Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Mitos atau Fakta, Nasi Merah Bisa Turunkan Kolesterol?

 28 Jul 2020 Kesehatan | Kolesterol




Nasi merupakan salah satu bahan yang dijadikan makanan pokok di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Nasi putih mungkin merupakan jenis nasi yang paling umum untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Namun selain nasi putih, ternyata terdapat banyak jenis nasi yang juga sering dijadikan sebagai makanan pokok. Salah satu jenis nasi yang juga populer untuk dikonsumsi oleh masyarakat adalah nasi merah.


Nasi merah berasal dari beras merah yang merupakan jenis biji-bijian utuh berwarna merah atau agak kecoklatan. Beras merah merupakan jenis biji-bijian utuh yang mengandung tiga bagian kernel biji-bijian, yaitu lapisan terluar yang dipenuhi serat disebut bekatul, inti kaya nutrisi yang disebut kuman, dan lapisan tengah bertepung disebut endosperma.


Warna yang dimiliki oleh nasi merah berasal dari antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin yang terkandung di dalam beras merah. Tidak seperti beras putih yang melalui proses penggilingan untuk menghilangkan gabahnya. Gabah pada nasi merah tidak dihilangkan melalui proses penggilingan yang membuatnya memiliki tekstur lebih kenyal dan kurang enak bila dibandingkan nasi putih. Sama seperti jenis biji-bijian lain, nasi merah juga kaya akan kandungan serat yang tinggi yaitu sekitar 10% dari kebutuhan serat harian Anda.

 

Makanan yang kaya serat seperti nasi merah dapat membantu kesehatan pencernaan Anda dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal inilah yang menjadikan nasi merah lebih banyak dipilih dibandingkan nasi putih oleh orang-orang yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

 

Kandungan Nasi Merah

 

manfaat nasi merah

 

Nasi merah merupakan makanan dengan kandungan gizi tinggi, rendah kalori serta bebas gluten. Kalori yang terkandung di dalam satu cangkir nasi merah hanya sekitar 216 kalori. Federasi Beras Amerika Serikat mencatat bahwa beras merah tidak mengandung trans-lemak atau kolesterol. Nasi merah juga hanya memiliki sedikit lemak. Beberapa kandungan lain yang penuh khasiat berikut ini juga dapat Anda temui di dalam nasi merah :


Kalsium dan magnesium

 

Kalsium serta magnesium merupakan nutrisi penting bagi tulang Anda. Kalsium dan kalium dapat membantu membuat tulang Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

 

Vitamin B6 dan B12

 

Vitamin B6 atau pyiridoxin dapat membantu menyeimbangkan serotonin dan norepinefrin, yaitu hormon yang memengaruhi suasana hati Anda. Sedangkan vitamin B2 adalah nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin B2 dapat membantu dalam pemecahan makronutrien menjadi energi sementara kalium sangat penting untuk keseimbangan kimia tubuh kita.

 

Seng dan zat besi

 

Seng serta zat besi merupakan nutrisi penting untuk darah dalam tubuh Anda. Kandungan seng yang terdapat pada kandungan makanan seperti nasi merah bermanfaat untuk membantu pembekuan darah serta membantu proses menutup luka pada tubuh Anda. Sedangkan zat besi berguna untuk menciptakan sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen. Tanpa asupan zat besi yang cukup tubuh Anda mungkin menerima oksigen yang kurang dan menyebabkan Anda mudah merasa lelah.

 

Antosianin yang kaya antioksidan

 

Anttosianin merupakan kandungan sejenis flavonoid yang terkandung dalam nasi merah. Pewarna merah alami pada nasi merah ini bertindak sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas. Kehadiran antosianin juga dapat membantu mencegah penyebaran sel kanker dan menurunkan pembentukan tumor. Dibandingkan dengan beras lainnya, beras merah memiliki antioksidan 10% lebih banyak. Antosianin secara historis juga telah digunakan dalam pengobatan untuk disfungsi hati, gangguan penglihatan, dan gangguan kesehatan lainnya.

 

Selenium, mineral dan mangan

 

Selenium, mineral yang melibatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur kelenjar tiroid. Sementara mangan yang ada pada nasi merah dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

 

Baca Juga : Ketahui Cara Kerja Sistem Imun Tubuh Manusia

 

Apakah nasi merah dapat menurunkan kadar kolesterol?

 

Serat yang terkandung dalam beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol, memindahkan limbah melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Nasi merah juga merupakan makanan rendah ‘indeks glikemik’. Indeks glikemik (GI) sendiri mengacu pada seberapa cepat dan seberapa banyak makanan meningkatkan gula darah seseorang setelah makan. Sehingga nasi merah baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan penyakit diabetes. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, nasi merah juga memiliki manfaat lainnya.

 

Baca Juga : 6 Suplemen Terbaik untuk Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi


Manfaat Nasi Merah

 

 

Berikut farmaku telah merangkum manfaat yang bisa Anda dapatkan dari nasi merah sebagai berikut ini:


1. Kaya serat yang baik untuk kesehatan

 

Nasi merah dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Menurut Colorado State University, asupan serat yang disarankan adalah 14 gram per 1000 kalori, diambil setiap hari. Seperempat cangkir beras merah mengandung 2 gram serat yang memenuhi sekitar 8% dari asupan serat harian. Kandungan serat dalam beras merah membuatnya mudah dicerna dan dapat mencegah sembelit. Selain itu, kandungan serat dapat membantu mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol darah, peradangan dan tekanan darah.

 

2. Baik untuk penderita diabetes

 

Indeks glikemik rendah yang dimiliki nasi merah membuatnya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Indeks glikemik yang ada pada nasi merah hanya sekitar 55, ini lebih kecil dibandingkan dengan indeks glikemik beras staAndar yaitu 70. Apabila Anda memiliki penyakit diabetes tetapi sangat suka mengonsumsi nasi, Anda dapat mengganti konsumsi nasi putih Anda dengan nasi merah. Selama Anda makan dalam porsi yang tepat, Anda akan baik-baik saja.


3. Baik untuk kulit Anda

 

Kandungan anthocyanin yang terdapat pada beras merah ternyata memiliki sifat antioksidan. Penelitian menunjukan bahwa antioksidan yang terkandung dalam nasi merah dapat membantu Anda mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit dan dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Kandungan anthocyanin juga dapat melindungi Anda dari kanker kulit dan penyakit kulit lainnya seperti psoriasis.

 

4. Membantu menurunkan berat badan

 

Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan Anda, nasi merah dapat menjadi pilihan Anda. Dalam 100 gram beras merah mengandung sekitar 111 kalori (sesuai USDA). Nasi merah yang kaya serat dapat membantu manajemen berat badan serta menurunkan risiko obesitas. Anda dapat menambahkan makanan kaya serat seperti sayur dan buah sebagai pendamping nasi merah untuk menciptakan menu diet yang sehat untuk Anda.

 

Baca juga : Kiat Melakukan Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

 

Jika Anda sedang merencanakan diet sehat, Anda dapat memilih nasi merah sebagai makanan Anda. Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, nasi merah juga kaya akan kandungan yang penuh manfaat bagi tubuh Anda. Manfaat yang dimiliki nasi merah sebagian karena nasi merah tidak melalui proses untuk menghilangkan lapisan luarnya. (DH)

 

Sumber :

  • Everyday health. Diakses pada Juli 2020. 8 Whole Grain Foods That Lower Cholesterol. https://www.everydayhealth.com/heart-health/high-cholesterol/8-whole-grain-foods-lower-cholesterol/
  • Fashion lady. Diakses pada Juli 2020. 12 Health Benefits You Probably Didn’t Know About Red Rice. https://www.fashionlady.in/health-benefits-of-red-rice/140229
  • Live science. Diakses pada Juli 2020. Brown Rice: Health Benefits & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/50461-brown-rice-health-benefits-nutrition-facts.html
  • NDTV Food. Diakses pada Juli 2020. What Kind of Rice is Best for Weight Loss? https://food.ndtv.com/food-drinks/what-kind-of-rice-is-best-for-weight-loss-1786462
  • Cooky mom. Diakses pada Juli 2020. 7 Health Benefits of Red Rice and Why You Should Eat More. https://www.cookymom.com/health-benefits-of-red-rice/
     




Bagikan artikel ini :




Kesehatan    Kolesterol