Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Tips Menjalankan Puasa Ramadan selama COVID-19 Menurut WHO

Menjalani puasa Ramadhan tahun ini mungkin terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, tahun ini seluruh dunia sedang menghadapi dan melawan virus Covid-19. Oleh karena itu, beberapa kegiatan di bulan Ramadhan yang biasa dilakukan seperti salat tarawih berjamaah di masjid, buka puasa bersama, ngabuburit, hingga mudik ke kampung halaman menjadi hal yang harus dihindari demi mencegah penyebaran virus corona semakin meluas.

Baca Juga: Dampak Positif Puasa Untuk Daya Tahan Tubuh

Menjalani puasa selama pandemi Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan agar negara di seluruh dunia untuk tidak menggelar pertemuan sosial termasuk acara keagamaan selama pandemi Covid-19 ini. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan selama menjalani puasa di bulan Ramadan selama pandemi Corona menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu:

1. Penuhi asupan gizi dan air saat buka puasa

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat saat bulan Ramadan sangatlah penting untuk mempertahankan stamina saat beraktivitas dan meminimalisir risiko terinfeksi virus Covid-19.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan asupan gizi dan air ketika berbuka, dengan mengonsumsi makanan segar dan bukan kemasan, serta menjaga asupan air putih tetap terpenuhi setidaknya delapan gelas per hari.

2. Olahraga

Selama puasa, Anda tetap harus melakukan aktivitas fisik dan jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan agar tubuh tetap bugar dan sehat. Aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan saat puasa di masa pandemi seperti sekarang, yaitu olahraga secara ringan.

Selama menerapkan physical distancing, coba lakukan olahraga di rumah dengan mengikuti kelas online seperti aerobik atau yoga di rumah. Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga dapat menjadi cara agar Anda terhindar dari stres selama masa coronavirus ini.

3. Berhenti Merokok

Selama menjalankan puasa, terutama saat pandemi Covid-19 berlangsung sebaiknya Anda tidak merokok atau mengurangi rokok. Hal ini disebabkan karena paru-paru yang dimiliki perokok memiliki kapasitas yang kurang, sehingga kondisi ini bisa meningkatkan risiko perokok terjangkit virus corona dan menyebabkan kondisi seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa seperti biasanya.

4. Lakukan Physical distancing dan jaga kebersihan

Selama bulan Ramadan, setiap orang berlomba-lomba melakukan kebaikan lebih sering dari biasanya dengan beramal kepada orang yang membutuhkan bantuan. Jika Anda ingin beramal atau bersedekah, pastikan untuk melakukan pembatasan fisik dan menjaga kebersihan diri Anda. Misalnya, tidak menciptakan keramaian, mengantre dalam jarak yang ditentukan atau satu meter, menggunakan masker, menghindari menyentuh wajah dan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun.

Baca Juga: Tips Buat Physical Distancing di Rumah Jadi Menyenangkan

Selain itu, hindari kebiasaan atau kegiatan yang biasa dilakukan selama Ramadan seperti “ngabuburit” pada sore hari. Anda bisa melakukan kegiatan lain di rumah untuk menggantikan kebiasaan ngabuburit di luar rumah. Kemudian, hindari melakukan ibadah seperti salat tarawih di masjid, Anda tetap bisa beribadah ada malam hari meski hanya di rumah saja.

5. Jangan berpuasa jika sakit

Dalam pelaksanaan puasa Ramadan, WHO mengatakan bahwa belum ada penelitian yang menunjukkan puasa dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus Covid-19. Jika dirasa tubuh sehat dan baik-baik saja, Anda tetap dapat melaksanakan puasa Ramadan seperti biasanya.

Baca Juga: 4 Tips Menjalankan Puasa dengan Aman selama Ramadan

Namun, orang yang sakit, termasuk yang terinfeksi virus Covid-19 tidak wajib menjalankan ibadah puasa. Selain itu, jika Anda memiliki kondisi penyakit kronis seperti diabetes, sebaiknya Anda tidak perlu berpuasa. Selain itu, jika Anda sedang sakit, jangan memaksakan diri untuk berpuasa karena hal ini bisa memperparah kondisi tubuh Anda, karena tubuh tidak memiliki tenaga lebih untuk melawan penyakit di tubuh Anda.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan selama menjalani puasa di tengah pandemi Covid-19 ini. Usahakan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri Anda agar terhindar dari virus corona atau hal yang tidak diinginkan lainnya. (SR)

World Health Organization. Diakses pada April 2020. Safe Ramadan Practices In The Context of the COVID-19: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331767/WHO-2019-nCoV-Ramadan-2020.1-eng.pdf

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19