Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Tips Merawat Kulit Anti Ribet Untuk Pria!

Merawat kesehatan kulit tentu merupakan kebutuhan setiap orang, baik untuk kaum pria maupun wanita. Terlebih dengan banyaknya produk-produk perawatan kulit yang ada, semakin meningkatkan kesadaran untuk merawat kulit. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh kaum wanita namun juga untuk kaum pria. Melakukan perawatan kulit, baik pada wajah maupun tubuh tidak lagi dianggap mengurangi maskulinitas pada kaum pria.


Namun, bagi sebagian pria melakukan perawatan kulit bukanlah hal yang mudah. Berbagai hal yang berhubungan dengan perawatan kulit seperti menentukan langkah perawatan, pemilihan produk, hingga cara penggunaan produk menjadi hal-hal yang dianggap rumit untuk dipelajari dan diterapkan oleh para pria. Berikut kami akan merangkum tips bagi Pria untuk melakukan perawatan kulit dengan lebih mudah.


Perawatan Kulit Pria Yang Patut Anda Coba


1. Bersihkan Kulit

perawatan kulit pria

Membersihkan wajah merupakan hal dasar yang sangat penting dalam merawat kulit Anda. Hal ini membantu Anda dalam menghilangkan kotoran, debu, dan minyak berlebih yang mengendap di dalam pori-pori yang dapat menimbulkan jerawat. Dalam membersihkan wajah, anda disarankan menggunakan metode double-cleansing yaitu diawali dengan menggunakan pembersih wajah tanpa bilas seperti cleansing oil, cleansing balm atau micellar water dan dilanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan face wash. Penting juga bagi Anda untuk tidak mencuci wajah terlalu sering, cucilah wajah anda maksimal dua sampai tiga kali dalam sehari untuk mencegah kulit anda menjadi kering.


Baca Juga: Rekomendasi Cleansing Oil Untuk Semua Jenis Kulit


2. Lakukan Eksfoliasi

perawatan kulit wajah


Melakukan eksfoliasi pada kulit menjadi hal yang penting untuk menghindari penumpukkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Dengan melakukan eksfoliasi juga berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit Anda dan menghaluskan permukaan kulit. Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi hanya dua kali seminggu untuk menghindari terlalu banyak abrasi pada kulit Anda.

Terdapat dua jenis produk eksfoliasi yang perlu anda ketahui yaitu, chemical exfoliator dan physical exfoliator (atau scrub). Jika Anda memiliki kulit sensitif yang mudah teriritasi, menggunakan produk perawatan kulit sensitif dengan eksfoliasi kimia (chemical exfoliation) lebih dianjurkan untuk anda dibandingkan menggunakan scrub.

Dalam melakukan eksfoliasi, anda dianjurkan hanya melakukannya dua kali dalam seminggu untuk menghindari abrasi pada kulit. Melakukan eksfoliasi sebelum anda mencukur jenggot dan kumis juga dapat membantu anda mendapatkan hasil cukur yang lebih bersih dan halus.


3. Menghidrasi Kulit

perawatan kulit kering


Setelah membersihkan kulit dan melakukan eksfoliasi, Anda harus mengembalikan kelembaban kulit Anda dengan menggunakan produk pelembab wajah. Penggunaan pelembab dapat mengembalikan kelembaban kulit, mengencangkannya, serta mengganti nutrisi dan kelembaban yang hilang selama proses pembersihan dan pengelupasan kulit. Selain itu, pelembab membentuk skin barrier yang membantu mencegah kotoran menyumbat pori-pori, dan menjaga terhadap bakteri yang menyebabkan wabah.
Berapa banyak pelembab yang harus Anda gunakan tergantung pada jenis kulit Anda.

Jika kulit anda cenderung berminyak anda hanya perlu menggunakan sedikit pelembab, dan disarankan menggunakan pelembab dengan bahan dasar air. Jika kulit Anda kering, Anda harus merawat kulit anda menggunakan produk perawatan kulit kering seperti pelembab dalam jumlah yang cukup untuk memastikan kulit Anda merasa terhidrasi sepenuhnya.


4. Gunakan SPF

perawatan kulit sensitif


Kebanyakan pria menganggap penggunaan produk dengan kandungan SPF atau sunscreen, hanya digunakan saat hendak pergi berlibur, padahal penggunaan SPF penting digunakan setiap hari. Penggunaan SPF merupakan langkah yang sangat dianjurkan untuk menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari. Terlebih untuk Anda para Pria yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat membahayakan kulit anda sehingga anda disarankan untuk menggunakan Sunscreen dengan kandungan SPF diatas 30.


5. Pilihlah Produk Sesuai Jenis Kulit Anda

perawatan kulit yang mendasar


Saat ini produk-produk dengan label yang dikhususkan berdasarkan jenis kelamin juga banyak diproduksi untuk menarik konsumen. Namun, yang lebih penting bagi anda adalah bukan untuk memilih produk yang dikhususkan untuk pria. Alih-alih memilih produk dengan label “khusus pria”, anda lebih dianjurkan untuk memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut adalah beberapa tips pemilihan produk sesuai jenis kulit anda


Kulit kering


Untuk anda yang memiliki kulit kering, pilihlah produk-produk perawatan kulit kering dengan kandungan aloe vera, glicerin, ceramide dan hyaluronic acid yang dapat meningkatkan kelembaban untuk kulit anda. Hindari mencuci wajah terlalu sering, untuk mencegah kulit anda menjadi semakin kering. Anda juga perlu waspada terhadap produk-produk yang mengandung bahan untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah dan membuat kulit menjadi lebih kering seperti witch hazel dan jojoba oil


Kulit Berminyak


Bagi anda yang memiliki kulit yang cenderung berminyak, pilihlah produk dengan kandungan salisilyc acid untuk mengurangi minyak pada kulit. penggunaan clay mask juga dapat membantu anda dalam mengangkat minyak berlebih pada kulit. Jangan lupa untuk tetap menggunakan pelembab, karena walaupun anda memiliki kulit yang berminyak bukan berarti anda tidak membutuhkan pelembab. Pilihlah pelembab berbentuk gel dan berbahan dasar air untuk melembabkan kulit anda.


Kulit Sensitif


Memilih skincare untuk kulit sensitif bukanlah perkara mudah, pasalnya ada kandungan-kandungan tertentu dalam produk perawatan wajah dapat yang dapat memperburuk keadaan kulit sensitif. Pemilik kulit sensitif perlu menghindari produk-produk dengan kandungan alcohol, comedogenic, serta Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Anda disarankan untuk memilih produk-produk perawatan kulit yang bagus dengan kandungan bahan alami dan menenangkan seperti centella asiatica, chamomile serta ceramide untuk menghindari iritasi pada kulit anda.

Baca juga: Hati-hati Merawat Kulit Sensitif, 7 Tips ini Patut Anda Coba!


Kulit Berjerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering ditemui dan dalam beberapa kasus sulit untuk dihilangkan. Gunakanlah produk pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid untuk membersihkan kulit wajah dari minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Lakukan eksfoliasi dengan menggunakan produk dengan kandungan AHA/BHA untuk mempercepat regenerasi kulit. Produk dengan kandungan benzoyl peroxide juga dapat membantu anda dalam mengatasi jerawat pada wajah. Kandungan ben zoyl peroxide dapat dengan mudah Anda temukan pada beberapa obat jerawat yang mudah ditemukan di pasaran seperti Benzolac. Gunakan juga produk-produk dengan kandungan non-comedogenic supaya tidak memperburuk kondisi kulit anda

6. Konsumsi makanan yang baik untuk perawatan kulit

perawatan kulit berjerawat


Perawatan kulit tidak cukup hanya dari luar saja, merawat kulit dari dalam juga merupakan hal yang sangat penting. Konsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan kulit anda seperti makanan yang tinggi vitamin, mineral dan juga kolagen. Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya penting dalam menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga penting dalam menjaga metabolisme tubuh anda. Hindari juga terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dan gula untuk mencegah timbulnya masalah pada kulit anda.


7. Melakukan perawatan kulit tubuh

perawatan kulit pria yang bagus


Perawatan kulit tidak hanya sebatas pada perawatan kulit wajah, namun juga kulit tubuh anda. Seperti layaknya perawatan kulit wajah, membersihkan tubuh dengan mandi dua kali dalam sehari menjadi hal dasar dalam perawatan tubuh anda. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pelembab pada tubuh anda. Walaupun kebanyakan pria tidak menggunakan body lotion pada tubuh mereka, namun bagi anda pria yang memiliki kulit kering dianjurkan untuk menambah kelembaban pada kulit anda dengan menggunakan body lotion setelah mandi.


Itulah beberapa tips yang dapat menjadi referensi bagi anda para pria yang ingin memulai melakukan perawatan kulit. Gunakanlah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba FarmaFriends! (DH)

gq.com. Diakses pada Juli 2020. The Simplest Skincare Routine for Men to Hold Onto Youth As Long As Possible. https://www.gq.com/story/simplest-skincare-routine-for-men
brickellmensproducts. Diakses pada Juli 2020.https://brickellmensproducts.com/blogs/grooming-manual/67369987-advanced-mens-skin-care-routine
realmenstyle. Diakses pada Juli 2020. Men's Skincare Skin Type. https://www.realmenrealstyle.com/mens-skincare-skin-type/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan