Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kiat Melakukan Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Menjaga berat badan setelah lebaran tidak cukup hanya dengan mengurangi porsi makan atau melakukan diet ketat saja. Agar Anda bisa menjaga berat badan setelah lebaran, Anda sebaiknya melakukan olahraga secara rutin dan memilih jenis olahraga yang tepat. Lalu, olahraga apa saja yang bisa membantu menjaga berat badan usai lebaran? Simak penjelasan lengkap di bawah ini, ya!

Mengapa penting melakukan olahraga untuk menjaga berat badan setelah lebaran?

Selain mengatur pola makan yang sehat, cara menjaga berat badan yaitu dengan beristirahat yang cukup, dan melakukan manajemen stres yang baik, rutin berolahraga juga menjadi hal penting yang dapat membantu menjaga berat badan Anda setelah lebaran. Olahraga memiliki peran yang penting karena olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Kedua hal tersebut merupakan faktor yang diperlukan demi meraih keseimbangan energi, baik yang dibuang maupun masuk ke dalam tubuh. Saat keseimbangan energi Anda terjaga, itu artinya Anda telah membakar jumlah kalori yang sama dengan asupan yang Anda konsumsi. Dengan begitu, berat badan akan tetap stabil dan terjaga.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk olahraga setelah lebaran?

Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, menunjukan bahwa orang yang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sekitar 200 menit selama seminggu, yang artinya 30 menit sehari, memiliki peluang lebih besar untuk menjaga berat badannya.

Dalam contoh kasus lain, tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi mungkin diperlukan agar dapat memelihara berat badan. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa satu jam latihan sehari dinilai cukup optimal bagi orang yang berusaha menurunkan berat badannya.

Berapa lama waktu untuk olahraga dapat kembali sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin memiliki tubuh yang terlihat langsing atau hanya ingin menjaga berat badan Anda saat ini? Berapapun waktu yang Anda butuhkan untuk berolahraga, semua itu Anda sendirilah yang bisa menentukannya.

Olahraga apa saja yang bisa menjaga berat badan setelah lebaran?

Untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan Anda tetap stabil, diperlukan aktivitas fisik yang tinggi. Berikut olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat menurunkan atau menjaga berat badan Anda setelah lebaran:

Jogging atau lari

Jogging merupakan salah satu aktivitas lari santai yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, jika Anda melakukannya secara rutin. Selain membantu membentuk massa otot dan menjaga kesehatan jantung, jogging juga dapat membantu membakar kalori dan mengurangi jaringan lemak pada tubuh Anda. Selain itu, olahraga ini juga dinilai lebih efektif dalam membakar lemak dibandingkan dengan olahraga angkat beban.

Lompat tali (skipping)

Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan setelah lebaran. Olahraga ini dapat membuat tubuh Anda berkeringat dan meregangkan otot di tubuh Anda. Anda bisa melakukan skipping selama 15 – 20 menit setiap hari. Namun sebelum mulai melakukan lompat tali, sebaiknya lakukan peregangan terlebih dahulu.

Berenang

Renang merupakan olahraga yang dinobatkan sebagai olahraga terbaik untuk tubuh karena olahraga ini memiliki banyak manfaat yang positif. Walau renang adalah aktivitas fisik yang berdampak rendah, namun olahraga ini dapat menghasilkan kekuatan yang besar dan kemampuan kardio di waktu yang sama. Kondisi tersebut mirip dengan latihan aerobik, yang bisa menciptakan daya tahan tubuh. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin.

Sementara, jika Anda ingin melakukan olahraga dengan intensitas sedang, Anda bisa melakukan olahraga berikut:

  • Berjalan cepat selama 15 menit
  • Membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, dan lainnya.
  • Bersepeda

Jika Anda ingin menjaga berat badan tetap stabil, Anda bisa olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit dan 75 menit dengan intensitas tinggi. Namun, lamanya waktu untuk berolahraga, baik olahraga dengan intensitas tinggi atau intensitas sedang pada setiap orang dapat berbeda-beda. Ada kemungkinan seseorang bisa melakukan olahraga lebih dari 150 menit dengan intensitas sedang selama seminggu agar berat badan setelah lebaran tetap terjaga. (SR)

CDC. Diakses pada Mei 2020. Physical Activity for a Healthy Weight:
https://www.cdc.gov/healthyweight/physical_activity/index.html

Healthline. Diakses pada Mei 2020. The 17 Best Ways to Maintain Weight Loss
https://www.healthline.com/nutrition/maintain-weight-loss#section13

WebMD. Diakses pada Mei 2020. Your Exercise Routine: How Much Is Enough?: https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/your-exercise-routine-how-much-is-enough#1

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan