Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Inilah Rahasia Perawatan Kulit Sehat dan Bebas Jerawat yang Wajib Anda Tahu!

Sebagai organ terluar dan terluas perawatan kulit waji di lakukan, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh, menjaga suhu tubuh tetap stabil, serta memproses vitamin D dari sinar matahari. Kulit juga bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada organ lain dengan munculnya beberapa perubahan pada warna atau kondisi kulit. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika Anda mendambakan memiliki kulit yang cerah dan sehat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kulit pada tubuh memiliki kondisi yang berbeda-beda. Kulit wajah lebih tipis dibandingkan kulit pada anggota tubuh lainnya, sehingga umumnya produk perawatannya pun berbeda. Selain itu, jenis kulit pada setiap orang umumnya berbeda. Jenis kulit sendiri dibagi menjadi 4 kondisi, yaitu kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif.

Untuk itu, sebelum melakukan perawatan kulit, sebaiknya Anda mengenali jenis kulit terlebih dahulu. Setelah itu, baru mulai mencari produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Berikut ini berbagai informasi terlengkap terkait cara mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat, serta cara merawat kulit dengan baik lainnya.

5 Langkah Perawatan Kulit yang Mendasar

Perwatan kulit


Beberapa tahun terakhir, sudah banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan kulit. Tidak sedikit pula yang menyisihkan budget besar untuk perawatan kulit wajah dan tubuh demi menjaga kondisi kulit. Padahal, semua itu dapat tercapai dengan optimal jika diimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Adapun tips perawatan kulit mendasar yang bermanfaat bagi kesehatan kulit antara lain:

1. Rajin membersihkan kulit

Kulit sangat mudah terkena debu, kuman, serta bakteri saat beraktivitas. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk segera membersihkan kulit setelah bepergian atau berolahraga dengan mandi dan mencuci muka.

2. Rutin menggunakan tabir surya


Masih banyak yang menganggap bahwa penggunaan tabir surya atau sunscreen hanya saat akan beraktivitas di luar atau di area yang terpapar matahari. Faktanya, sinar matahari dapat masuk melalui kaca dan berpengaruh pada kesehatan kulit. Bahkan sinar ultraviolet A saat musim dingin, radiasi ponsel, dan radiasi komputer juga dapat mempercepat penuaan.

3. Istirahat yang cukup

Efek negatif kurang tidur adalah dapat memicu timbulnya jerawat, membuat kulit lebih kusam, kulit menjadi kering, dan cepat mengalami penuaan. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon kortisol atau hormon stres yang berdampak pada kesehatan kulit.

Namun, dengan beristirahat selama 7-8 setiap harinya dapat membantu kulit terlihat lebih segar. Hal ini terjadi karena tidur dapat membantu produksi kolagen dan meremajakan kulit,sehingga kulit tampak lebih muda.

4. Rajin berolahraga


Tahukah Anda bahwa keringat dapat membantu meremajakan kulit? Olahraga dapat mengeluarkan racun pada tubuh melalui keringat, meningkatkan detak jantung dan aliran darah, sehingga dapat mendorong lebih banyak vitamin, mineral, dan oksigen yang membuat kulit lebih cerah.

5. Mengonsumsi makanan sehat

Beberapa kandungan pada makanan dapat menutrisi dan menunjang kesehatan kulit. Kolagen pada jeruk, brokoli, dan sayuran hijau lain menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Begitu pula pada pomegranate yang bertugas sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan. Namun, kesimbangan asupan nutrisi juga perlu dibarengi dengan banyak minum air putih untuk memastikan kulit terhidrasi dengan baik.

Kandungan Makanan Apa Saja yang Baik Untuk Perawatan Kulit?

perawatan kulit wajah

Penting disadari bahwa apa yang Anda konsumsi setiap hari akan berpengaruh pada penampilan, termasuk kulit. Menjaga pola makan bisa menjadi metode perawatan kulit yang mudah dan murah untuk dilakukan. Oleh karena itu,pastikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sudah sesuai dengan kondisi kesehatan kulit Anda.

Terlalu banyak gula dan lemak akan membuat kulit terlihat kusam, berjerawat, dan munculnya kantung mata. Sedangkan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kencang, tubuh memerlukan asupan buah, sayur, serat, dan lemak sehat karena banyak kandungannya yang baik untuk tubuh dan kulit. Di bawah ini berbagai asupan gizi yang tidak hanya bisa menyehatkan tubuh dan pikiran Anda, tapi juga bisa menjadi solusi berbagai permasalahan kulit.

Baca Juga: Bukan Cuma Baik Untuk Tubuh, Inilah Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

  • Selenium
    Selenium membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan keriput, kulit kering, dan kerusakan jaringan. Selenium yang banyak terkandung pada jamur kancing, udang, tuna, salmon, kepiting, dan ikan sarden ini juga dapat mencegah terjangkit kanker kulit.
  • Vitamin E
    Antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek sinar matahari adalah vitamin E yang bisa ditemukan pada minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sayur hijau. Untuk perawatan kulit kering, dianjurkan banyak mengonsumsi buah alpukat karena kandungan vitamin E dan minyak sehat yang tinggi membantu menghidrasi kulit.
  • Vitamin C
    Vitamin C dapat membantu mengembalikan kolagen dan elastin yang rusak karena paparan sinar matahari. Kulit akan kembali kencang dan cerah jika banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, seperti pepaya, jeruk, kiwi, brokoli, paprika, dan anggur. Jika Anda memiliki noda hitam pada wajah dan kulit kusam, maka vitamin C adalah solusinya.
  • Vitamin A
    Kalau Anda tidak ingin kulit yang kering dan bersisik, banyaklah mengonsumsi vitamin A yang ada pada jeruk, wortel, sayuran hijau, dan telur. Selain itu, gunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin A, yang akan membantu permasalahan noda hitam, keriput, dan jerawat pada kulit.
  • Kolagen
    Kolagen merupakan protein penting yang bisa meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, membantu regenerasi kulit, serta melembabkan kulit. Maka, menjaga asupan kolagen dengan banyak makan buah jeruk, pepaya, brokoli, dan sayuran hijau bisa menjadi salah satu cara merawat kulit wajah agar tidak berjerawat.


Kebiasaan dan Perawatan yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

perawatan kulit kering

Perawatan kulit berjerawat membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Pasalnya, salah langka bisa menyebabkan radang semakin banyak dan proses penyembuhan yang semakin lama. Jerawat terjadi akibat tersumbatnya minyak dan kulit mati pada pori-pori. Namun, riwayat keluarga, kadar hormon, dan beberapa penyakit tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab jerawat. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat, berikut perawatan kulit berjerawat yang bisa dilakukan sehari-hari.

1. Menjaga kebersihan kulit wajah

Kulit berjerawat cenderung sensitif dan mudah meradang jika dibiarkan lama dalam keadaan kotor atau make up masih menempel. Bersihkan wajah dengan susu pembersih atau cleansing oil yang dilanjutkan dengan mencuci dengan sabun muka yang lembut. Hindari sabun yang mengandung scrub, karena bisa merangsang tumbuhnya jerawat.

2. Menggunakan produk perawatan yang tepat dan lengkap

Untuk hasil perawatan kulit berjerawat yang optimal, sebaiknya Anda melakukan perawatan dengan rangkaian produk skin care setiap hari. Berikut beberapa produk dan langkah perawatan yang penting dilakukan setiap hari:

  • Toner
    Gunakan toner setelah mencuci muka untuk mengurangi minyak berlebih dan memastikan kotoran dan make up tidak bersisa pada wajah. Selain itu, toner juga dapat membantu mengembalikan pH kulit usai mencuci muka.
  • Serum
    Serum dapat menembus hingga ke kulit bagian dalam, sehingga cocok untuk menyelesaikan permasalahan kulit hingga ke akar. Gunakan serum sesuai dengan permasalahan kulit yang ingin Anda atasi, misalnya penggunaan serum dengan kandungan retinol untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini atau noda hitam akibat bekas jerawat.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Essence dan Serum Serta Urutan Pemakaiannya!

  • Pelembab
    Kulit yang lembab dapat mencegah dan melawan timbulnya jerawat. Pastikan jenis pelembab yang Anda beli cocok untuk kulit berjerawat.
  • Eksfoliasi dan menggunakan masker seminggu sekali
    Ketika sel kulit mati menumpuk pada wajah, bakteri penyebab jerawat dapat dengan mudah berkembang biak. Buang sel kulit mati dengan cara scrub wajah secara lembut. Selain itu, masker juga menjadi rangkaian perawatan kulit berjerawat yang bisa membantu membuang minyak dan kotoran untuk mencegah tersumbatnya pori-pori.
  • Gunakan sunscreen
    Tetap gunakan tabir surya meskipun aktivitas Anda banyak di dalam ruangan karena tanpa kita sadari sinar matahari tetap dapat menembus melalui jendela. Paparan sinar matahari dapat membuat bekas jerawat menghitam dan menyebabkan penuaan. Inilah mengapa tabir surya penting digunakan.

3. Menggunakan produk berbahan gel

Dalam memilih produk perawatan kulit, gunakan pelembab berbahan gel supaya dapat mengontrol produksi minyak yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jika Anda ragu untuk mencoba berbagai produk yang cocok, konsultasi dengan dokter kulit untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi berlebih.

4. Hindari begadang

Kurang tidur dapat memicu produksi hormon kortisol yang bisa merangsang timbulnya jerawat baru. Dikenal juga dengan hormon stres, hormon kortisol tidak hanya dapat memicu tumbuhnya jerawat baru tapi juga memperparah kondisi jerawat.

5. Hindari makanan dengan kandungan tertentu

Makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi, mie instan, dan makanan manis; dapat memperbesar kelenjar minyak dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Jenis makanan ini mengandung karbohidrat yang dapat dengan cepat diproses oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula meningkat.

Pemilik kulit berjerawat dianjurkan mengonsumsi ubi jalar karena kandungan vitamin A yang tinggi bisa mengurangi produksi minyak. Selain itu, kayu manis juga baik untuk kulit karena dapat memperlancar aliran darah sehingga nutrisi dan oksigen dapat tersalurkan dengan baik ke kulit.

6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Tubuh yang Kering

perawatan kulit tubuh

Ciri kulit tubuh Anda termasuk kondisi kering adalah bersisik, gatal, ruam, dan mengelupas. Pada beberapa kasus, perawatan kulit tubuh yang kering bisa dilakukan hanya dengan menerapkan gaya hidup yang tepat. Tanpa perlu menyisihkan dana yang besar, berikut cara mudah yang bisa mengubah kondisi kulit Anda.

1.Menggunakan pelembap


Penggunaan pelembap dapat membantu kulit tetap lembap, kenyal, dan sehat dengan menggunakannya setelah mandi dan saat kulit Anda mulai terasa kering. Untuk kondisi kulit yang sangat kering, mengoleskan minyak; seperti minyak kelapa bisa menghidrasi kulit dan meningkatkan lemak pada permukaan kulit.

2. Hindari penggunaan air panas dan batasi waktu mandi

Dua kebiasaan ini dapat menghilangkan minyak pada kulit yang membuat kulit semakin kering. Sebaiknya batasi durasi mandi Anda berkisar 10 menit setiap kali mandi.

3. Gunakan sabun berbahan pelembap

Sabun jenis ini mengandung minyak dan lemak yang bisa menutrisi kulit dari luar sehingga kulit terasa lebih lembab dan kenyal.

4. Gunakan humidifier

Tanpa disadari, rumah yang panas dan kering dapat membuat kulit semakin kering, gatal, dan mengelupas. Untuk itulah sangat penting menggunakan humidifier untuk membantu melembabkan udara pada ruangan.


5. Minum air putih yang cukup


Pastikan Anda minum sekitar 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik supaya kulit tetap lembab dan kenyal.

6. Pilih bahan pakaian yang cocok dengan kulit Anda


Salah satu perawatan kulit tubuh yang bisa diterapkan dengan mudah adalah memilih pakaian berbahan katun atau sutra supaya kulit dapat tetap bernafas. Pilih juga detergen yang tidak mengandung pewangi, alkohol, dan anti bakterial karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

Bagaimana Cara Merawat Kulit yang Baik dan Benar?

perawatan kulit berjerawat

Kunci utama mendapatkan kulit yang sehat adalah melakukan perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi Anda. Perawatan kulit sensitif tentunya berbeda dengan perawatan kulit berjerawat atau kering. Selain menerapkan langkah perawatan kulit yang mendasar, penting juga memastikan kandungan produk perawatan yang dipilih cocok dengan jenis kulit Anda.

1. Gunakan pembersih yang tepat untuk kulit

Bagi kulit berminyak, pastikan sabun pembersih yang Anda pilih tidak meningkatkan produksi minyak namun tetap melembabkan. Kandungan gel salisilat atau benzoil peroksida cocok untuk jenis kulit ini. Hindari sabun dengan kandungan alkohol dan wewangian untuk perawatan kulit sensitif dan kering.

2. Bersihkan wajah yang secara rutin dan dengan cara yang benar

Cuci muka minimal 2 kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Tahapan membersihkan wajah yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun muka sambil memijat lembut secara melingkar pada wajah. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk halus menggunakan handuk.

3. Melembabkan kulit pagi dan malam hari

Masih banyak yang belum menyadari pentingnya menggunakan pelembab pada malam hari. Saat tidur, kulit bekerja dengan optimal sehingga penting menggunakan berbagai rangkaian perawatan kulit sebelum tidur.

https://www.youtube.com/embed/blgnTO5sNJM

4. Hindari menyentuh area wajah


Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang penuh kuman dan bakteri. Maka sangat baik untuk membiasakan tidak menyentuh wajah untuk menghindari kontaminasi kotoran.

Setiap orang memiliki karakteristik kulit yang berbeda sehingga langkah perawatan kulit yang dilakukan pun harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Alih-alih membuat kulit menjadi cerah, salah memilih produk kecantikan bisa memperparah kondisi kulit Anda. Terlebih perawatan kulit berjerawat dan sensitif yang perlu perhatian lebih karena sangat rentan dengan kandungan tertentu.

Awali dengan mengubah pola hidup dan rutin mengaplikasikan rangkaian skincare pada wajah. Cara alami seperti ini biasanya membutuhkan waktu sampai terlihat hasilnya, tapi sisi positifnya adalah tidak memberikan efek samping berbahaya pada tubuh.

Jika beberapa langkah mendasar di atas tidak membuat kulit membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter supaya dapat diresepkan obat dan produk yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menebus obat yang sudah diresepkan dokter di farmaku.com.

Promo skincare

Howstuffworks. Diakses pada Agustus 2020. What is The Difference Between the Skin On Your Face and Your Body?
https://health.howstuffworks.com/skin-care/information/skin-types/what-is-the-difference-between-the-skin-on-your-face-and-your-body-.htm
WebMD. Diakses pada Agustus 2020. Picture of the skin.
https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/picture-of-the-skin#1
WebMD. Diakses pada Agustus 2020. Slideshow: Foods for Healthy, Supple Skin
https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-skin-foods
Mayoclinic. Diakses pada Agustus 2020. Dry Skin.
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891
Good housekeeping. Diakses pada Agustus 2020. Best skin care tips.
https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a34301/best-skin-care-tips/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan