggunaan natural skin care sangat baik karena lebih minim efek samping. Meskipun begitu, jangan sembarangan dalam memilih produk perawatan natural. Pastikan produk skin care telah teruji klinis (dermatologist tested) untuk memastikan keamanannya.

4 Tips Perawatan Wajah Berminyak dan Berjerawat

Memiliki kulit yang rentan berjerawat perlu ekstra hati-hati dan kesabaran saat merawatnya. Salah memilih produk skincare bisa menyebabkan jerawat semakin parah dan meradang. Selain itu, carilah penyebab yang dapat menimbulkan jerawat di wajah sebelum mengaplikasikan suatu produk.

Apakah jerawat yang muncul itu disebabkan karena jarang membersihkan muka atau membersihkan wajah secara berlebihan, polusi, dan makeup yang dipakai sehari-hari. Selain faktor eksternal tersebut, Anda juga perlu memerhatikan riwayat keluarga dan perubahan hormon, karena jerawat bisa juga timbul akibat faktor-faktor internal yang ada.


Untuk penjelasan lengkap mengenai perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat, simak tips perawatan berikut untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat.

1. Bersihkan wajah setiap hari


Umumnya kulit yang berjerawat cenderung memiliki karakterikstik kulit berminyak. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak berlebihan saat mencuci wajah. Dalam sehari cuci wajah Anda dua kali menggunakan pembersih wajah berbahan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang mengandung salisilat karena bahan ini dapat mengatasi jerawat, komedo, hingga kulit berminyak.

2. Hindari kandungan skincare tertentu


Beberapa komposisi produk skincare pada kulit berminyak dan berjerawat dapat menimbulkan masalah atau ketidakcocokan. Kandungan-kandungan yang sebaiknya dihindari pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat di antaranya, yaitu parfum karena bisa membuat kulit semakin meradang dan iritasi, alkohol karena dapat menjadikan kulit lebih kering dan iritasi, serta minyak kelapa dan cocoa butter yang dapat menyumbat pori-pori di wajah, sehingga memicu munculnya jerawat.

3. Gunakan pelembap dan obat jerawat

Ada yang menganggap bahwa kulit berminyak dan berjerawat tidak dianjurkan menggunakan pelembap. Faktanya, Anda tetap perlu pelembap untuk menjaga dan merawat kulit wajah Anda. Pilihlah produk dengan tekstur gel dan berbahan dasar air supaya tidak terlalu berat di kulit Anda.

Selanjutnya, aplikasikan obat jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan jerawat setelah menggunakan pelembap. Selain obat jerawat, Anda juga bisa menutup jerawat yang meradang dengan acne patch untuk meminimalisir jerawat bertambah parah.

4. Lakukan pola hidup sehat

Kesehatan kulit tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup sehat. Istirahat cukup menjadi salah satu cara untuk menjaga produksi hormon kortisol atau hormon stres supaya tidak memicu timbulnya jerawat. Selain itu pastikan juga asupan nutrisi Anda terjaga dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bergizi.

Bagi Anda yang sedang mencari tips kecantikan wajah berminyak, hindari makanan dengan glikemik tinggi, seperti nasi, mie instan, dan makanan manis yang bisa memperbesar kelenjar minyak dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit dan Tubuh

Kulit yang sehat tentunya akan terlihat lebih cantik dan segar. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit tersebut. berikut adalah beberapa tips kulit sehat dan awet muda yang dapat Anda terapkan:

1. Membersihkan kulit secara rutin


Cleansing oil, toner, micellar water, face wash, atau face foam termasuk produk pembersih wajah yang bisa Anda gunakan. Pilihlah produk pembersih wajah dengan kandungan yang gentle untuk mencegah terjadinya iritasi di kulit.

Mencuci wajah dan mandi dua kali sehari adalah jumlah yang disarankan untuk kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Sebaiknya jangan mandi dan mencuci wajah lebih dari dua kali sehari karena dapat menyebabkan kulit kering.

2. Gunakan pelembap

Semua jenis kulit membutuhkan moisturizer dalam rangkaian perawatan, bahkan bagi kulit berminyak dan berjerawat sekali pun. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik adalah salah satu indikator dari kulit yang sehat.

Gunakan produk pelembap yang tidak hanya melembapkan, tapi juga dapat membantu regenerasi kulit seperti Placentor Moisturizing Cream. Pelembap dengan kandungan bahan aktif konsetrat plasenta tanaman, plant-based glycerine, dan ekstrak bunga calendula ini dapat melembapkan dan melindungi kulit hingga lapisan terdalam. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengatasi sunburn hingga iritasi kulit akibat treatment tertentu. Rasakan langsung perbedaannya hanya dalam 2 hari pemakaian.

Placentor Moisturizing Cream Farmaku

3. Menggunakan tabir surya

Tabir surya atau sunscreen adalah produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap keluar rumah. Tanpa perlindungan kulit satu ini, Anda dapat mendapatkan berbagai masalah kulit mulai dari penuaan bahkan hingga kanker kulit.

Khusus penggunaan pada wajah, Anda dapat menggunakan Placentor Tinted Sun Cream SPF 50+. Tidak hanya terbuat dari bahan alami dan dapat melindungi dari sinar UVA dab UVB, sunscreen satu ini juga dapat digunakan sebagai BB cream atau alas make up.

Placentor Suncream SPF50 Farmaku

4. Gunakan eye cream

Salah satu bagian wajah yang paling mencolok adalah bagian bawah mata. Jika tidak dirawat, bagian bawah mata dapat mudah menunjukkan tanda penuaan dan dapat menyebabkan wajah Anda terlihat tidak segar. Penggunaan eye cream adalah salah satu kunci menjaga kulit wajah sehat dan awet muda.

Placentor Repairing Cream Eye and Lips Countours tidak hanya membantu mencegah dan menguragi keriput di mata, tapi juga di bagian bibir Anda. Mengandung bahan alami seperti sea collagen, plasenta dan gliserin tanaman, serta acacia collagen, krim ini akan membantu Anda mendapatkan tampilan mata yang lebih serat dan area bibir bebas dari garis halus.

Placentor Protecting Cream Eyes and Lips Contour

5. Gunakan serum wajah

Dalam rangkaian skin care routine, serum dapat menjadi kunci dari solusi masalah kulit yang Anda alami. Pilihlah serum sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan gunakan secara rutin baik dalam rangkaian skin care pagi maupun malam. 

Jika kulit mengalami kerusakan dan berpotensi mengalami penuaan dini, Anda membutuhkan serum seperti Placentor Regenerating Serum. Setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda-beda. Serum ini -dengan kandungan akar lindera- merupakan produk pertama di dunia yang bekerja menyesuaikan jam bilogis kulit Anda.

Placentor Serum Farmaku

6. Memijat area wajah

Saat menggunakan produk kecantikan, pijat area wajah Anda secara perlahan untuk memperlancar aliran darah ke wajah agar wajah tampak berseri alami. Proses ini juga akan membuat penyerapan skin care menjadi lebih maksimal.

7. Gunakan masker dan exfoliator

Rutin menggunakan masker 2-3 kali seminggu untuk menyegarkan dan melembabkan wajah. Anda juga sebaiknya menggunakan exfoliator untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan berbagai masalh kulit seperti tersumbatnya pori-pori dan kulit kusam.

Masker dan scrub dapat mengangkat kotoran yang ada pada wajah yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan cleansing product. Masker Placentor Purifying Mask dapat menjadi pilihan terbaik Anda untuk membersihkan dengan maksimal, mengencangkan pori-pori, dan memperbaiki tekstur kulit.

Placentor Purifying Mask Farmaku

Jika ingin melakukan eksfoliasi, Anda dapat menggunakan Placentor Ultra Exfoliant Cream New Skin Effect. Produk ini dapat menjadi alternatif untuk mikro dermabrasi. Kandungan kristal micro corondum -mineral termurni kedua setelah berlian- dan urea yang ada di dalamnya ampun untuk membantu menangkat sel kulit mati. Kandungan bahan lain seperti allatoin dan susu gandum juga membantu kulit beregenerasi dan menenangkan kulit.

8. Rawat kulit tubuh

Jangan hanya menggunakan produk perawatan untuk wajah, kulit tubuh juga tentunya harus dirawat. Sama seperti kulit wajah, Anda juga harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit tubuh. Bersihkan tubuh secara rutin dua kali sehari dan jangan lupa gunakan lotion pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

9. Merawat kecantikan rambut

Tips perawatan rambut yang paling sederhana adalah dengan rajin membersihkan rambut dan memijat kulit kepala, tidak keramas terlalu sering, tidak menyisir saat rambut basah, dan tidak menarik ikat rambut. Jangan lupa untuk menggunakan conditioner rambuat agar rambut lebih lembut.

Jika menginginkan rambut halus, bervolume, kuat, dan tidak rontok, Anda dapat mencoba Placentor Hair Repair Shampoo dan Placentor Hair Repair Conditioner. Produk dengan kandungan organik yang sudah teruji klinis ini juga aman digunakan pada kepala yang sedang mengalami iritasi.

Placentor Hair Repair Shampoo conditioner

Perawatan tubuh adalah hal yang dilakukan secara rutin dan membutuhkan konsistensi. Meskipun terkadang hasilnya tidak instan, tapi proses perawatan tubuh ini dapat menjadi investasi jangka panjang untuk tubuh Anda. Selamat mencoba!

Real simple. Diakses pada Agustus 2020. How to choose skin care products
https://www.realsimple.com/beauty-fashion/skincare/how-to-choose-skin-care-products
Healthline. Diakses pada Agustus 2020. How to get clear skin
https://www.healthline.com/health/skin/how-to-get-clear-skin#wash-your-face
Dermstore. Diakses pada Agustus 2020. In What Order Do I Apply My Skin Care Products?
https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic/
Mind Body Green. Diakses pada Agustus 2020. 25 Natural Ways To Maintain Youthful, Glowing Skin
https://www.mindbodygreen.com/0-8355/15-natural-ways-to-maintain-beautiful-youthful-skin.html


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan