Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Mungkin Anda mengira, menggunakan hijab memiliki risiko yang lebih kecil terhadap kerusakan rambut, karena tidak perlu menggunakan produk penataan rambut atau hairspray, serta terhindar dari paparan lingkungan secara langsung. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadikan Anda tidak perlu merawat dan menjaga keindahan rambut. 

Jika Anda menggunakan hijab, justru Anda memerlukan perawatan dan perhatian lebih untuk menghadapi kondisi rambut ketika menggunakan hijab. Berikut tujuh tips perawatan rambut khusus bagi Anda pengguna hijab:

1. Menyisir rambut secara rutin

Menyisir rambut berhijab

Menyisir rambut merupakan langkah awal untuk mengurangi kerontokan rambut dan mencegah rambut kusut, meski rambut Anda tidak terlihat karena tertutup hijab sekali pun. Saat Anda menyisir rambut, gunakan sisir dengan rongga yang sedang untuk mencegah kerontokan rambut. Selain itu, saat menyisir rambut, pastikan Anda mengganti arah belahan rambut supaya garis tepi rambut tidak menjadi tipis dan menyebabkan kerontokan. 

2. Ikat rambut secara longgar 

Mengikat rambut

Umumnya wanita berhijab, kerap mengikat rambut mereka saat mengenakan hijab karena rambut yang terurai dapat menimbulkan rasa panas dan gerah. Meski begitu, usahakan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang karena hal ini dapat memperparah kerontokan rambut dan merusak rambut Anda. 

Jika Anda hendak menguncir rambut, buatlah ikatan yang longgar. Namun, jika Anda malas menguncir rambut, alternatif lainnya adalah memotong rambut menjadi pendek sehingga tidak perlu menguncir rambut. 

3. Gunakan produk khusus rambut berhijab

Rejoice hijab shampo

Rambut yang ditutupi hijab cenderung menjadi berminyak atau lembab, sehingga membutuhkan shampo atau produk perawatan rambut yang ringan. Saat ini, produk yang dirancang untuk rambut yang ditutupi hijab sudah banyak dijual di pasaran.

Salah satunya produk perawatan rambut dari Rejoice Hijab 3-in-1. Rejoice Hijab 3-in-1 menawarkan tiga kebaikan dalam satu botol, yaitu anti-ketombe, sejuk dan segar, dan kelembutan. Rejoice Hijab 3-in-1 hadir dalam empat varian: 

Rejoice Hijab 3-in-1 Anti Dandruff 

Rejoice Hijab 3-in-1 Anti Dandruff direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan ketombe. Kandungan dalam Rejoice Hijab 3-in-1 Anti Dandruff efektif mengurangi ketombe yang tampak dan membuat rambut terasa lembut.

Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Cool 

Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Cool memiliki formula ekstrak mentol yang dapat memberikan sensasi kesegaran saat menggunakan hijab. Selain itu, Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Cool memiliki aroma menyegarkan dari kasturi yang dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri. 

Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Perfume

Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Perfume diperkaya dengan bunga kasturi dan parfum mawar. Kombinasi dua bahan tersebut dapat menciptakan aroma menyegarkan yang dapat bertahan lama.

Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Conditioning 

Selain menggunakan shampo dalam perawatan rambut Anda, gunakan kondisioner agar perawatan rambut hijab Anda lebih maksimal. Rejoice Hijab 3-in-1 Perfect Conditioning hadir dengan aroma bunga kasturi dan mentol, sehingga memberikan sensasi sejuk seketika. Selain memberikan keharuman sepanjang hari, penggunaan kondisioner dapat membuat rambut Anda terasa lebih lembut. 

4. Gunakan masker rambut

masker rambut

Masker rambut merupakan salah satu perawatan rambut yang dapat berguna untuk memberikan asupan nutrisi dan vitamin pada rambut Anda. Ketika Anda menggunakan masker rambut, Anda bisa sekaligus melakukan pijatan-pijatan pada rambut dan kulit kepala agar rambut lebih sehat. 


5. Gunakan hijab saat rambut kering

mengeringkan rambut

Salah satu kebiasaan buruk yang sering terjadi oleh pengguna hijab adalah menggunakan hijab ketika rambut masih basah setelah keramas. Rambut basah sangat rentan mengalami kerusakan, apalagi jika rambut langsung ditutupi hijab. Oleh karena itu, setelah Anda keramas dan sebelum menggunakan hijab, pastikan rambut benar-benar kering seutuhnya. Jangan gunakan hijab dalam keadaan rambut Anda masih basah. 

6. Pilih bahan hijab yang tepat

wanita berhijab

Pilihlah bahan hijab yang dapat membuat rambut Anda bernapas dengan baik dan tetap terjaga kesehatannya. Kain katun merupakan salah satu bahan yang tepat untuk dijadikan hijab karena memiliki rongga yang dapat memperlancar udara rambut Anda, meski rambut dalam keadaan tertutup.

7. Menjaga asupan makan 

Menjaga pola makan

Merawat rambut, tidak cukup dari luar saja. Untuk itu, perlu diimbangi dengan perawatan dari dalam. Caranya adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, asam amino, dan zat besi atau mengonsumsi vitamin.

Selain itu, hindari makanan yang dapat merusak kesehatan rambut Anda seperti:

  • Ikan dengan merkuri yang tinggi
  • Mengandung kadar glukosa yang tinggi
  • Mengandung lemak jenuh yang tinggi
  • Mengandung protein hewani yang tinggi

Nah, itulah tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan mencegah kerusakan rambut selama penggunaan hijab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan