Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

9 Survival Kit Persiapan Balik Kerja ke Kantor di Era New Normal

Mempersiapkan survival kit atau alat yang wajib di bawa ke tempat kerja saat setelah pemerintah Indonesia mengumumkan akan menerapkan new normal di kantor, aktivitas produktif juga kembali dijalankan, namun dengan catatan tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, beberapa perusahaan telah meminta karyawannya untuk kembali bekerja dan masuk kantor.

Baca Juga: Aturan New Normal dari Kemenkes untuk Cegah Corona di Tempat Kerja

Sebelum Anda kembali bekerja dan masuk kantor anda harus mempersiapkan survival kit terlebih dahulu, survival kit adalah  barang-barang yang wajib dibawa saat bekerja selama pandemi. Terutama bagi Anda yang sehari-hari menggunakan transportasi umum seperti KRL, bus, hingga MRT.

Survival Kit atau Barang-barang yang perlu dipersiapkan dan dibawa bekerja

Supaya mencegah penularan virus covid-19 saat di transportasi umum dan di kantor, inilah 9 barang yang perlu Anda persiapkan dan Anda bawa saat pergi bekerja:

1. Masker

masker kain

Survival kita yang pertama yaitu masker, hal ini wajib karena masker merupa alat yang memperkecil penularan covid. Masker merupakan barang penting yang perlu digunakan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, baik di transportasi umum dan di kantor. Penggunaan masker dapat mencegah droplet (titik air berisi virus yang berasal dari batuk dan bersin) masuk ke mulut dan hidung. Gunakan masker medis atau masker kain sekali pakai. Jangan lupa untuk memiliki lebih dari satu masker agar Anda bisa mengganti masker ketika masker Anda kotor.

2. Hand sanitizer

hand sanitizer

Bawa hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen karena hand sanitizer dengan persentase alkohol di bawah 60 persen tidak mampu membersihkan tangan Anda secara efektif dari virus dan bakteri.

3. Face shield atau kacamata

face shield

Face shield atau kacamata bisa menjadi pelengkap untuk melindungi wajah, khususnya mata Anda terpapar dari droplet saat berada di transportasi umum dan di kantor. Jika Anda tidak cukup percaya diri menggunakan face shield saat di tempat umum, Anda bisa menggunakan kacamata biasa supaya memberikan perlindungan yang baik dari bahaya virus corona dan menghindari Anda mengucek mata.

4. Topi

Survival Kit

Penggunaan topi bisa mencegah kemungkinan Anda menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Walau, potensi virus bertahan di rambut kecil. Untuk menjaga kebersihan topi, sebaiknya setiap dua atau tiga kali sehari Anda menggantinya.

5. Tisu kering dan basah

tisu kering dan basah

Tisu dapat menjadi barang yang penting untuk menjaga kebersihan dari barang-barang dan permukaan yang ada di sekitar Anda. Tisu kering berguna untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan. Sedangkan tisu basah berguna untuk membersihkan barang-barang dan permukaan tertentu di sekitar Anda, seperti meja dudukan toilet, dan lainnya. Pastikan kedua jenis tisu ini selalu Anda bawa dan ada dalam tas.

6. Uang elektronik

uang elektronik


Uang dapat menjadi sumber virus dan bakteri berada, baik uang dalam bentuk kertas dan logam. Untuk meminimalisir penyebaran virus corona, Anda bisa menggunakan alternatif pembayaran dengan uang elektronik sebagai metode pembayaran sementara saat di stasiun, halte, atau tempat umum lainnya.

7. Helm

helm

Bagi Anda pengguna transportasi ojek online sehari-hari, ada baiknya Anda membawa helm sendiri untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, dengan membawa helm sendiri Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanan helm yang dipakai tanpa perlu cemas akan helm yang digunakan.

8. Peralatan makan

Peralatan makan

Dari pada menggunakan alat makan yang disediakan di kantor, Anda bisa membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Survival kit ini bisa berupa sendok, garpu, dan tempat makan. Dengan menggunakan peralatan makan yang dibawa sendiri, Anda bisa meminimalisir penyebaran virus covid-19 yang bisa saja menempel di permukaan benda-benda seperti alat makan.

9. Peralatan ibadah

sajadah

Sumber: pinterest

Bawalah survival kit berupa peralatan ibadah Anda sendiri, baik sajadah atau mukena. Hindari penggunaan alat ibadah yang dipakai bersamaan yang ada di kantor atau tempat umum lainnya agar menghindari penularan virus corona.

Setelah semua barang-barang tersebut Anda bawa, jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan di mana pun Anda berada, seperti menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, menjaga kebersihan dengan selalu cuci tangan, mengonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah.

suplemen imun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19