Pencegahan Asam Urat

 04 Jul 2019



berolahraga adalah salah satu mengendalikan penyakit asam urat


Orang yang menderita penyakit asam urat akan mengalami rasa sakit, nyeri, hingga bengkak. Meskipun penyakit ini tidak dapat disembuhkan secara total, namun gejalanya dapat diatasi.

 

Cara mengatasi gejala serangan asam urat yang paling mudah adalah dengan menggunakan obat seperti obat antiinflamasi non-steroid atau kortikosteroid. Tetapi perlu untuk dipahami, sebagian besar penyakit asam urat diakibatkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, selain mengandalkan pengobatan dari dokter, sebaiknya berusahalah mengubah pola hidup Anda untuk mencegah serangan asam urat datang kembali di kemudian hari.

 

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit asam urat:

 

  1. Olahraga Teratur

    Munculnya gejala asam urat akan lebih mudah dikendalikan apabila Anda rajin berolahraga. Olahraga akan membuat persendian Anda menjadi terlatih dengan baik. Olahraga yang dilakukan tidak harus dalam waktu yang lama, cukup selama 30 menit dalam seminggu.

     

     

  2. Menjaga Berat Badan

    Orang yang mengalami obesitas, memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit asam urat dibandingkan orang dengan berat badan normal. Untuk menjaga tubuh tetap ideal, jagalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pilih sumber makanan yang lebih banyak mengandung protein dan vitamin seperti gandum utuh, sayur dan buah-buahan.

     

     

  3. Jaga Pola Makan

    Mengeliminasi purin sama sekali dari diet Anda adalah hal yang tidak mungkin dilakukan. Pola diet yang seimbang dan memperhatikan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat adalah kuncinya. Anda dapat mengurangi makanan tinggi purin dan yang mengandung lemak jenuh seperti unggas berlemak, hidangan laut (sarden, kerang), daging merah, atau susu tinggi lemak (terutama pria yang mengalami penyakit ini karena faktor keturunan). Konsumsilah sumber makanan yang mengandung tinggi protein seperti ikan, susu rendah lemak atau yoghurt.

     

     

  4. Perbanyak Minum Air Putih

    Banyak mengkonsumsi minuman manis, bersoda atau alkohol hanya akan membuat gejala asam urat datang kembali. Minum air minimal 8 gelas sehari ikut membantu mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak terpakai di dalam tubuh seperti asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

     

     

  5. Melakukan Tes Asam Urat Dengan Rutin

    Jika Anda penderita penyakit asam urat akut atau kronis, pengecekan kadar asam urat dalam tubuh sebaiknya rutin untuk dilakukan. Saat ini alat tes asam urat sudah dapat digunakan secara mandiri oleh pasien. Bentuk alat dan penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan alat tes gula darah (glukometer). Nah dengan menggunakan alat tes ini Anda dapat memantau kadar asam urat lebih teratur agar tidak melebihi batas normal.






Bagikan artikel ini :