Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Bawa Anak ke Mall Saat New normal? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!

 10 Jul 2020 Kesehatan | COVID-19



New Normal di Mall



Sejak mulai ditetapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hampir di seluruh wilayah di Indonesia, seluruh masyarakat diwajibkan untuk membatasi dan melakukan segala aktivitas di rumah saja. Begitu Pula dengan anak-anak, mereka juga harus menjalani proses belajar di rumah. Mereka juga hanya dapat bermain dirumah saja selama beberapa bulan terakhir untuk menghindari bahaya virus COVID-19. Rasa bosan tentu saja tidak hanya dirasakan oleh orang-orang dewasa, anak-anak juga pasti merasakannya karena tidak bisa pergi keluar rumah.


Namun kini pemerintah mulai mengenalkan masa transisi menuju masa new normal dimana kebijakan PSBB sudah mulai dilonggarkan. Beberapa kantor telah mulai menerapkan work from office dimana karyawan dapat kembali bekerja di kantor. Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan dan Mall juga telah mulai dibuka dan beroperasi kembali sejalan dengan kebijakan new normal yang diterapkan pemerintah.

 

Mall yang menyediakan tempat bermain Anak


Dibukanya beberapa pusat perbelanjaan, tempat makan serta Mall membuat beberapa orang tua ingin menjadikan Mall sebagai tempat yang ingin dikunjungi bersama anak-anak mereka. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa bosan yang dirasakan oleh anak-anak saat harus berada dirumah selama berbulan-bulan. Alasan Mall dipilih menjadi tempat yang akan dikunjungi karena beberapa mall telah menyediakan tempat hiburan dan bermain bagi anak-anak seperti, tempat mandi bola, zona bermain anak, wahana bermain air dan kolam renang serta wahana trampolin.

 

Memilih tempat bermain anak yang nyaman


Dengan banyaknya Mall yang menyediakan tempat bermain dan tempat hiburan anak, orang tua merasa akan lebih aman untuk mengajak anak pergi ke mall dibanding ke tempat wisata dan tempat rekreasi untuk anak lainnya. Di Samping jarak yang lebih dekat dan akses yang mudah dijangkau, mall juga dapat menjadi tempat bagi anak untuk bermain dengan lebih nyaman. Beberapa negara juga masih melarang orang tua untuk mengajak anak pergi ke tempat-tempat rekreasi untuk bermain. Hal inilah yang membuat mall dirasa menjadi tempat yang aman untuk anak-anak.


Amankah mengajak anak ke mall selama masa new normal?

 

tempat bemain anak


Walaupun beberapa Mall telah dibuka dan memungkinkan bagi Anda untuk mengajak anak-anak, sebaiknya Anda harus tetap memperhatikan kondisi anak dan tempat-tempat atau mall yang akan Anda kunjungi. Pastikan bahwa anak Anda sedang dalam kondisi stamina yang baik serta sehat, jangan memaksakan membawa anak keluar rumah saat anak sedang demam atau kurang sehat. Usahakan juga untuk tidak mengunjungi tempat yang terlalu ramai dan padat pengunjung serta tetap patuhi protokol kesehatan untuk menghindari Anda dan anak-anak dari bahaya virus Covid-19.

 

Beri pengertian pada anak bahwa dengan adanya kebijakan new normal dan dibukanya kembali pusat perbelanjaan serta mall di wilayah tempat Anda tinggal bukan berarti anak-anak dan Anda terbebas dari bahaya virus corona. Hal ini penting supaya anak-anak tidak memaksakan diri untuk pergi ke mall apabila kondisi sedang tidak memungkinkan untuk pergi keluar rumah.


Anda juga disarankan hanya pergi ke mall bersama anak-anak apabila Anda merasa anak-anak dalam kondisi sehat dan memungkinkan untuk diajak keluar rumah. Setelah memastikan kondisi kesehatan Anda dan anak-anak serta tempat yang akan Anda kunjungi, beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu supaya Anda dapat pergi keluar rumah dengan lebih aman :

 

Baca Juga: Biar Aman, Simak Tips Naik Kendaraan Umum di Masa New normal


Tips mengajak anak jalan-jalan di masa new normal


1. Cuci tangan

 

tips membawa anak jalan-jalan ke mall


Menurut WHO salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 adalah dengan cara mencuci tangan sesering mungkin. Anda dan anak-anak juga disarankan untuk tidak memegang area mata, hidung dan mulut seperti yang telah disarankan oleh WHO. Karena Anda tidak tahu apakah tangan Anda telah benar-benar bebas dari kuman, virus dan bakteri. Terlebih saat Anda pergi ke luar rumah bersama anak-anak Anda.


Pastikan Anda dan anak-anak tetap menjaga kebersihan tangan dengan tidak asal menyentuh benda-benda di tempat umum dan jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Usahakan juga untuk membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga apabila tempat cuci tangan tidak tersedia di dekat Anda.


2. Selalu gunakan masker

 

mall yang ada tempat rekreasi anak


Masker adalah atribut wajib yang harus selalu Anda gunakan saat Anda pergi ke luar rumah. Usahakan untuk membawa masker cadangan di tas Anda untuk berjaga-jaga apabila masker yang Anda atau anak Anda gunakan kotor atau basah saat sedang berada di mall. Apabila diperlukan Anda dan anak-anak juga dapat menggunakan face shield untuk meningkatkan perlindungan diri.


Baca Juga : Jadi Tren, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Face Shield untuk Cegah Corona

 


3. Jangan berlama-lama berada di Mall

 

tempat hiburan anak


Walaupun Anda berniat untuk membuat anak senang dengan mengajaknya bermain di Mall, Anda dan anak-anak disarankan untuk tidak berlama-lama berada di mall. Terlebih apabila tempat yang Anda kunjungi ramai pengunjung. Anda sebaiknya memilih untuk tidak berlama-lama dan segera pulang kerumah. Hal ini untuk mengurangi resiko bagi Anda dan anak-anak untuk terkena virus COVID-19.


4. Jaga jarak

 

tempat rekreasi anak


Saat memutuskan untuk pergi ke mall, hal yang harus selalu Anda ingat adalah untuk selalu menjaga jarak dengan pengunjung lain. Karena bukan tidak mungkin mall akan kedatangan banyak pengunjung di masa new normal seperti saat ini. oleh karena itu menjaga jarak menjadi hal penting yang harus Anda dan anak-anak lakukan.


Beberapa mall mungkin telah menerapkan garis-garis batas antara Anda dengan pengunjung lain, ikutilah garis-garis tersebut untuk memudahkan Anda dan anak-anak menjaga jarak dengan pengunjung lain.


5. Pilih take away dibanding makan ditempat

 

rekreasi anak


Makan di restoran mungkin menjadi salah satu hal yang dirindukan bagi beberapa orang. Namun walaupun sudah memasuki masa new normal, bukan berarti Anda terbebas dari bahaya virus covid-19 dan bisa makan dimana saja. Anda disarankan untuk lebih memilih membeli makanan dan memakannya dirumah dibandingkan harus makan ditempat yang ramai pengunjung. Terlebih apabila Anda membawa anak-anak usia dini, mereka pasti akan sangat aktif dan memungkinkan bagi mereka untuk luput dari pengawasan Anda saat sedang Anda. Mereka bisa saja memungut makanan yang telah jatuh dan memakannya. Oleh karena itu membawa pulang makanan akan menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda. Apabila terpaksa harus makan diluar usahakan untuk membawa perlengkapan makan sendiri untuk Anda dan anak-anak untuk menghindari penularan virus dan selalu awasi anak-anak Anda.

 

Baca Juga : Protokol New normal Industri Makanan dan Minuman dari World Travel & Tourism Council


Walaupun Anda kini bisa membawa anak-anak pergi ke mall, tetap waspadai resiko penularan virus covid-19 dengan tetap menjalani protokol kesehatan. Jangan sampai kelonggaran PSBB dimasa new normal membuat Anda lalai terhadap kesehatan Anda. Stay healthy!

 

Sumber: 

nst. Diakses pada Juni 2020. Take Kids Mall Only When You Have No Choice. 

https://www.nst.com.my/news/nation/2020/05/594040/take-kids-mall-only-when-you-have-no-choice

who.int. Diakses pada Juni 2020. 7 tips to reduce risk of coronavirus (COVID-19). https://www.afro.who.int/node/12353

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   COVID-19