Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Protokol New Normal Industri Makanan dan Minuman dari World Travel & Tourism Council

World Travel & Tourism Council mengeluarkan protokol new normal restoran terkait pandemi COVID-19. Pada dasarnya, protokol tersebut ditujukan untuk wisatawan dan pekerja di sektor perjalanan dan pariwisata.

Melalui rilisnya, WTTC mengatakan, telah menyusun protokol berdasarkan pedoman dari mengatakan, telah menyusun protokol berdasarkan pedoman dari World Health Organization (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Adapun protokol new normal ini berlaku untuk industri di sektor pariwisata salah satunya adalah restoran.

Setelah membuka kembali operasionalnya, restoran diharapkan dapat mengikuti beberapa protokol dari WTTC. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman muchtar, menuturkan bahwa new normal menjadi momentum untuk sektor hotel dan restoran kembali bergeliat.

Baca juga: Ini dia 10 Perlengkapan Wajib Dipersiapkan Industri Makanan dan Minuman di Era New Normal

Berikut beberapa protokol new normal di restoran yang bisa Anda terapkan antara lain:

Kesiapan operasional dan staff restoran

1. Mengutamakan kebersihan dan kesehatan pelayanan restoran

Restoran dianjurkan untuk dapat mengutamakan protokol kesehatan dan kebersihan selama pelayanan sebagai upaya untuk pencegahan covid-19. Hal ini termasuk dengan menerapkan kebijakan baru seperti pengadaan jarak sosial hingga pengukuran suhu menggunakan termometer tanpa kontak.

perlengkapan new normal di restoran

2. Menerapkan social distancing

Selain itu pihak restoran juga diminta untuk dapat menerapkan kebijakan tersebut kepada para staf agar dapat mengomunikasikan hal tersebut kepada pelanggan, sehingga mencegah penyebaran virus di area restoran. Apabila terdapat pelanggan yang tidak mengindahkan social distancing, staf restoran memiliki kewajiban untuk memperingatkannya. Social distancing di restoran bisa dilakukan dengan membatasi kapasitas meja dan antrean pelanggan sesuai protokol new normal restoran kesehatan yang dikeluarkan oleh WHO yaitu paling tidak jarak 1 meter.

3. Mempromosikan pembayaran tanpa kontak

Pihak restoran dianjurkan untuk mengenalkan sarana digital kepada para staf dan tamunya. Caranya dengan menyediakan antean digital, e-menu, atau layanan pesan antar makanan online.

Termasuk dalam mengkampanyekan pembayaran tanpa kontak fisik langsung. Restoran di harapkan untuk menerapkan transaksi pembayaran makanan dengan berbagai cara yang sifatnya digital atau online misalnya melalui bill (tanda terima) yang dikirimkan melalui e-mail.

Restoran juga diminta untuk menyediakan fasilitas WiFi gratis untuk mendorong pelanggan melakukan pembayaran online.

Baca juga: Pedoman New Normal Bagi Pelaku Usaha di Sektor Jasa dan Perdagangan

4. Menyediakan fasilitas kebersihan di pintu masuk dan keluar restoran

Restoran dianjurkan untuk menyediakan tempat cuci tangan di pintu masuk atau keluar restoran. Atau paling tidak mempersilahkan pelanggan untuk menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke dalam restoran. Tak hanya itu, pihak restoran juga wajib menyediakan hand sanitizer di setiap sudut restoran, misalnya kamar mandi.

Memastikan keamanan pekerja dan pelanggan di restoran

Sebagai bagian dari hospitality industry, restoran harus memastikan mereka memberikan situasi yang aman untuk para staf dan pelanggan yang datang. Hal ini bisa difokuskan pada peningkatan sanitasi, disinfeksi dan upaya pembersihan area restoran secara menyeluruh menggunakan cairan disinfektan yang telah disetujui oleh otoritas kesehatan.

Memastikan fasilitas publik yang ada di dalam atau lingkungan restoran telah tersedia papan panduan atau penanda. Misalnya pada meja yang tidak boleh ditempati (social distancing), area antrean, hingga di elevator.

Peningkatan keamanan dan higienitas makanan di restoran

1. Menghindari penyajian makanan dalam bentuk buffet atau prasmanan

2. Keranjang berisi alat makan tidak boleh diletakan di atas meja jika tamu belum datang. Kebersihan dan sanitasi alat makan harus dilakukan setiap selesai digunakan.


Membatasi Ruang Publik

Area parkir dibatasi Area parkir restoran pun juga ikut dalam protokol New Normal restoran anjuran WTTC. Pihak restoran dianjurkan untuk dapat mengatur area parkir, sehingga mencegah kepadatan yang berlebihan. Restoran perlu mengatur batasan kapasitas kendaraan di tempat parkir, sehingga meminimalisir pengunjung yang datang langsung ke restoran. (PR)

World Travel And Tourism Council. Hospitality Global Protocols for the New Normal. https://wttc.org/COVID-19/Safe-Travels-Global-Protocols-Stamp

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19