Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Terapi COVID-19 untuk Isolasi Mandiri

obat untuk covid farmaku

Obat-obatan untuk terapi COVID-19 digunakan bagi penderita yang terinfeksi virus Corona untuk meringankan gejala. Umumnya, pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri akan diberi resep obat untuk COVID-19 sebagai berikut!

Obat Terapi COVID-19 untuk Gejala Ringan dan Sedang

Pasien COVID-19 harus menjalani perawatan hingga virus di dalam tubuh mati. Penderita bergejala ringan, sedang, atau tanpa gejala disarankan untuk isolasi mandiri tanpa kontak dengan orang lain untuk mencegah penularan dan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut ini obat-obatan terapi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita COVID-19, dengan catatan harus berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan profesional: 

1. Avigan Obat Terapi untuk COVID

obat untuk covid

Obat Avigan adalah obat yang direkomendasikan dalam protokol penatalaksanaan COVID-19. Ini tergolong obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dan saran dokter.

Avigan mengandung bahan aktif Favipiravir dan digunakan untuk mengatasi infeksi virus. Avigan bekerja dengan cara menghambat RNA polymerase yang dapat berperan dalam replikasi virus.

Dokter akan memberitahu dosis Avigan yang Anda butuhkan untuk perawatan COVID-19. Jika Anda ingin membelinya, bisa pesan di farmaku.com dengan menebus resep.

Tebus Resep Obat Avigan di Sini

2. Remdesivir

Remdesivir obat covid

Remdesivir adalah obat terapi antivirus yang dianggap mampu mengatasi penyakit COVID-19 yang diakibatkan  Coronavirus. Remdesivir dikembangkan perusahaan asal Amerika Serikat, yaitu Gilead Sciences Inc.

Obat ini berada di bawah pengawasan FDA (Food and Drug Administration) dan CDC (Centers for Disease Control and Prevention). Sebelumnya, obat ini juga telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi wabah MERS, SARS, dan Ebola.

Penggunaan obat ini berada di bawah pengawasan dari otoritas kesehatan negara, yaitu BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Obat untuk COVID-19 ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Tebus Resep Obat COVID untuk Isolasi Mandiri di Farmaku 

3. Oseltamivir

Obat terapi untuk covid

Obat Oseltamivir tergolong ke dalam jenis obat antivirus yang bekerja dengan cara menghentikan virus agar tidak berkembang. Berdasarkan Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 3, obat Oseltamivir masuk dalam kategori obat yang digunakan untuk mengobati pasien terapi COVID-19.

Seperti dikutip dari covid19.go.id—menurut Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati, Ph.D., Apt— mengungkapkan bahwa obat Oseltamivir aman digunakan dengan efek samping yang bersifat individual, seperti mual, insomnia, muntah, dan vertigo. Efek samping tersebut tidak dialami semua orang.

Obat ini tergolong obat keras, sehingga untuk mendapatkannya perlu resep dokter sekaligus penggunaanya perlu dalam pengawasan dokter.

Tebus Obat Resep Oseltamivir untuk COVID-19 di Farmaku.

4. Intravenous immunoglobulin

Intravenous immunoglobulin

IVIg atau intravenous immunoglobulin therapy adalah obat yang digunakan untuk mengobati pasien yang kekurangan antibodi, mengobati penyakit autoimun, dan mencegah respon penolakan tubuh terhadap transplantasi sumsum tulang.

Imunoglobulin merupakan bagian dari plasma darah, yang memiliki antibodi di dalamnya yang berguna untuk melawan penyakit atau kuman.

Seseorang yang mendapatkan IVIg dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi penyakit agar tetap sehat, termasuk infeksi virus COVID-19.

Imunoglobulin cair diperoleh dari plasma darah donor yang kemudian disaring untuk memastikan kondisinya tetap sehat. Sebelum digunakan untuk terapi IVIg, plasma akan dimurnikan terlebih dahulu.

Beli Obat di Apotek Online Terpercaya Farmaku

5. Ivermectin

obat terapi covid Ivermectin

Obat Ivermectin tergolong obat antiparasit yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit yang disebabkan infeksi cacing.

Tidak hanya itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati rosacea dan kutu rambut. Ivermectin dapat bekerja dengan cara membunuh atau melumpuhkan larva cacing yang ada di tubuh.

Sementara itu, obat ini sedang dalam penelitian sebagai obat untuk pasien COVID-19. Meski BPOM dan FDA belum menyetujui penggunaan obat Ivermectin sebagai obat terapi COVID-19 karena ini bukan obat antivirus, pasien COVID-19 akan diresepkan obat ini apabila didiagnosis mengalami infeksi akibat parasit juga.

Tebus Obat Ivermectin di Apotek Online Farmaku

6. Tocilizumab

obat terapi untuk covid Tocilizumab

Tocilizumab adalah obat untuk penyakit autoimun (rheumatoid arthritis) pada orang dewasa dan anak-anak yang menyerang sel-sel sendi sehingga mengakibatkan peradangan pada sendi.

Sejak Juli 2021, WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan obat ini untuk mengobati badai sitokin pada pasien COVID-19.

Tocilizumab bekerja dengan cara menghambat IL-6 (protein Interleukin-6) yang berlebih di tubuh. Kadar IL yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan atau peradangan. Oleh karena itu, obat ini digunakan sebagai pilihan untuk mengobati penyakit radang.

Tebus Resep Obat di Sini. 

7. Obat Terapi Azithromycin untuk COVID

Tocilizumab obat terapi untuk covid

Tergolong obat antibiotik, obat Azithromycin banyak digunakan sebagai pengobatan infeksi seperti pneumonia, infeksi kulit, sinus, infeksi menular seksual, dan penyakit lyme.

Selain itu, obat ini juga seringkali digunakan untuk pengobatan infeksi telinga atau dada pada anak-anak. Tersedia dapat bentuk kapsul, cairan, dan tablet obat ini bisa dipesan menggunakan resep.

Pesan Azithromycin dengan Resep Dokter di Sini

8. Paracetamol 500 mg

Apotek_Online_Farmaku_com_Paracetamol_500_mg_Tab

Obat generik Parasetamol dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri atau demam bagi penderita COVID-19 dengan gejala demam ringan hingga sedang.

Paracetamol bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat yang memicu nyeri dan demam. Meski tergolong obat bebas bisa dibeli tanpa resep dokter, mohon tetap konsultasi ke dokter bila ingin menggunakan obat Paracetamol untuk isolasi mandiri akibat positif COVID-19.

Beli Paracetamol di Sini 

Nah itulah obat terapi untuk COVID-19 yang bisa dikonsumsi selama menjalani isoman. Untuk mendapatkan obat dan dosis yang tepat, pastikan sesuai dengan saran dokter karena obat-obatan di atas tergolong keras dan membutuhkan resep dokter.

Jika Anda membutuhkan obat COVID untuk isolasi mandiri, silakan pesan dan tanyakan pada apoteker Farmaku dengan kunjungi website farmaku.com.

Covid-19. [SALAH] Oseltamivir Obat Covid-19 Berbahaya dan Mematikan. Dikutip pada Desember 2021. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-oseltamivir-obat-covid-19-berbahaya-dan-mematikan
WebMD. Intravenous Immunoglobulin Therapy (IVIg). Diakses pada Desember 2021. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/immunoglobulin-therapy
FDA. Why You Should Not Use Ivermectin to Treat or Prevent COVID-19. Diakses pada Desember 2021. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/why-you-should-not-use-ivermectin-treat-or-prevent-covid-19
POM. PENJELASAN BADAN POM RI Tentang Informasi Penggunaan Ivermectin. Diakses pada Desember 2021. https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/136/PENJELASAN-BADAN-POM-RI-Tentang-Informasi-Penggunaan-Ivermectin.html
Rheumatology. Tocilizumab (Actemra). Diakses pada Desember 2021. https://www.rheumatology.org/I-Am-A/Patient-Caregiver/Treatments/Tocilizumab-Actemra
- Nhs. Azithromycin. Diakses pada Desember 2021. https://www.nhs.uk/medicines/azithromycin/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan