Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Perlukah Pakai Sunscreen Selama Bekerja di Rumah?

sunscreen

Banyak yang beranggapan penggunaan sunscreen (tabir surya) selama kerja di rumah tidaklah penting karena Anda tidak terpapar sinar matahari. Padahal, saat Anda di luar atau di dalam rumah menggunakan sunscreen tetaplah dibutuhkan. Mengapa?

Walau Anda berada di dalam rumah, ada kemungkinan Anda terpapar sinar matahari melalui jendela rumah. Meski ada jendela yang mampu menyaring sinar UVB, sehingga kulit tidak mudah terbakar sinar matahari saat duduk di dekat jendela. Tapi, sinar UVA masih dapat menembus jendela rumah Anda. Paparan sinar UVA dapat berbahaya karena bisa menurunkan tingkat kolagen di kulit, sehingga menyebabkan kanker kulit. 

Apa itu sunscreen?

 

Sunscreen adalah produk kimiawi yang berperan sebagai penyaring sinar matahari atau produk yang dapat menyerap sinar UV sebelum mencapai dan merusak lapisan dermal kulit. Sunscreen atau tabir surya umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat menyerap sinar matahari seperti avobenzone, oxybenzone, dan para-aminobenzoic acid (PABA). Sunscreen memiliki tekstur lebih tipis dan kasat mata saat diaplikasikan ke kulit wajah.

Apa manfaat sunscreen?

Sunscreen memiliki peran yang penting untuk melindungi kulit dari efek buruk radiasi UV dari matahari yang dapat menyebabkan masalah. Berikut ini manfaat penggunaan sunscreen yang perlu Anda tahu:

  1. Mencegah atau menurunkan risiko kanker kulit yang merupakan ancaman paling serius
  2. Mencegah sunburn, yaitu kerusakan sel kulit dan pembuluh darah akibat radiasi UV matahari. Kerusakan yang berulang mengakibatkan kulit menjadi lemah dan mudah memar.
  3. Mencegah tanda penuaan wajah seperti keriput, elastisitas berkurang, pigmentasi, dan penurunan tekstur.
  4. Menjaga warna kulit lebih merata

Bagaimana cara menggunakan sunscreen yang benar? 

 

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan sunscreen, Anda perlu menggunakan pakai sunscreen di rumah dengan tepat. Berikut ini cara yang benar menggunakan sunscreen:

  1. Kocok sebelum digunakan untuk mencampur partikel yang mungkin menggumpal di wadah. 
  2. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya secukupnya. Sebagai aturan praktis, gunakan satu ons (segenggam) untuk menutupi seluruh tubuh Anda.
  3. Gunakan pada semua bagian kulit Anda yang terpapar sinar matahari, termasuk telinga, punggung, bahu, serta bagian belakang lutut dan kaki.
  4. Oleskan dengan tebal dan menyeluruh.
  5. Hati-hati saat mengaplikasikan tabir surya di sekitar mata.

Memahami label pada sunscreen

Banyak jenis sunscreen yang dijual pasaran, mulai dari sunscreen dengan SPF 30 hingga 50, namun apa yang membedakan antara SPF yang satu dengan yang lainnya? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui cara membaca label pada sunscreen sehingga Anda tidak salah memilih saat membeli. 

Broad spectrum (Spektrum yang luas)

Tidak semua tabir surya berspektrum luas, jadi penting untuk mencarinya di label. Tabir surya dengan spektrum luas memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet (UV) matahari. Ada dua jenis radiasi UV yang Anda butuhkan untuk melindungi diri Anda dari UVA dan UVB. Spektrum luas memberikan perlindungan terhadap keduanya dengan memberikan penghalang kimiawi yang menyerap atau memantulkan radiasi UV sebelum dapat merusak kulit. 

Sun protection factor (SPF)

Nilai SPF menunjukkan tingkat perlindungan sengatan matahari yang diberikan oleh produk tabir surya. Semua tabir surya diuji untuk mengukur jumlah paparan radiasi UV yang diperlukan untuk menyebabkan kulit terbakar saat menggunakan tabir surya dibandingkan dengan seberapa banyak paparan UV yang diperlukan untuk menyebabkan kulit terbakar saat tidak menggunakan tabir surya. 

Produk kemudian diberi label dengan nilai SPF yang sesuai. Nilai SPF yang lebih tinggi (hingga 50) memberikan perlindungan dari sengatan matahari yang lebih besar. Karena nilai SPF ditentukan dari tes yang mengukur perlindungan terhadap sengatan matahari yang disebabkan oleh radiasi UVB, nilai SPF hanya menunjukkan perlindungan UVB dari tabir surya.

Ada kesalahpahaman yang populer mengenai SPF, bahwa SPF berkaitan dengan waktu paparan sinar matahari. Misalnya, banyak orang percaya bahwa, jika mereka biasanya terbakar matahari dalam satu jam, maka tabir surya dengan SPF 15 memungkinkan mereka bertahan di bawah sinar matahari selama 15 jam (misalnya, 15 kali lebih lama) tanpa terbakar sinar matahari. Hal ini tidak benar karena SPF tidak secara langsung berhubungan dengan waktu terpapar matahari tetapi dengan jumlah paparan sinar matahari.

Memilih sunscreen yang tepat

 

Selain sunscreen berbentuk lotion, ada jenis sunscreen lainnya yang kini banyak dijual di pasaran. Sebelum Anda membeli sunscreen, sebaiknya Anda mengenali jenis-jenisnya untuk mendapatkan sunscreen yang tepat. Meskipun tidak ada tabir surya yang sempurna, memilih tabir surya yang Anda sukai adalah faktor pendorong utama agar Anda tetap pakai sunscreen walau tidak keluar rumah secara rutin. Berikut ini beberapa jenis tabir surya yang perlu Anda ketahui: 

  • Sunscreen spray: Jenis sunscreen ini berbentuk spray (semprot), artinya penggunaan sunscreen ini dengan cara disemprotkan ke bagian kulit yang terpapar sinar matahari. Jika Anda memilih jenis sunscreen ini, pastikan Anda menggunakan pelapis yang banyak dan merata, serta menggunakannya lebih sering.
  • Tabir surya bawaan: Beberapa pelembab, lipstik, dan alas bedak mengandung tabir surya. Jenis ini dapat digunakan untuk sehari-hari ketika Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dan bagus untuk perlindungan sehari-hari. Jika Anda berencana menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, pastikan untuk menggunakan sumber pelindung matahari sekunder.
  • Mineral: Tabir surya mineral atau hipoalergenik sekarang tersedia untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Jenis tabir surya ini menempel di kulit alih-alih diserap ke dalamnya, memberi Anda perlindungan tanpa iritasi.
  • Sweat atau water resistant (Tahan Keringat atau Air):  Jenis sunscreen ini diformulasikan secara khusus untuk tetap menempel di kulit bahkan setelah basah, meski jenis tabir surya ini tidak 100% tahan air dan keringat. Untuk itu, Anda tetap perlu mengoleskan kembali setiap dua jam atau setelah keluar dari air.
  • Stick: Jenis tabir surya ini berbentuk stick dan sangat cocok untuk aplikasi di tempat tertentu seperti hidung dan telinga Anda. Area ini penting dan termasuk area yang paling sering terkena kanker kulit.

Saat memilih tabir surya, beli tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Anda juga harus memilih tabir surya berspektrum luas atau berspektrum penuh karena ia dirancang untuk melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB.

Rekomendasi sunscreen yang bagus

 

Berikut ini rekomendasi sunscreen yang dapat menjadi pilihan Anda selama bekerja di rumah:

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

 

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 merupakan sunscreen yang diformulasikan dalam bentuk gel yang ringan dan lembut sehingga nyaman digunakan dan tidak memberikan efek lengket bahkan untuk kulit berminyak. Mengandung ekstrak aloe vera dan pro vitamin B5 sebagai moisturizer, serta vitamin E sebagai antioksidan. 

Biore UV Aqua Rich Watery Gel Sunscreen SPF 50 PA++++

 

Biore UV Aqua Rich Watery Gel Sunscreen SPF 50 PA++++ adalah sunscreen dengan tekstur gel yang dapat memberikan perlindungan lebih merata karena kandungan Micro Defense Formula. Memiliki tekstur yang ringan seperti air, sehingga mudah diaplikasikan ke seluruh tubuh dan dapat dijadikan base makeup. Dengan kandungan SPF 50 PA++++ sunscreen ini dapat melindungi kulit wajah dan kulit badan dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Biore UV Aqua Rich Watery Gel ini juga termasuk jenis sunscreen waterproof yang telah dibuktikan uji water resistance-nya selama 80 menit.

Skin Aqua UV Moisture Milk 

 

Skin Aqua UV Moisture Milk merupakan sunscreen yang mengandung SPF 50 PA+++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar. Kandungan PA+++ untuk perlindungan terhadap UVA berguna untuk menghindari penuaan dini dan kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Produk ini cocok untuk digunakan sebagai dasar makeup karena mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan Collagen sehingga dapat menutrisi kulit dan melembutkan kulit. Sunscreen ini tidak lengket di wajah dan dapat digunakan untuk seluruh badan dan cocok untuk semua jenis kulit.

Banana Boat Simply Protect Aqua Long Wearing Moisture Sunscreen

 

Banana Boat Simply Protect Aqua Long Wearing Moisture Sunscreen adalah tabir surya yang dapat memberikan perlindungan dari efek buruk sinar matahari dan memberikan hidrasi lebih lama. Produk ini memiliki formula water-based formula sehingga memberikan rasa ringan saat digunakan tanpa efek white residue. Sunscreen ini cocok digunakan untuk aktivitas berat seperti olahraga karena memiliki kemampuan water resistance dan keringat. Selain itu, sunscreen ini juga tidak mengandung Oxybenzone dan paraben, serta tanpa tambahan minyak dan alkohol. (SR)

 

Unitypoint. Diakses Pada Oktober 2020. 8 Reasons to Wear Sunscreen this Summer. https://www.unitypoint.org/desmoines/article.aspx?id=e0a22a4f-77c7-4a9a-b779-ed3c37956982

FDA. Diakses Pada Oktober 2020. Sunscreen: How to Help Protect Your Skin from the Sun. https://www.fda.gov/drugs/understanding-over-counter-medicines/sunscreen-how-help-protect-your-skin-sun

Good Housekeeping. Diakses Pada Oktober 2020. Every Little Thing You Need to Know About How to Apply Sunscreen Correctly. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a30933790/how-to-apply-sunscreen/

Healthline. Diakses pada Oktober 2020. Sunscreen vs. Sunblock: Which One Should I Use? https://www.healthline.com/health/sunscreen-vs-sunblock

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan