Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

4 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

 20 Mar 2020 Virus corona | olahraga



olahraga di rumah untuk cegah virus corona


Menjaga jarak saat bersosialisasi atau social distance dapat menjadi salah satu cara dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Hal tersebut juga telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Minggu (15/3) agar masyarakat melakukan segala aktivitas seperti sekolah atau kuliah, bekerja, hingga beribadah di rumah.

 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Rumah

 

Selain melakukan aktivitas tersebut, ada banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di rumah. Termasuk olahraga, jika Anda tidak bisa pergi ke gym atau olahraga di luar seperti biasanya. Berikut ini 4 olahraga yang bisa dilakukan selama Anda menjalani social distancing (menjaga jarak):

 

1. Lompat tali

 

skipping atau lompat tali

 

Melakukan skipping atau lompat tali dapat menjadi solusi untuk Anda yang ingin olahraga secara mudah, tanpa harus keluar rumah. Selain bisa dilakukan di dalam rumah, lompat tali juga bisa membuat tubuh Anda berkeringat dan meregangkan otot tubuh Anda.

 

Sebelum mulai skipping. lakukan peregangan terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa mulai berolahraga mulai dari 15 - 20 menit setiap harinya.

 

2. Aerobik

 

olahraga aerobik dan manfaatnya

 

Olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu olahraga aerobik. Aerobik merupakan jenis olahraga yang dapat merangsang denyut jantung dan laju pernapasan Anda. Olahraga satu ini juga dikenal memiliki banyak manfaat seperti mengurangi depresi, mencegah dan membantu mengobati penyakit kanker, hingga menurunkan berat badan.

 

Berdasarkan The American Heart Association, olahraga aerobik sebaiknya dilakukan selama 30 menit sehari. Jika Anda kesulitan melakukan olahraga satu ini, Anda bisa coba mencari instruktur online melalui video-video yang ada di Youtube.

 

3. Push-up

 

olahraga push up di rumah

 

Jika Anda ingin memperkuat berat badan bagian atas, Anda bisa mulai melakukan push-up. Olahraga push-up merupakan jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Selain itu, push-up juga tidak memerlukan alat apa-apa karena olahraga ini hanya memanfaatkan berat badan Anda.

 

Baca Juga: Gejala Awal Terinfeksi Virus Corona dari Hari ke Hari

 

Push-up, selain bisa melatih kekuatan tubuh Anda, olahraga ini juga memiliki manfaat lainnya seperti Menjaga kesehatan otot dan tulang, mengencangkan anggota tubuh, hingga mencegah dan mengatasi sarcopenia (kondisi masa otot yang mengalami penurunan karena penuaan pada otot). Anda bisa melakukan 12 - 15 kali push up dalam sehari.


4. Yoga

 

yoga di rumah

 

Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik, dan fleksibilitas. Dalam olahraga ini, postur dan pernapasan merupakan dua komponen utama yang sangat penting.

 

Baca Juga: Alami Gejala Virus Corona? Berikut Protokol Kesehatan yang Perlu Dipahami

 

Praktik olah tubuh satu ini, memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan masa otot, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan, menurunkan berat badan, sebagai sarana relaksasi, hingga mengurangi risiko penyakit kronis.

 

Tips olahraga di rumah

 

Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, berolahraga juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Berikut ini 4 tips olahraga di rumah yang bisa dilakukan

 

  1. Buat diri Anda tertantang atau termotivasi untuk berolahraga.
  2. Tetapkan tujuan Anda dalam berolahraga. Misal, menurunkan berat badan 2 - 3 kg.
  3. Buat jadwal olahraga agar Anda komitmen menjalankan olahraga.
  4. Cari teman untuk olahraga bersama. Ajak pasangan atau keluarga yang ada di rumah.

 

Itulah empat olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah, baik berolahraga sendiri atau bersama keluarga Anda. Meski, kegiatan olahraga hanya bisa dilakukan di rumah. Semoga hal ini tidak menjadi halangan bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.





Bagikan artikel ini :




Virus corona   olahraga