Empty Cart

Total:
Rp. 0 

7 Kesalahan Penyebab Bibir Kering, Cari Tahu Yuk!

 02 May 2019



bibir kering saat puasa



Bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah biasa yang sering kita alami saat berpuasa. Mengapa? Selama berpuasa, tubuh akan beradaptasi dengan perubahan pola makan yang baru. Ditambah juga dengan asupan cairan yang cenderung lebih sedikit selama berpuasa sehingga tubuh berpotensi mengalami dehidrasi.

 
Memiliki bibir kering dan pecah-pecah memang sangat mengganggu dan membuat penampilan menjadi kurang maksimal.

 
Kenapa Bibir Bisa Kering?

Selain dehidrasi, bibir memiliki lapisan permukaan kulit yang sangat tipis dan berdekatan dengan pembuluh darah yang disebut dengan stratum korneum.

 

Dekatnya jarak antara lapisan permukaan bibir dengan pembuluh darah yang menjadikan warna bibir menjadi merah. Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, aliran darah didalam tubuh pun ikut terganggu, sehingga darah tidak dapat mengalir secara optimal. Nah itulah mengapa warna bibir biasanya akan berubah menjadi lebih pucat. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak atau keringat yang bisa menjaga kelembaban, sehingga lebih mudah kering.

 

Meskipun bibir kering saat puasa adalah hal yang cukup wajar, namun ada sejumlah kesalahan yang ternyata menyebabkan bibir kering antara lain:

 

7 Kesalahan Yang Menyebabkan Bibir Kering

 

Tidak Menggunakan Lip Balm

Saat berpuasa kamu tentu butuh kelembaban ekstra untuk kulit tubuh dan wajah terutama bagian bibir.

 

Penggunaan produk lip balm atau lip butter dapat menjaga kelembaban bibir kamu terutama bila digunakan secara intens. Untuk mendapatkan kelembaban yang maksimal,sebaiknya gunakan produk lip balm atau lip butter yang memiliki kandungan petroleum jelly. Hindari lip balm atau lip butter dengan kandungan menthol yang justru akan membuat bibir semakin kering.

 

Jika kamu tidak terbiasa menggunakan produk pelembab bibir yang tidak berwarna, ada baiknya menggunakan lip balm yang diperkaya dengan warna-warna pink natural seperti warna alami bibir agar wajah tetap cerah dan terlihat segar.

 

Menggunakan Lipstick Matte

Lipstick matte dengan warna indah memang mampu membuat tampilan wajah lebih mempesona. Namun menggunakan lipstick matte saat berpuasa hanya akan membuat bibirmu lebih cepat kering dan mengelupas. Sebaiknya hindari terlebih dahulu pemakaian lipstick matte karena kandungan pelembab didalamnya sangat sedikit.

 
Sering Membasahi Bibir dengan Air Liur

Kebiasaan yang satu ini memang sering dilakukan kebanyakan orang saat merasa bibir mulai kering. Padahal nyatanya menjilat atau membasahi bibir dengan air liur adalah cara yang kurang yang tepat. Air liur memang akan membuat tampilan bibir basah sesaat, namun sisa-sisa air liur yang menempel pada bibir akan menguap dan mengikis lapisan kulit yang tipis sehingga kulit bibir lebih mudah pecah.

 

Menggigit bibir

Saat merasa bosan, cemas, gugup atau memfokuskan konsentrasi pada sesuatu, kebanyakan orang biasanya menggigit bibirnya. Sama seperti menjilat bibir, menggigit bibir saat berpuasa juga akan mengancam kesehatan bibir. Ketika bibir tergigit, gigi akan mengiritasi lapisan permukaan bibir yang sangat tipis, sehingga lebih mudah retak hingga menyebabkan berdarah.

 

Kurang Minum Air Yang Cukup

Minum air yang cukup merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat sedang menjalankan puasa. Kondisi bibir dapat menjadi lebih kering saat berpuasa karena frekuensi minum air yang lebih sedikit. Sebaiknya konsumsi air mineral 8-12 gelas sehari secara teratur saat sahur dan berbuka puasa.

 






Bagikan artikel ini :